Kymco Dollar 150cc 2024 Rilis di Taiwan, Mukanya Kayak Nobita?!

Warungasep.net – Masih ingat Yamaha Vinoora yang kata netizen mirip Suneo? Nah, ada satu lagi motor endemik Taiwan yang mirip kartun Doraemon, lebih tepat mukanya mirip dengan Nobita, hehe… Motor tersebut adalah Kymco Dollar 125/150 versi 2024 yang rilis hari ini di Taiwan. Penasaran, apa saja keunikan lainnya selain tampangnya? Yuk kita ulas lebih detail.

Pertama kita bahas desainnya terlebih dahulu, Kymco Dollar masuk ke dalam jajaran segmen kendaraan niaga, namun jika melihat desainnya yang modern dan futuristik ditambah ada tema crossover di beberapa detail, sepertinya skutik ini sepertinya lebih ke arah skutik stylish.

Desainnya mungkin cenderung mengarah ke Yamaha BWS 125 yang bergaya crossover, tapi menurut media Taiwan, skutik ini dirancang khusus untuk menyaingi skutik bertema serupa yakni SYM 4MICA yang tak hanya dijual di Taiwan tapi juga di benua Eropa.

Entah mengapa diberi label Dollar, apa mungkin karena desain lampunya yang mirip seperti kepingan koin Dollar? Tidak juga karena Kymco menggunakan model dual lampu LED Class-D berbentuk oval. Hmm, mirip Fazzio ya? Tapi letaknya berada di bodi depan dengan lampu DRL dan lampu sein berada tepat kedua sisi sampinganya. Makanya jika dilihat dari depan, seperti tampang Nobita dengan dua kacamatanya, hehe…

Selain lampu depan yang nyentrik, Beberapa keunikan terdapat pada skutik KYMCO Dollar ini, diantaranya

  • Jok belakang model split dan bisa di flip atau lipat menjadi sandaran pengemudi yang bisa dikunci menggunakan tombol.
  • Dan area belakangnya bisa diatur menjadi lebih panjang sehingga bisa difungsikan sebagai rak bagasi sehingga menjadi mode cargo.
  • Ruang pijakan kaki super lebar dan panjang, mereka mengklaim bisa menyelipkan koper berukuran besar ditengahnya. Wah, bukan cuma galon aja nih, hehe…
  • Terdapat aksesoris opsional berupa braket yang ditempatkan didepan tepat diatas headlamp, mirip seperti punya Yamaha BWS 125.

Keunggulan lainnya mirip seperti skutik Taiwan pada umumnya yakni dual shock belakang, rem cakram ganda depan belakang serta memiliki lubang tanki didepan dan tangkinya berada tepat dibawah floorboard atau pijakan kaki, sehingga dibawah jok bisa memiliki ruang bagasi yang muat helm, fungsional banget!

Fitur elektroniknya pun cukup lengkap diantaranya selain lampu serba LED, skutik ini juga punya panel meter full digital berwarna yang unik(tapi belum TFT), dibawahnya terdapat socket charger USB yang tinggal colok dan juga rem Antilock Braking System (ABS).

Untuk dapur pacunya, Kymco Dollar ini dijual dalam 2 versi yakni yang bermesin 125cc dan 150cc, keduanya menggunakan mesin tipe baru dengan teknologi ISG yang mirip seperti eSP HOnda atu Bluecore Yamaha yakni memiliki starter yang lebih halus.

Untuk yang 125cc tenaganya 10,5 Kw sedangkan yang 150cc power puncaknya bisa mencapai 11,6 Kw. Yang 125cc bisa lebih irit hingga 52,3 Km per liter, sedangkan yang 150cc lebih boros karena hanya 44 km per liter saja. Keduanya memiliki bobot 125 kg, kapasitas tangki 15 liter(wow….!) dan ukuran ban 90/90-12 inci dibagian depan dan 100/90-10 inci dibagian belakang.

Kymco Dollar 150
Kymco Dollar 125

Terakhir, pihak Kymco Taiwan menjual skutik ini dalam 3 tipe diantaranya Kymco Dollar 125 dibanderol 87.500 TWD atau jika dikonversikan kedalam rupiah setara Rp. 42,3 jutaan , kemudian tipe 150cc std dibandrol 93.500 TWD dan tipe tertinggi dengan rem ABS dibanderol 99.500 TWD.

Nah, kira-kira Kymco Indonesia mau masukin motor skutik unik dan nyentrik bertampang Nobita kayak gini enggak ya? hehe…

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!