Punya Sensor Tekanan Ban, Zontes D125 2023 Rilis di Eropa

Warungasep.net – Skutik pakai fitur Traction Control udah biasa, pakai rem ABS, Skutik kelas entry level juga sudah pakai, kira-kira ada gak sih skutik yang punya sensor tekanan ban? Ya tentu saja ada, contohnya Zontes D125 versi 2023 yang baru-baru ini rilis di beberapa negara Eropa termasuk Yunani dan Spanyol, maxi skutik bergaya GT alias Grand Touring bermesin 125cc ini tak hanya punya tampang yang gagah nan elegan tapi juga dijejali fitur-fitur canggih.

Pertama kita bahas desainnya. Zontes D125 ini identik dengan varian diatasnya yakni Zontes D350. Dimana untuk bagian facia depan menampilkan empat lampu depan LED ellipsoidal yang dikembangkan oleh perusahaan Jerman Osram, menghasilkan berkas cahaya yang lebih luas dan lebih kuat. Dilengkapi dengan lampu DRL daytime running berbentuk “L” di sisi kanan dan kiri. Lampu latar terdiri dari 8 prisma vertikal, menciptakan efek 3D yang indah, dengan pemberhentian di tengah rangkaian prisma.

Walaupun masuk di segmen skutik 125cc untuk pemula, tapi postur orang-orang Eropa tentunya tinggi sehingga untuk mendukungnya skutik ini memiliki dimensi yang cukup besar, sama dengan versi 350cc-nya. Cuma ya bedanya ada di bagian mesinnya saja.

Zontes D125 ini mengusung mesin 125cc 1 silinder 4 klep berpendingin cairan alias radiator. menggunakan sistem injeksi Bosch MSE 8.0, skutik pesaing Yamaha X-Max 125 juga Forza 125 ini menghasilkan tenaga sebesar 14,55 hp pada 8.250 rpm dan torsi 12,8 Nm pada 6.500 rpm. Oh ya, mesinnya ini digunakan juga oleh varian skutik yang sudah ada sebelumnya yakni Zontes M125, bedanya varian tersebut lebih cenderung ke konsep skutik sport.

Yang menjadi nilai jual dari D125 ini adalah fiturnya. Seperti yang saya sebutkan tadi skutik ini punya sensor tekanan ban secara real time, bahkan bisa mendeteksi suhu dan bahkan terdapat alarm jika mengalami kebocoran yang menyebabkan potensi kecelakaan.

Tapi itu belum seberapa, karena skutik yang sebenarnya buatan China ini memiliki banyak fitur canggih yang enggak dimiliki oleh pesaingnya, sebut saja terdapat kamera depan untuk merekam, panel speedometernya pakai TFT warna yang tak hanya bisa tekoneksi lewat smartphone melalui aplikasi tapi juga sekaligus bisa melakukan miroring sehingga bisa menampilkan layar ponsel pada panel meternya secara langsung. Enak dong bisa menampilkan navigasi Google maps nih, hehe…

Tak hanya itu, skutik ini juga memiliki fitur seperti Honda Forza yakni electric adjustabel windscreen yang bisa dikendalikan di saklar kemudi, tentunya fitur-fitur canggih lainnya seperti rem ABS, Smartkey system dan colokan charger USB tentunya sudah tersedia dan menjadi paket lengkap.

Terakhir, harga Zontes D125 versi 2023 ini dibanderol € 3,787 atau jika dikonversikan kedalam rupiah sekitar Rp. 60,9 jutaan. Dan motor yang dijual dalam 3 pilihan warna diantaranya warna biru, silver dan hitam ini sepertinya didedikasikan khusus untuk pasar Eropa, karena di negara asalnya yaitu China saya cek ternyata tidak dijual.

Hmmm, kira-kira kapan ya Honda Vario ada fitur sensor tekanan ban? hehe…

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!