Motor Inggris Rasa India, TRIUMPH Speed 400 2024 Cuma 398cc 40 Hp

Warungasep.net – Setahun lalu saya sempat bahas spyshots motor baru Triumph dengan mesin kecil, dan ternyata benar, setahun kemudian tepat hari ini pabrikan asal Inggris Triumph resmi merilis varian motor terkecil mereka yang diberi nama Triumph Speed 400 2024. Hmmm, mesinnya 2 silinder atau jomblo ya?

Triumph adalah brand premium Eropa yang memang hanya memproduksi dan memasarkan produk Moge. Namun mengikuti jejak KTM yang sukses menjual Mocil (motor kecil), akhirnya Triumph juga meninggalkan gengsinya dan ikut nyemplung di motor kelas menengah kebawah. Dan yang menarik, sama seperti KTM ternyata Triumph juga bekerjasama dengan perusahaan raksasa otomotif asal India yakni Bajaj Auto.

Untung saja Triumph kerjasamanya dengan Bajaj, bukan dengan TVS atau Hero karena alhasil desainnya ternyata cakep alias enggak seperti motor-motor India pada umumnya yang maaf kurang enak dipandang secara visual, hehe… walaupun memang, secara sekilas motor ini masih ada rasa “India”nya, seperti di bagian body belakang dan jok-nya yang tebel dan kurang sedikit proporsional, hehe… Tapi secara overall, mocil Triumph ini memiliki aura motor Inggris-nya yang selalu mewah dan berkelas.

Triumph Speed 400 ini mengusung konsep motor sport classic modern dengan lampu bulat LED, bergaya Cafe Racer, motor ini menggunakan spion model bar-end kesukaan Ngab-ngab Sunmori, para pecinta motor retro akan suka karena motor ini memiliki desaintangki membulat, mesin telanjang yang terlihat padat dan kekar dan bagian body belakang yang minimalis. Ya mirip seperti varian Mogenya yaitu Triumph Trident 660.

Untuk fiturnya pun menggabungkan cita rasa klasik dan modern, lampu depannya sudah LED, panel speedometernya terlihat elegan dengan kombinasi analog dan digital serta suspensi depan Upside down. Fitur-fitur canggih dan kekinian diantaranya electronic throttle control mirip Throttle by wire mirip seperti KTM RC390 tentunya lengkap dengan Slipper Clutch, Traction control dan rem ABS.

Begitu juga dengan mesinnya, walaupun diproduksi oleh Bajaj tapi mesinnya beda dengan KTM ataupun Bajaj itu sendiri.Pihak Triumph mengklaim jika mereka menggunakan mesin baru bernama TR series yang terinspirasi dari TR5 Trophy yang diikuti Triumph pada event International Six-Days Trail pada tahun 1948. Mengusung mesin 398cc 1 silinder  DOHC satu silinder 398cc yang menggunakan teknologi DLC-coated parts dan finger-follower valve actuation sehingga mampu mencapai tenaga maksimum 40 Hp dan torsi maksimum 37,5 Nm, dan tentunya karena akan dijual di Eropa motor ini sudah memenuhi standar Euro-5.

Untuk harganya belum diumumkan, namun Triumph Speed 400 2024 ini akan dijual dalam 3 pilihan warna diantaranya warna khas Triumph yakni hitam, merah dan yang unik tersedia dalam warna biru.

Oh ya, tak hanya Speedo 400 Triumph juga menghadirkan diversifikasinya dalam konsep Classic Scrambler yang diberi nama Triumph Scrambler X 400. Untuk spesifikasinya sama, namun ada beberapa perbedaan diantaranya dari desain knalpot, ukuran ban dimana versi ini asimteris menggunakan velg depan 19 inch dan 17 inch di belakang juga ada tambahan beberapa aksesories seperti hand guard dll.

Triumph Scramble X 400

Wah, kira-kira bakal masuk ke Indonesia enggak ya? Pasti bakal banyak yang nungguin nih…

2 Comments

  1. Gagah euy mang, salut modelna teu kaciri siga motor india pisan mang, sigana disain triump langsung nya mang? Komo model sprocket na tibalik beulah kanan. Kabita euy 😁

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!