Motor Sport Honda Terkecil di Dunia Dijual di Negara Ini !?

Warungasep.net – Bicara soal motor Honda dengan kubikasi mesin terkecil di dunia tentunya banyak ya, sebut saja ada Honda Giorno, Honda di segmen skutik atau Honda C50 di segmen motor cub. Lantas apakah ada motor sport Honda dengan kubikasi mesin kecil? Tentunya ada… Salah satunya adalah Honda CD70 yang dijual di negara Pakistan.

Atlas Honda merupakan salah satu ATPM merk Honda untuk pasar negara Pakistan. Berbeda dengan India yang punya beragam jenis dan model produk, line up Atlas Honda Pakista cenderung hanya satu genre saja, yaitu jenis motor sport naked. Tidak ada skutik maupun cub.

Bahkan line up produk Honda disana terasa unik, karena hanya ada beberapa tipe dari mulai Honda CD70 yang masuk ke dalam kelas entry dan varian paling tingginya hanya motor sport naked 150cc bernama Honda CG150. Dan yang menarik, Honda CD70 ini bisa dibilang sebagai salah satu motor sport naked Honda dengan mesin terkecil di dunia, tentunya yang masih di jual di era modern seperti di tahun 2023 ini.

Honda CD150 ini memiliki sepertinya mempertahankan desain klasik yang tidak mengalami evolusi desain signifikan sejak motor ini hadir di negara tersebut. Bahkan jika dibanding karakter Honda Win 100 yang pernah eksis di Indonesia 3 dekade silam, motor ini lebih terlihat kuno.

Motor ini memiliki kemiripan konsep dengan Honda Win, diantaranya memiliki platform mesin selonjoran ala motor bebek, suspensi depan dan belakang menggunakan cover dan velg jari-jari tapak kecil dengan ukuran 17 inci, kedua rem-nya masih tromol.

Bedanya motor ini menggunakan rangka backbone ala motor tahun 60an. Dimensi motor ini terlihat ramping dengan jok tebal, tutup tangki jendul dengan logo sayap Honda dibagian samping tangki dan detailing chrome yang terlihat klasik.

Yang terlihat agak modern mungkin dari tampilan warna dan stiker bodi dengan grafis tribal dan shape lampu depan dan belakang yang kotak. Untuk fiturnya pun masih jadul, lampu masih halogen, panel speedo analog dan juga mesin yang masih berpengabut bahan bakar karburator.

Pastinya kalian penasaran dengan mesinnya. Yupz, Honda CD70 ini mengusung mesin 72cc 1 silinder berpendingin udara( lebih kecil dari mesin Honda Supra Bapack, hehe…) dengan ukuran bore x stroke 47 mm x 41,4 mm dan kompresinya 9.3 banding 1. Sayangnya untuk tenaga motor ini tidak dicantumkan, detail spesifikasi dari motor ini memiliki ukuran tangki 8,1 liter dan berat hanya 82 kg saja.

Pihak Atlas Honda Pakistan membandrol Honda CD70 ini dengan harga 157,900 PKR atau jika dikonversikan kedalam rupiah sekitar Rp. 8,1 jutaan. Wah ternyata murah banget ya. Oh ya, CD70 yang bergaya klasik, mereka juga punya beberapa line up produk lainnya diantaranya Honda CD70 Dream dengan cover headlamp yang agak modern dikit, hehe… Kemudian ada Honda Pridor yang bermesin 100cc dan juga Honda CG125 dan CG1550F menjadi top of the line-nya produk yang mereka jual.

Honda CD70 Dream

Honda Pridor

Honda CG125

Nah, apakah ada motor sport yang lebih kecil mesinnya dari Honda CD70 ini? Silakan tulis di kolom komentar…

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!