SYM ADXTG 400 2024, Seserius Ini Mau Nyaingin Honda ADV!?

Warungasep.net – Awalnya saya kira motor skutik berwarna merah dan hitam ini adalah produk mocin tukang jiplak, tapi setelah tahu jika ini adalah produk baru SYM ADXTG 400 2024 yang memulai debutnya di pameran EICMA Milan tahun ini saya kaget, lho… Kok sampe segitunya pabrikan segede SYM bikin produk kloningan? Kenapa sih harus sampai dibuat mirip sama skutik adventurenya Honda, apakah harus sesseriues ini buat menyainginya?

Ya memang, motor matic dengan warna hitam dan merah tidak selalu identik dengan skutik ADV Honda, juga dengan skutik bergaya adventure tentunya bukan paten miliknya Honda. Tapi jika dilihat-lihat memang skutik yang memiliki nama ADXTG ini ada beberapa kemiripan dengan karakter skutik adventure-nya Honda, baik itu Honda ADV series maupun X-ADV.

Pertama kita lihat dibagian depan, desain dual headlight berbentuk agak kotak ini sama dengan tampang depan Honda ADV160, kaki-kaki dengan velg castwheel  berjari banyak sehingga terlihat seperti spoke wheel lengkap dengan ban semi dual purposenya ,apalagi kalau lihat model adjustable windscreen-nya, sangat-sangat terlihat ADV banget. Bagian bodinya dibuat berbeda, lebih panjang dengan buritan yang lebih tajam.

Namun tidak sepenuhnya dibuat mirip dengan ADV, ada beberapa detail yang membuat motor lebih unggul dari skutik ADV-nya Honda, sebut saja suspensi depan pakai model inverted fork alias Upside down yang dibagian pengereman sepertinya pakai model kaliper yang terlihat lebih advance.

Belum lagi dibagian kaki-kaki belakangnya, wuuih ternyata pakai swing arm alumunium dan suspensi monoshok lengkap dengan knalpot samping yang menengadah keatas. Serta stang kemudi lengkap dengan aksesories hand guard yang siap diajak berpetualang. Sepertinya walaupun tampang mirip ADV160, tapi untuk fitur sepertinya model ini ditujukan untuk bisa menyaingi Honda X-ADV, itu terlihat dari transmisinya dimana motor ini menggunakan rantai dan gear untuk penggerak roda belakang.

Sedangkan untuk mesinnya, pihak SYM sendiri belum mengungkap secara resmi detail spesifikasi skutuk adventure mereka ini. Namun menurut beberapa bocoran dari media Eropa sana, skutik SYM ADXTG ini mengusung mesin 399cc yang sama dengan SYM Maxsym 400. Untuk detailnya akan saya update nanti.

Dan selain SYM ADXTG 2024, SYM juga memamerkan 5 produk terbaru lainnya yang menarik dan beberapa diantaranya menjadi produk global. Untuk lebih lengkapnya, silakan pantengin terus blog ini. semoga berguna…

1 Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!