Ninja 7 Hybrid, Ninja Tanpa Kopling Bermesin Hybrid 450cc Setara 650cc Seirit 250cc

Warungasep.net – Kawasaki global resmi memperkenalkan Ninja 7 Hybrid 2024, Sebuah inovasi dan mungkin menjadi pioneer motor hybrid di kategori motor sport, dimana tujuan dari motor ini adalah untuk mengejar efisiensi bahan bakar dan juga performa namun dengan dimensi yang compact serta mengusung teknologi terbaru. Yang menarik, walaupun mengusung angka 7 dibelakang label Ninja, motor ini hanya bermesin 450cc. Kok bisa? Yuk kita simak lebih detail.

Bicara soal desain, motor ini mirip seperti keluarga Ninja series lainnya. Lampunya yang khas tajam, aerodinamis dengan dual headlight namun dimensinya memang agak sedikit lebih besar. Walaupun begitu, Kawasaki merancang sasis teralis baru yang membuat kombinasi mesin bensin dengan mesin bertenaga baterai menjadi lebih compact dan ramping.

Belum diketahui secara resmi alasan mengapa mereka memberikan label angka 7 dibelakang nama Ninja. Tapi menurut media luar, walaupun motor ini hanya memiliki kapasitas mesin 450cc 2 silinder inline twin, tapi tenaga yang dikeluarkan setara dengan motor 650cc karena teknologi hybrid yang diusungnya. Walaupun begitu mereka mengklaim jika bahan bakarnya menjadi lebih hemat karena menjadi setara motor 250cc. Hmmm, menarik juga ya.

Kawasaki memang belum secara rinci merilis mengenai detail motor ini, namun dari video presentasi di youtube resmi mereka diketahui Ninja 7 Hybrid ini mengusung 451cc 2 silinder inline twin DOHC berpendingin cairan. Power puncak pada mode standar motor ini berada di angka 43,5 kW atau setara 59 Hp 51,1 kW atau setara 69 Hp. Angka tersebut setara dengan power Ninja 650.

Peningkatan tersebut berkat mesin HEV atau Hybrid yang mereka namai “E-Booster”. Kawasaki juga memberikan dua pilihan transmisi yakni melalui gearboks dan automatic. Maka jangan heran jika di setang kemudi bagian kanan, motor ini tidak terdapat tuas kopling seperti motor sport pada umumnya. Jadi bisa dibilang motor ini adalah Ninja tanpa kopling, hehe…

Kecanggihan Ninja 7 Hybrid ini juga dikemas dengan beberapa fitur, diantaranya Sport Hybrid, Eco Hybrid dan EV dimana masing-masing memiliki karakter berbeda sesuai keinginan pengendaranya. Kawasaki juga memanmbahkan fitur Automatic Lunch Position Finder (ALPF) yang dimana saat diaktifkan motor ini akan memilih gigi secara otomatis sesuai kondisi jalanan, bahkan saat berhenti atau idling mesin bensin akan secara otomatis menghentikan pembakaran.

Ada juga walk mode yang membuatnya bisa berjalan mundur, dan tentunya motor ini juga bisa menggunakan mode full EV dengan menggunakan energi dari baterai. serta fitur-fitur canggih yang kekinian lainnya seperti panel meter full TFT warna yang tentunya sudah bisa terkoneksi dengan smartphone lewat aplikasi Kawasaki Rideology.

Kawasaki memang belum merilis secara resmi, kemungkinan akan memulai debutnya di beberapa pameran otomotif dunia dalam waktu dekat, namun kabarnya motor hybrid Kawasaki ini akan dipasarkan secara global mulai tahun 2024 mendatang.

Warna yang ditawarkan pun terlihat unik dan khas dengan aksen yang bertema futuristik dengan kombinasi warna silver, hitam dan juga aksen garis berwarna hijau yang menjadi ciri khas Kawasaki. Nah, kira-kira kapan ya motor ini hadir di Indonesia?

Kira-kira berapa ya harganya?

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!