MotoGP Lusail Qatar 2023, Fabio Di Gia Juara! Pecco P2 Martin 10

Warungasep.net – Motogp Lusail Qatar 2023 dimenangkan oleh Fabio Di Giannantonio. Menjadi podium perdana di kelas Premier bagi pembalap Gresini dan menjadikan podium GP Qatar dikuasai oleh 3 pembalap Italia, diantaranya Fabio Di Gia finish pertama, Pecco Bagnaia kedua dan Luca Marini ketiga. Penuh drama dan bikin jantungan, dimana Pecco berusaha mempertahankan posisinya namun dijebol oleh Di Gia, dan Martin yang terus kedodoran setelah terjadi masalah saat start dan turun hingga ke P11, alhasil babak final di Valencia pekan depan akan menjadi seri penentu gelar juara dunia musim ini.

Jalannya balapan, Pecco Bagnaia langsung memimpin balapan selepas start setelah menyalip Luca Marini yang pole position. Pecco memimpin, Marini P2, duo Gresini di P3 dan 4 dan karena kesalahan saat start Martin ada di P8 dibelakang Zarco, Marquez dan Binder.

Lap 2, Pecco masih memimpin didepan Marini dan Duo Gresini, Binder ambil alih P4 dari Marc Marquez. Martin masih di P8. Lap ke-3, Zarco mundu ke P9, Martin naik ke P7. Pecco masih memimpin 0,3 detik dari Marini. Lap 4, Alex Marquez mengincar P2 dari Marini tapi mahal Di Gia yang naik ke P3 setelah salip Alex Marquez.

Lap 5, Marc Marquez turun ke P7 setelah disalip Martin. Martin mulai mengejar barisan depan. Perebutan P2 terjadi antara Di Gia dan Marini, tapi hasilnya Marini malah turun ke P5 setelah disalip Alex dan Binder.

Lap 6, Pecco memimpin 0,6 detik dari Di Gia. 3 pembalap memperebutkan P3 anatara Binder, Alex M dan Marini. Martin masih di P6. Lap 7, Vinales mengintimidasi Marc Marquez, hingga akhirnya di lap 9, Vinales ambil alih P7 dari Marc Marquez.

Lap 10, Pecco memimpin 0,2 detik dari Di Gia, Vinales mulai mengincar posisi 6 dari Martin dan akhirnya di lap 11, Vinales ambil alih P6. Martin pun turun ke P8 setelah disalip Marc Marquez. Lap berikutnya posisi Martin belum aman, karena ada Fabio Quartararo yang membayanginya dibelakang. Dan terjadi plot twist, karena malah arc Marquez yang turun ke P9 setelah disalip martin dan Fabio. Marc pun makin kedodoran hingga turun ke 11 setelah disalip Miller dan Zarco.

Lap 13, Martin turun ke P9 setelah disalip Miller. Pecco masih memimpin, namun jaraknya sangat tipis dengan Di Gia. Bahkan Di Gia terus mengincar posisi leader dari Pecco. Yang tak kalah seru adalah perebutan P3 antar 4 pembalap, Binder, Marini, Alex M dan Vinales, sementara Martin masih berada di P9 diikuti Zarco.

5 lap tersisa, Di Gia makin agresif ngejar Pecco, dan Martin makin kedodoran hingga turun ke P10 setelah disalip Enea Bastianini. Dan di 4 lap tersisa, Fabio Di Gia berhasil salip Pecco. Tak mau kalah, Pecco mencoba membalas di ujung stright sirkuit Qatar, namun gagal bahkan Pecco melebar namun masih melanjutkan balapan dan aman di P2. Bener-bener menguras emosi nih!

Hingga akhirnya last lap, Fabio Di Gia berhasil finish pertama, disusul Pecco kedua dan Marini ke-3. 3 pembalap Italia kuasai podium. Dan gelar juara dunia musim ini akan ditentukan di seri Valencia nanti.

Hasil race Motogp Qatar 2923

POS RIDER NAT TEAM
1 Fabio Di Gia ITA Gresini Ducati (GP22)
2 Pecco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP23)
3 Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)
4 Maverick Vinales SPA Aprilia Factory (RS-GP23)
5 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
6 Alex Marques SPA Gresini Ducaty (GP22)
7 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
8 Enea Bastianinii ITA Ducati Lenovo (GP23)
9 Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16)
10 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP23)
11 Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)
12 Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP23)
13 Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)
14 Joan Mirr SPA Repsol Honda (RC213V)
15 Augusto Fernandez SPA Tech3 GASGAS (RC16)*
16 Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha (YZR-M1)
17 Raull Fernandez SPA RNF Aprilia (RS-GP22)
18 Pol Espargaro SPA Techtiga GASGAS (RC16)
19 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!