MBY MR150, Tiruan Honda ADV160 Dengan Lampu Vertikal

Warungasep.net – Jika dulu, Motor China banyak yang mengkloning atau meniru Honda Supra, tapi di era sekarang ini produk Honda yang paling banyak ditiru dan jiplak adalah Honda ADV150/ADV160. Beberapa mungkin sudah pernah saya bahas. Ada yang mirip banget pakai metode ATP(Amati Tiru Plekketiplek kata konten kreator viral), ada juga yang cuma ATM(Amati Tiru Modifikasi), Saking banyaknya saya sampai bingung dan malas untuk membahasnya. Tapi ada satu varian motor china yang meniru Honda ADV tapi dengan sentuhan yang berbeda, inilah MBY MR150.

Secara keseluruhan memang tidak bisa dibantah jika motor ini meniru konsep Honda ADV150/160, dari mulai desain bodi, kaki-kaki, muffler, shock depan dan belakang yang pakai subtank, hingga desain velg dan patern atau kembang ban dual purpose yang khas.

Tapi yang membuatnya beda adalah desain lampu depan, yang dimana jika Honda ADV original dan jajaran penjiplaknya menggunakan modal dual headlamp, melainkan menggunakan konsep dual headlamp projie LED bertumpuk vertikal yang unik.

Sehingga walaupun dari samping tampak seperti Honda ADV, tapi dari arah depan motor ini memiliki tampilan berbeda dan semakin kuat kesan adventurenya. Desain headlampnya mengingatkan kita pada model-model bigbike Suzuki, seperti Suzuki GSX-8R ataupun GSX-S1000 dengan konsep yang sama, hehe…

Dari segi fitur, dimana jika ADV160 versi aslinya cuma punya Traction Control, Smartkey system, ABS single channel dan panel meter LCD digitak model chrome. Tapi ADV kawe asal negeri tirai bambu ini tentunya sudah selangkah lebih maju. Traction control dan segala yang ada di ADV ori tentunya mereka punya, bahkan rem ABS-nya juga sudah dual channel, dan yang menarik motor skutik adventure ini memiliki fitur yang tidak dimiliki ADV versi ori, diantaranya kamera dashcam dan juga panel meter yang sudah full TFT Warna.

Sedangkan untuk mesinnya, MBY MR150 ini menggunakan mesin dari produsen lain yaitu Loncin, Mengusung mesin 149cc 1 silinder berpendingin cairan dengan sistem injeksi dari Bosch dengan performa yang lumayan kompetitif di segmen skutik 150cc. Dan bahkan kapasitas tangkinya pun lumayan besar yakni sekitar 11 liter BBM.

Untuk harga resminya memang belum diumumkan, karena motor ini belum dirilis secara resmi dan baru diperkenalkan di pameran Chongqing Motorcycle Expo. Namun menurut media Tiongkok sana, motor ini kemungkinan akan dibanderol dibawah sepuluh ribuan Yuan.

Oh ya, motor-motor seperti ini tentunya tidak akan pernah dijual di Indonesia. Tapi setidaknya bisa menambah wawasan buat kalian, sebelum kalian melihat tampilan motor ini jadi tumbnail oknum-oknum tidak bertanggung jawab dengan judul click bait seperti “Hot, inilah Honda ADV160 facelift 2025”, wkwkwk, jadi ya sekarang kalian sudah tahu jika ADV160 versi lampu LED vertikal seperti ini adalah Mocin, semoga berguna…

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!