Hasil Motogp Amerika 2024, Vinales Juara! Acosta Kedua, Marquez Terjatuh…

Marc Marquez selonjoran

Warungasep.net – Motogp Amerika 2024 dimenangkan pembalap Aprilia, Maverick Vinales. Tapi sebagai pole siter, menang di sprint race dan kini menang di main race. Vinales juga mencatatkan sejarah menjadi pembalap yang bisa menang dengan 3 pabrikan berbeda secara resmi di era Motogp modern.

Walaupun sempat terlempar ke barisan tengah, Vinales berhasil menyalip satu persatu pembalap didepannya hingga finish pertama, disusul Pedro Acosta kedua dan Enea Bastianini ketiga. Balapan GP Amerika ini tentunya penuh drama dengan banyak aksi saling salip yang seru dan enggak bikin ngantuk, banyak juga pembalap yang terjatuh termasuk Marc Marquez, ironisnya sang “King of CoTA” yang menjadi raja di Austin tersebut terjatuh saat memimpin balapan.

Acosta vs Vinales

Jalannya balapan, Start di P2, pembalap muda Pedro Acosta langsung ngacir memimpin balapan, dibelakangnya para pembalap senior bertarung memperebutkan P2 diantaranya Martin, duo pabrikan Ducati, Miller dan Marc Marquez. Lap kedua, Martin mencoba menyalip sang rookie, tapi selalu gagal, Acosta masih bertahan memimpin balapan.

Memasuki lap ke-3, Acosta masih memimpin didepan Martin diikuti Pecco, Marc, Miller, Enea, Alex Marquez dan Vinales. Lap 4, Martin mencoba kembali salip Acosta, dan berhasil… Martin memimpin, Acosta kedua, namun masih di lap yang sama, Acosta turun ke P4 setelah disalip oleh Marquez dan Pecco.

Lap 5, Martin masih memimpin diikuti Marc. Acosta mencoba ambil alih P3 dari Pecco. Yang menarik Alex Rins yang juara musim lalu kini berada di P13, menjadi pembalap pabrikan Jepang yang berada di zona poin, sedangkan yang lainnya, para pembalap Honda dan Yamaha semuanya berada di belakang.

Lap 6, Marc mencoba salip Martin namun gagal. Marc malah turun ke P4 setelah disalip Pecco dan Acosta. dan di lap7, Acosta menyalip Pecco dengan mudah di ujung stright sirkuit Austin. Tak berhenti sampai disitu, Marc pun berhasil ambil alih P3 dari Pecco.

Memasuki lap 8, Vinales mengincar P5 dari Miller dan berhasil. Martin pertama, Acosta kedua, dibelakangnya ada Marc, Pecco, Vinales, Enea dan Miller. Morbidelli crash. Dan di lap 9, Vinales bertarung dengan Pecco untuk mendapatkan P4.

Lap 10, nekad! Acosta mencoba salip Martin, dan berhasilk. Bahkan Martin turun ke P3 setelah disalip Marc. tapi di lap 11, Marc ambil alih P1 dari Acosta. sayang enggak berlangsung lama, Marc malah tiduran di gravel alias jatuh… gagal deh juara perdana dengan Ducati, hehe…nonton GP Amerika ini enggak bikin ngantuk nih, seru!

Lap 12, Acosta tentunya memimpin balapan. Sekarang giliran Martin dan Vinales yang berebut P2. Vinales pun naik ke P2, dan mengincar posisi leader dari Acosta. keduanya pun terlibat aksi saling salip…

Lap 14, Vinales memimpin, Acosta masih agresif ingin mencoba merebut kembali posisi depan, sedangkan Martin bertahan di P3 didepan duo pembalap pabrikan Ducati. Lap 15 atau 6 lap tersisa, Vinales memperelbar jarak dengan Acosta, dan posisi 3 Martin terancam karena Enea membuntutinya dari belakang. Enea dan Martin terlibat pertarungan untuk P3.

4 Lap tersisa, Vinales masih memimpin diikuti Acosta dan Martin, posisi tersebut bertahan hingga lap berikutnya. Dan di 2 lap tersisa, Enea berhasil ambil alih P3 dari Martin.

Lap terakhir, Vinales, Acosta dan Enea… bertahan hingga garis akhir… Vinales finish pertama, Acosta kedua dan Enea berhasil finish ke-3

Hasil race Motogp Amerika 2024

Pos Rider Nat Team
1 Maverick Viñales SPA Aprilia Factory (RS-GP24)
2 Pedro Acosta SPA Red Bull GASGAS Tech3 (RC16)
3 Enea Bastianini ITA Ducati Lenovo (GP24)
4 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP24)
5 Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP24)
6 Fabio Di Giannantonio ITA VR46 Ducati (GP23)
7 Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory (RS-GP24)
8 Marco Bezzecchi ITA VR46 Ducati (GP23)
9 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
10 Raul Fernandez SPA Trackhouse Aprilia (RS-GP23)
11 Miguel Oliveira POR Trackhouse Aprilia (RS-GP24)
12 Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16)
13 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
14 Augusto Fernandez SPA Red Bull GASGAS Tech3 (RC16)
15 Alex Marquez SPA Gresini Ducati (GP23)
16 Luca Marini ITA Repsol Honda (RC213V)

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!