Honda Motocompacto, “Motor Lipat” Honda Yang Beneran Bisa Dilipat

Warungasep.net – Akhir-akhir ini marak di media social tentang penampakan motor skutik Honda yang mengalami kerusakan pada bagian frame sampai bentuknya seperti melipat, sehingga muncul istilah “Motor Lipat” yang kini melekat pada setiap produk Honda. Tapi diluar negeri sana, telah hadir motor lipat Honda yang dimana ini beneran bisa dilipat dan bukan rusak. Namanya adalah Honda Motocompacto, penasaran seperti ini? Begini wujudnya :

Sebelum kita bahas mengenai detail motor ini, seperti yang kita tahu saat ini Honda selalu menghadirkan kembali motor-motor lawas dengan konsep sama namun dengan mengusung teknologi baru, seperti Honda Monkey 125, Honda CT125, Supercub dan juga Honda Dax, dan satu lagi Honda Motocompacto ini adalah pembaruan daripada Honda Motocompo yang sempat eksis di awal tahun 80’an.

Bedanya jika dulu Motocompo menggunakan mesin bensin 50cc 2 tak, sedangkan Motocompacto ini menggunakan mesin listrik bertenaga baterai. Namun memiliki konsep yang unik folding bike alias bisa dilipat, bukan rangka yang keropos jadi bisa melipat ya, melainkan motor ini bisa ditekuk dan dilipat seperti layaknya sepeda lipat, hehe…

Berbeda pula dengan Motocompo yang agak panjang dan bentuknya seperti tape recorder atau radia jadul, Motocpmpacto ini bentuknya lebih futuristik, lebih compact dan tipis, jika dalam kondisi terlipat motor listrik Honda ini bentuknya mirip seperti koper.

Tapi sepertinya Motocompacto ini tidak masuk kedalam klasifikasi motor skutik atau kendaraan konvensional, karena tidak terdapat lampu sein, lampu rem atau spion alias tidak street legal. Karena pihak Honda tidak menjual skutik ini dengan bebas, melainkan dijual di dealer mobil Honda dan Acura dalam paket bundling. Sehingga skutik ini digunakan sebagai kendaraan pendukung karena bentuknya yang compact dan ringkas sehingga bisa dimasukan kedalam bagasi mobil.

Walaupun begitu, Motocompacto ini memiliki fitur yang lumayang canggih. Untuk mesinnya terdapat dibagian hub roda belakang yang terbuat dari alumunium, menggunakan baterai 6,8 Ah yang memiliki tenaga terbilang kecil hanya 490W dan torsi 16Nm. Topspeednya pun kayak keong hanya mampu 24,2 km per jam, dan dalam kondisi bateri penuh bisa dibawa sejauh 19,3 km.

Motocompacto ini memiliki dimensi 74 x 52,5 x 9,4 cm saat dilipat penuh, Dan bobotnya pun cukup ringan hanya 18,7 kg. Untuk fiturnya terdapat lampu LED dibagian depan lengkap dengan colokan charger, di bagian setang kemudi terdapat panel meter LCD dengan beragam mode riding serta bisa terkoneksi dengan aplikasi di smartphone.

Saat ini Honda Motocompacto ini baru dijual di negara Amerika Serikat dengan harga $995 atau ya dibawah Rp. 15jutaan. Selain di dealer mobil motor listrik Honda yang bisa dilipat ini juga bisa didapatkan di situs web khusus motocompato dari website resmi Honda.

Kira-kira AHM bakal jual motor ini gak ya?

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!