Membingungkan! SYM PE3 Ini Motor Listrik Tapi Masih Pakai Bensin!?

Warungasep.net – EICMA Milan 2023 menjadi ajang unjuk gigi pabrikan otomotif memamerkan produk baru, salah satunya raksasa otomotif asal Taiwan yaitu SanYang Motor atau SYM yang memperkenalkan produk inovatif mereka bernama SYM PE3 Concept. Ya, walaupun masih berupa konsep, tapi skuter SYM ini cukup membingungkan, kenapa? Ya, walaupun skutik ini diklaim bertenaga listrik 100 persen, tapi untuk bisa jalan harus mengisi bensin seperti motor konvensional. Hmmm, jadi motor apa ini?

Sepertinya tagline ‘Inovasi tiada henti” kini bukan milik Suzuki, tapi buat produk-produk mocin. Nah, SYM ini memberikan solusi untuk kendaraan masa depan, dimana di masa transisi menuju kendaraan bebas polusi, mereka menciptakan kendaraan yang inovatif dengan menggabungkan mesin bensin dengan mesin listrik alias mesin Hybrid.

Tapi berbeda dengan motor Hybrid pada umumnya yang dimana mesin bensin lebih dominan untuk menjalankan sepeda motor dan mesin listrik hanya memberikan tambahan tenaga, SYM PE3 ini justru berbeda. Sejatinya, skutik ini berjalan menggunakan mesin listrik bertenaga baterai, tapi untuk mengisi ulang baterai digunakan mesin bensin untuk mengecas baterai, sehingga mengklaim skutik ini lebih efisien dan enggak ribet untuk mengisi ulang baterai dalam jangka waktu yang lama.

Selain itu, SYM PE3 ini ternyata tidak menggunakan baterai Lithium Ion seperti motor listrik pada umumnya, melainkan menggunakan baterai aluminium, yang secara efektif dapat mengurangi penggunaan logam mulia dan mendapatkan harga baterai yang lebih terjangkau. Selain itu, katanya baterai alumunium ini memiliki keunggulan lebih aman digunakan pada suhu rendah mencapai minus 40 derajat, dan suhu tinggi daingka 80 derajat celcius.

SYM PE3 ini menggunakan motor listrik bertenaga 4KW yang ditempatkan pada hub roda belakang. Nah, cara kerja pengisian baterainya ternyata otomatis, dimana jika tegangan baterai sebesar 75V berkurang hingga batas terendah 60V, mesin akan mesin bensin akan otomatis mulai untuk mengisi daya.

Pict Jorsindo.com

Nah, mesin bensin yang digunakan memiliki kapasitas 115cc, mesin yang sama digunakan pada skutik retro SYM Fidlle. Menurut data pengetesan secara internal, baterai yang terpasang di dalamnya dapat menempuh jarak 35 kilometer dengan tenaga listrik murni. Setelah mesin dihidupkan, baterai tersebut diisi dayanya sambil menggerakkan kendaraan. Satu liter bensin dapat membuat PE3 mampu berlari sejauh 90 kilometer, yang berarti total kekuatan 125 kilometer. Sehingga dengan kapasitas tangki bahan bakar 3 liter built-in dan baterai yang terisi penuh, diperkirakan secara konservatif lebih dibawa sejauh 300 km.

Selain teknologi dan inovasi yang mereka tawarkan, SYM PE3 ini juga memiliki model yang mempresentasikan konsep skutik masa depan, dimana skutik ini memiliki desain yang futuristik, serba kotak dengan bodi yang ramping dan compact. Tapi secara keseluruhan masih memperlihatkan skutik pada umumnya.

Ke area mesin bisa kita lihat, motor listrik SYM ini memiliki knalpot disebelah kanan, tapi di sebelah kiri memiliki penggerak dinamo baterai yang terletak pada velg belakang. Fitur-fitur modern dan canggih pun tersemat, diantaranya panel meter full TFT digital, stang kemudi dengan tombol-tombol yang kompleks, dan di bagian depan terlihat skutik ini memiliki beberapa hal yang unik, diantaranya dual headlight projie LED bertumpuk secara vertikal, kanlpot bar end dan desain bodi depan yang menutup area suspensi depan secara keseluruhan.

Jika dilihat area depan skuter listrik hybrid SYM ini mirip seperti Yamaha EMF , hehe… Lalu, apakah skutik unik luar dalam ini akan diproduksi masal? tak menutip kemungkinan jika respon konsumen sangat positif, maka di masa depan konsep motor Hybrid ala-ala SYM ini akan menjadi trendsetter baru di dunia otomotif.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!