Hadang ZX4R!? Honda Rilis CBR400R 2024 Dengan Wajah Baru

Warungasep.net – Di pertengahan Februari ini Honda Jepang merilis produk baru yaitu Honda CBR400R versi 2024 yang hadir dengan beragam perubahan dari mulai tampang yang lebih sangar, bodi yang lebih aerodinamis serta fitur elektronik yang makin canggih. Lantas, apakah ini merupakan penantang baru untuk menghadap ZX4R? Tentu saja bukan, karena motor sport Honda di kelas 400cc ini hanya bermesin 2 silinder, hehe…

Buat yang belum tahu, Honda CBR400R ini merupakan kembaran daripada motor supersport Honda CBR500R 2024. Dimana khusus untuk pasar Jepang, motor ini memiliki kubikasi yang lebih kecil yakni hanya 400cc. Sedangkan yang 500cc digunakan untuk semua varian CBR500R yang dijual secara global, termasuk pasar Indonesia.

Nah, apakah CBR400R dan motor 400cc series ini bisa disebut Japan Domestic Market atau JDM? Ya tentu saja, walaupun sebenarnya saat ini CBR400R juga dijual di negara lain selain Jepang, salah satu diantaranya adalah China dan Singapura.

Nah, karena merupakan kembar identik dengan CBR500R, maka CBR400R ini juga memiliki banyak kesamaan dengan versi 500cc-nya, diantaranya desain headlamp baru yang lebih agresif, desain bodi yang lebih aerodinamis menggunakan winglet tersembungi dibelakang side fairing, dan secara keseluruhan desain motor ini memang ada perubahan tapi masih menggunakan basic frame, kaki-kaki juga mesin yang sama.

Yupz, dapur pacunya masih sama yakni mengusung mesin 399cc 2 silinder DOHC berpendingin cairan, power puncak berada di angka 46 Ps pada 9000 rpm dan torsi 38 Nm yang pastinya lebih tinggi ketimbang power rival sekelasnya seperti Kawasaki Ninja 400, untuk lebih lengkapnya pemirsa bisa baca di artikel :

Baca : Adu Spesifikasi CBR400R vs Ninja 400

Cuma bedanya yang paling signifikan ada pada fiturnya, dimana CBR400R versi 2024 ini hadir dengan panel meter full TFT warna yang makin canggih karena bisa terkoneksi dengan smartphone. saklar yang dirombak menjadi model baru, kemudian terdapat Honda Slectable Torque Control atau HSTC, Emergency Stop Signal (ESS) juga fitur assist and sliper clutch.

Tentunya masih mempertahankan fitur yang sudah ada sebelumnya seperti suspensi depan Upside down SFF-BP dari Showa, kaliper rem depan radial dengan double front disck brake lengkap dengan Antilock Braking System serta lampu yang kesemuanya serba LED.

Terakhir, pihak Honda Jepang menjual Honda CBR400R versi 2024 ini dengan harga 863.500 Yen atau jika dikonversikan kedalam Rupiah sekitar Rp. 85,6 jutaan. Dan motor ini dijual dalam 2 pilihan warna diantaranya warna Grand Prix Red dengan warna Trico yang khas dari Honda dan satu lagi warna hitam legam Matte Ballistic Black.

Nah, apakah motor ini adalah pesaing ZX24R? Temtu saza bukan ya, karena motor ini hadir sebagai pesaing Kawasaki Ninja 400, Yamaha R3, Aprilia RS 457 dan juga KTM RC 390.

Nah, gosip mengenai CBR400 4 silinder memang sempat terkuak beberapa waktu lalu, namun sampai saat ini belum ada tanda-tanda bakal keluar, baru sebatas gosip saja, hehe…

Baca : Penyelidikan Tentang Honda CBR400RR 4 Silinder

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!