Lawan Honda ADV160?! Inilah Yamaha Zuma 2024 Yang Rilis di Amerika

Warungasep.net – Honda punya varian skutik adventure yang dijual secara global termasuk di Amerika Serikat dengan nama Honda ADV160. Lalu, bagaimana dengan Yamaha? Tentunya Yamaha juga punya, sayangnya skutik adventure mereka ini hanya dijual di sebagai kecil negara saja, salah satunya di negeri paman Sam Amerika Serikat. Penasaran? Ini dia Yamaha Zuma 2024 yang punya desain yang adventure banget.

Perlu kalian ketahui jika Yamaha Zuma ini merupakan kembaran dari Yamaha BWS 125 yang dijual di Taiwan. Walaupun terlihat sama, tapi ternyata antara Zuma dan BWS terdapat beberapa detail perbedaan, diantaranya jika BMW memiliki fitur fog lamp dibagian sampingnya, sedangkan Zuma tidak ada, perbedaan lainnya juga terdapat pada desain panel speedo dan juga hand grip di bagian setang kemudi.

Sedangkan untuk bagian lainnya, termasuk detail fitur dan spesifikasinya sepertinya sama, karena memang Zuma ini juga merupakan produk yang berasal dari Taiwan. Sisi yang menarik dari Zuma ini ada pada segi desain. Desain Yamaha Zuma ini memang unik, lampu depan asimetris berbentuk bulat, desain body serba kotak, suspensi depan berpelindung karet, dan makin kuat aura adventurenya dengan model ban semi dualpurpose dan untuk mendukung aktifitas outdoor, motor ini walaupun punya kaki-kaki kecil menggunakan velg 12 inch tapi punya groud clearance yang cukup tinggi.

Soal fitur jelas gak mau ketinggalan, skutik pesaing Honda Ruckus juga Honda ADV160 versi Amerika ini punya fitur unggulan diantaranya sebut saja panel speedometer full digital berbentuk kotak, lalu terdapat USB Socket charger, rem cakram dan belakang yang dilengkapi UBS atau CBS versi Yamaha, dan juga suspensi belakang ganda, pelindung sok depan karet dan bagasi dibawah jok yang luas dan muat helm.

Untuk spek mesinnya, Yamaha Taiwan membenamkan mesin generasi baru berteknologi Bluecore. Mengusung mesin 125cc 1 silinder 4 klep berpendingin cairan. Sayangnya tidak diketahui berapa output power dan torsinya, yang jelas sih motor ini berbagi mesin dengan motor baru Yamaha lainnya yaitu Yamaha Cygnus Gryphus yang juga sudah membenamkan fitur unggulan Variable Valve Actuation atau VVA. Sebagai tambahan, skutik ini memiliki bobot 127 kg dan kapasitas tangki BBM yang lebih besar ketimbang produk skutik standar di Indonesia, yaitu hingga 6 liter.

Terakhir, Yamaha USA menjual Zuma 125 versi 2024 ini dengan harga $ 3.799 atau jika dikonversikan kedalam rupiah sekitar Rp. 56,3 jutaan, lebih mahal dibanding harga Yamaha BWS 2023 di Taiwan yang hanya Rp. 44jutaan saja. Motor ini mereka jual dengan dua pilihan warna, diantaranya warna hitam dengan velg merah dan satu lagi warna yang lagi ngetrend saat ini yakni warna abu-abu gurun pasir, hehe…

Nah, coba atuh ya Yamaha ngeluarin motor ini di Bandung, pasti banyak yang pake buat Sunmori ini teh nantinya ya, hehe….

Sumber : Arenamotosikal.com

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

1 Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!