Race 1 WSBK Ceko 2023, Jonathan Rea Juara Pertama Kalinya di Musim ini

Warungasep.net – Untuk pertama kalinya di musim ini pembalap Kawasaki Racing Team Jonathan Rea berhasil menjuarai race 1 WSBK Ceko 2023 yang berlangsung di sirkuit Most, Sabtu (29/7). Dengan strategi cerdik menggunakan ban intermediated ditengah dominan pembalap yang menggunakan ban basah akhirnya membuahkan hasil positif, ditengah lintasan yang berganti dari basah menjadi kering Rea berhasil memimpin balapan disaat pembalap lainnya mengalami kerugian karena harus masuk pit untuk ganti ban. Rea pun finish pertama, Toprak kedua dan Petrucci menyelamatkan Ducati dengan finish di P3, sedangkan Bautista finish diluar 10 besar namun masih berada di zona poin.

Jalannya balapan, Toprak start pertama pasca superpole, namun Bassani lah yang memimpin diikuti Gardner, Rea, Bautista dan ada pembalap Honda CBR1000RRRR di P5, yakni Xavi Vierge.Lap berikutnya Bautisa mulai merangsek ke barisan depan, tanda-tanda balapan akan mulai membosankan seperti bisanya, hehe…

Tapi ternyata tidak, balapan yang awalnya basah mulai mendadak kering. Para pembalap yang tadinya menggunakan ban basah mulai masuk pit untuk ganti ban baru. Rea menggunakan ban intermediated tentunya sangat diuntungkan sehingga bisa menyalip satu per satu pembalapnya yang mulai masuk pit termasuk Bautista.

Hingga akhirnya di 15 lap tersisa, Rea dengan Kawasaki ZX10RR berhasil memimpin balapan, dan Bautista yang baru keluar pit menempati urutan ke 18. Toprak berusaha naik ke posisi depan. Barisan depan pun terus berubah, Redding, Bassani dan Petrucci memperebutkan P4.

14 Lap tersisa, Rea masih memimpin dan makin memperlebar jarak hingga 12 detik. Redding dan Petrucci memperebutkan P2 sedangkan Toprak berada di P4 mengincar posisi 3 dari Redding.

13 lap tersisa, Toprak berhasil naik ke P3 dengan membawa Yamaha R1 singkirkan BMW M1000RR yang ditunggai Redding. dan di sisa 12 lap, Rea pun berhasil naik ke P2 setelah singkirkan Petrucci. Mana nih Bautista? Ternyata sang juara dunia masih kewalahan dan berada di P13.

10 Lap tersisa, Toprak memangkas jarak dengan Rea menjadi hanya 10 detik saja, tapi tetap cukup jauh sih, hehe… Petrucci P3, Redding P4, dibelakang mereka ada Locatelli, Leccuona, Baz dan Aegerter.

Memasuki 9 lap tersisa, pertarungan antara Yamaha vs BMW berlanjut kali ini antara Redding dan Locatelli yang akhirnya dimenangkan oleh Yamaha. dan Bautista naik 1 posisi menjadi berada di P12.

5 lap tersisa, jarak antara Rea dan Toprak menjadi 7 detik, namun yang seru adalah pertarungan antara Locatelli vs Redding yang terus berlanjut hingga lap berikutnya.

Last lap, Posisi terdepan tidak berubah namun di barsian tengah Leccuona berhasil singkirkan Locatelli hingga akhirnya Jonathan Rea berhasil meraih juara untuk pertama kalinya di musim ini, disusul Toprak kedua dan Petrucci ketiga. Bautista berada di zona poin dan finish di P12. Lengkapnya lihat dibawah ini :

Hasil Race 1 WSBK Ceko 2023

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!