Moto Morini Corsaro 750, Hadang GSX-8R Dengan Mesin V-Twin Bertenaga 96 Hp

Warungasep.net – Di EICMA Milan banyak brojol produk-produk baru yang mungkin diantaranya tidak kalian kenal sebelumnya, salah satunya adalah Moto Morini, pabrikan asal Italia ini merilis motor sport baru yang diberi nama Moto Morini Corsaro 750, Sport fairing ini hadir bersamaan dengan produk Suzuki GSX-8R. Walaupun kubikasi mesinnya yang hampir setara, tapi motor ini hadir dengan konfigurasi mesin V-twin dengan out put power yang lebih besar.

Moto Morini tentunya bukan produk yang baru muncul, tapi menjadi pabrikan legendaris asal Italia yang lahir sejak tahun 1937 ini dulu pernah jaya dengan beragam produk andalanannya. Walaupun sempat terpuruk di awal milenium, tapi secara perlahan perusahaan yang bermarkas di Bologna Italia ini mulai bangkit dan sejak tahun 2017 terus gencar melakukan beragam inovasi pada produk baru hingga akhirnya pada ajang EICMA Milan Motorshow 2023 ini mereka merilis banyak produk produk untuk segera dilepas ke pasaran.Ada 3 motor baru yang mereka rilis, tapi yang menarik perhatian adalah motor sport fairing yang diberi nama Moto Morini Corsasi Sport 750.

Pertama kita bahas desainnya, Corsaro Sport 750 ini mengusung konsep motor sport fairing yang sporti dan aerodinamis, sama seperti pabrikan Italia lainnya, mereka tentunya memiliki desain sendiri, alias bukan rebadge atau niru produk lainnya. Walaupun jika saya lihat, model motor ini agak mirip dengan varian sport touringnya Mocin Zontes 350 series. Ergonomi ridingnya pun dibuat sporti dengan stang nunduk

Desain bodinya dibuat aerodinamis dengan banyak lekukan, bodi belakang yang spori minimalis khas moge Italia dan juga area headlamp yang terlihat futuristik dengan dua headlight LED tersembunyi dengan dua DRL LED dibagian sampingnya.

Motor sport Moto Morini menggunakan rangka model teralis yang terbuat dari komposit alumunium dan baja, sehingga secara keseluruhan berat motor ini berada di bawah 200 kg. Moto Morini juga melakukan pengembangan mesin baru secara mandiri di Italia sana, salah satunya melahirkan inovasi mesin dengan tipe kopling kering dan poros engkol yang berputar terbalik berlawanan arah.

Corsaro Sport 750 ini mengusung konfigurasi mesin 750cc 90 derajat V-twin 2 silinder berpendingin cairan. Mereka mengklaim motor ini mampu mencapai power maksimum di angka 96 Hp dengan topspeed hingga 215 km per jam. Khusus pasar Eropa mereka juga menyediakan versi lisensi A2 dengan mesin yang didetuned dengan power yang lebih rendah hanya 48 Hp untuk pengendara pemula disana.

Fiturnya pun terbilang standar, diantaranya lampu serba LED, panel meter digital, sistem pengereman dengan kaliper monoblok dari Brembo, suspensi depan Upside down fully adjustable, belakang monoshock dan ukuran ban 120/70-17 inch dibagian depan dan 190/60-17 inci dibagian belakang.

Untuk harganya belum diumumkan, dan belum diketahui apakah motor ini akan mulai dijual di tahun depan. Dan selain Corsaro Sport 750, Moto Morini juga merilis 2 produk lainnya, diantaranya Corsaro versi naked dengan spesifikasi yang identik dan satu lagi motor retro modern bermesin 1187cc 2 silinder V-twin dengan fitur kekinian yang bisa terkoneksi dengan smartphone.

Moto Morini Corsaro Sport 750

Moto Morini Corsaro 750

Moto Morini Milano

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!