Hasil Final Motogp Valencia 2023, Francesco Bagnia Juara Dunia! Martin Jatuh…

Warungasep.net – Final Motogp 2023 yang digelar di sirkuit Valencia dimenangkan oleh Francesco Bagnaia, dan sekaligus raihan gelar juara dunia Motogp musim ini. Ini menjadi gelar Juara Dunia Motogp yang ketiga kalinya bagi Pecco, tapi raihan tersebut diraih dengan penuh drama.

Seri poamungkas Valencia menjadi ajang balap dengan penuh drama dari awal sampai akhir. Di awal Pecco dan Martin bertarung untuk perebutan juara dunia, namun gagal. Martin terlempar ke barisan belakang dan demi mengejar egonya, Martin pun mengalami insiden crash dengan Marc Marquez. Pecco pun secara otomatis sudah menjadi juara dunia.

Jalannya balapan, Pecco start pertama pasca Vinales yang pole position mendapat penalti turun 3 posisi. Dan selepas start Pecco langsung memimpin dan Martin berada dibelakangnya setelah singkirkan duo KTM. Lap kedua, Pecco masih belum disalip Martin, dibelakang mereka ada duo KTM, Zarco, Vinales, dan duo Marquez bersaudara.

Memasuki lap ketiga, Martin mencoba menyalip Pecco di sisi kanan hampir bertabrakan hingga Martin melebar hingga turun ke P8. Pecco masih aman untuk mengunci gelar, diikuti Binder, Miller, Zarco, Marquez P5, Vinales dan Martin di P8.

Posisi Pecco tidak aman, karena Binder terus mengintimidasinya dibelakang. Lap 5, Martin mencoba ambil alih P6 dari Vinales, namun gagal. Pertarungan juga terjadi antara Zarco vs Marc Marquez untuk P5. Seru uga nih petarunga  4 spaniard dengan 3 motor berbeda, hehe…

Dan insiden pun terjadi, dimana Marc Marquez dan Martin terlibat tabrakan sehingga keduanya DNF. Secara otomatis, Pecco sudah mengunci juara dunia dimana pesaingnya sudah keluar dari trek. Pecco pun turun ke P2 setelah disalip Binder, bahkan Pecco pun turun ke P3 setelah Martin menyalipnya dengan mudah.

Lap 15 Binder tiba-tiba masul ke area long lap penalti sehingga posisinya turun dari leader menjadi ke P6, Otomatis Miller memimpin balapan, diikuti Pecco kedua dan Zarco ketiga. Binder naik ke P5 setelah singkirkan Alex Marquez secara kasar. Alex mun menunjukan gestur kesalnya, hehe…

Pasca kejadian tersebut, Steward menetapkan penalti satu posisi untuk Binder. Lap 18, Binder terlibat aksi saling salip dengan Vinales untuk P4. dan Di Gia memanfaatkan momen tersebut dengan mengambil alih P4 dari Vinales. Dan di lap 19, Jack Miller terjatuh saat memimpin balapan, dan otomatis, Pecco langsung berada di posisi paling depan diikuti Zarco dan Binder di P3.

Tersisa 14 pembalap pasca terjatuhnya Alex Rins di 8 lap tersisa. Vinales makin kedodoran hingga turun ke P9 setelah disalip Yamaha, Morbidelli. Dan di lap 23, Fabio Di Gia ambil alih P3 dari Binder. 4 lap tersisa, Zarco terus incar posisi Pecco yang sedang memimpin.

3 lap tersisa, 3 pembalap berada cukup dekat dimana Pecco berada didepan, diikuti Zarco dan Di Gia. dan di 2 lap tersisa, Di Gia ambil alih P2 dari Zacro. Dan sama seperti seri sebelumnya, Di Gia kembali menunjukan perlawannanya kepada Pecco, dan terus mengejarnya hingga lap akhir.

Namun juara sejati tentunya terus bertahan hingga akhirnya garis finish pun disentuh pertama oleh Pecco, Di Gia kedua dan Zarco ketiga. Lengkapnya bisa dilihat dibawah ini :

Hasil Final Motogp Valencia 2023

POS RIDER NAT TEAM
1 Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP23)
2 Fabio Di Giannantonio ITA Gresini Ducati (GP22)
3 Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP23)
4 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
5 Raul Fernandez SPA RNF Aprilia (RS-GP22)
6 Alex Marquez SPA Gresini Ducati (GP22)
7 Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha (YZR-M1)
8 Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory (RS-GP23)
9 Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)
10 Maverick Viñales SPA Aprilia Factory (RS-GP23)
11 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
12 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
13 Lorenzo Savadori ITA RNF Aprilia (RS-GP22)

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!