Niru Sugomi?! Honda CB1000 Hornet 4 Silinder Bertenaga 150 HP

Ho

Warungasep.net – EICMA selalu menjadi daya tarik tersendiri, disana banyak pabrikan berlomba-lomba merilis produk baru, termasuk Honda yang resmi memperkenalkan moge andalan baru mereka yang diberi nama Honda CB1000 Hornet 2024. Versi naked dari CBR Fireblade ini hadir dengan desain yang agresif bergaya streetfighter, dua lampu depan yang nunduk ada yang bilang mirip dengan Kawasaki Sugomi, benarkah? Untuk lebih detailnya yuk kita kupas lebih tuntas…

24YMHONDACB1000Hornet

Ya memang dual lampu depan nunduk seperti ini mirip dengan Kawasaki Z1000 aka Sugomi, padahal banyak juga moge naked lainnya yang memiliki konsep serupa, sebut saja Ducati Street Fighter V4 atau Yamaha MT-09, tapi memang bisa dibilang CB1000 Hornet ini masuk ke dalam persaingan naked street bike satu liter dimana Sugomi berada.

Oh ya, sebenarnya sebelumnya Honda memiliki moge naked 1000cc yang sudah ada, yaitu Honda CB1000R. Tapi sepertinya Honda melakukan diferensiasi dimana keduanya mengusung konsep yang berbeda satu sama lain. Jika CB1000R bergaya retro modern yang sporti futursitik dengan ciri khas mono arm-nya yang eksotis, sedangkan si CB1000 baru ini cenderung memiliki gaya yang kalem, lebih elegan namun memancarkan aura sangar sehingga wajar jika Honda membenamkan nama hewan pada produk mereka ini.

24YMHONDACB1000Hornet

Honda Hornet juga sebenarnya nama legendaris untuk produk motor naked mereka, sehingga sepertinya Honda ingin membangkitkan nama ini menjadi icon produk baru mereka. Sehingga saat ini, ada 3 varian Honda Hornet yang resmi dirilis, selain CB750 Hornet yang rilis duluan tahun lalu, sekarang ketambahan Hornet 1000 dan Hornet 500(akan saya ulas di artikel berikutnya).

Honda Hornet 1000 2024

Honda Hornet memiliki beberapa karakteristik yang bisa kita lihat pada bagian bodi belakang yang tajam, rangka dan sub-frame model teralis yang menggendong mesin 4 silinder yang terkespose memancarkan aura gagah dan padat, secara keseluruhan desain bodinya pun enggak terlalu lebay dengan banyak lekukan, cenderung minimalis dan model seperti ini biasanya lebih everlasting dan banyak disukai bikers secara global.

Namun berbeda dengan Hornet series lainnya yang menggunakan single headlamp, Hornet 1000 ini justru menggunakan dual headlight LED yang nunduk, ya seperti karakter yang bisa kita lihat pada sosok Sugomi, hehe… Tapi tentunya Sugomi-nya Honda ini hadir dengan beragam keunggulan fitur yang modern dan kekinian, diantaranya.

Fitur Honda Hornet 1000

  • Throttle By Wire (TBW), 3 mode berkendara default
  • Honda Selectable Torque Control (HSTC) dan assist/slipper clutch
  • Garpu Showa 41mm SFF-BP USD, dapat disesuaikan untuk kompresi dan redaman pantulan
  • Shock belakang Showa beroperasi melalui Pro-Link
  • Kaliper rem depan empat piston yang dipasang secara radial dan cakram mengambang 310 mm
  • ban belakang 180/55-17; Depan 120/70 ZR17
  • Layar TFT 5 inci penuh warna dengan konektivitas smartphone Honda RoadSync
  • Semua pencahayaan LED, dengan lampu depan proyektor LED ganda

Sedangkan untuk dapur pacunya, pihak Honda sendiri belum resmi mengungkap secara detail spesifikasi motor ini. Namun pada press release yang mereka muat di website, Honda Hornet 1000 ini mengusung mesin 999cc, empat silinder segaris DOHC 16 klep berpendingin cairan. Diketahui pula jika motor ini memiliki tenaga puncak lebih dari 110kW dan torsi lebih dari 100Nm, yang sepertinya tenaganya lebih besar ketimbang CB1000R versi neo sport cafe yang hanya 107 kw.

Baca : Warna Biru Jeans, Honda CB1000R Versi 2023 Makin Sangar!

Namun begitu, pihak Honda khususnya untuk pasar Eropa kan mulai memasarkan moge baru ini pada tahun 2024 mendatang yang dijual dalam 3 pilihan warna diantaranya warna merah, abu-abu dan putih.

24YMHONDACB1000Hornet

Nah, kira-kira apakah Honda CB150R StreetFire juga akan ikutan jadi “Hornet” ? Kita lihat saja nanti…

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!