Menolak Punah, Honda Shadow Phantom 2024 Malah Dibuat Ganteng

Warungasep.net – Banyak motor-motor keren yang sudah didiscontinue, tapi justru masih eksis hanya di negara Amerika Serikat. Salah satunya adalah Honda Shadow Phantom versi 2024 yang resmi dirilis baru-baru ini oleh Honda Motorcycle USA, Mbahnya Honda Rebel bergenre classic cruiser yang [masih] bermesin V-twin tradisional  ini hadir makin ganteng dengan perubahan desain dan juga fitur. Apakah akan masuk Indonesia?

Honda Shadow Phantom merupakan motor legendaris yang menjadi icon motor cruiser-nya Honda. Motor ini hadir guna memenuhi kebutuhan motor classic cruiser yang dimana Amerika menjadi habitat motor-motor yang eksis sampai saat ini. Tak hanya Shadow Phantom, motor-motor serupa pabrikan Jepang juga masih dijual disana, sebut saja Yamaha masih ada Yamaha Bolt, Suzuki dengan Intruder-nya dan Kawasaki dengan Vulcan bermesin V-twin masih bisa kalian temukan di situs resmi mereka disana.

Wajar saja, karena Amerika memang asal motor-motor bergenre seperti ini tentunya kalian tahu jika Harley Davidson atau Indian, lahir di negara tersebut. Selain itu, alasan mengapa motor seperti Shadow Phantom ini menolak punah hingga masih eksis dan dijual sampai saat ini adalah karena Amerika Serikat masih longgar mengenai peraturan emisi gas buang, jadi motor dengan regulasi Euro3 atau lebih rendah lagi masih dijual disana. Padahal di negara asalnya, seperti Jepang motor ini sudah didiscontinue dari tahun 2007. walaah…

Bicara soal perubahan pada Shadow Phantom versi 2024 ini sebenarnya jika dilihat secara keseluruhan maah masih sama saja bentuknya. Ya, masih mirip ala-ala desain Harley gitu, tanki tear drop memanjang, body belakang bulat menutupi ban belakang, ergonomi riding santai dengan stang tinggi dengan jok rendah 650mm dan mesin berknfigurasi V-twin juga masih dipertahankan.

Motor ini mengusung mesin 745cc 2 silinder 3 klep per silinder V-twin berpendingin perpaduan liquid dan air cooler, sayangnya power dan torsinya tidak diungkapkan, tapi jika melihat historinya saat motor ini dijual di Jepang powernya mencapai angka 44 Ps pada 5500 rpm dan torsi 62 Nm pada putaran rendah 3500 rpm, wuuih kebayang blar-blarnya nih, hehe…

Oh ya, motor ini memiliki berat 251 kg, kapasitas tangki muat 14 liter, tinggo jok 650mm dan ukuran ban depan 120/90 dengan velg 17 inch dibagian depan dan 160/80 velg 15 inch dibagian belakang. Fiturnya pun cukup sederhana, panel speedo analog yang berada diatas tangki, suspensi belakang ganda dan suspensi depan teleskopik biasa dengan ukuran 41mm dengan travel 5,1 inch.

Ya beda, menurut spesifikasi yang mereka muat di situs resmi mereka motor ini mendapat update di sekor headlamp dan juga lampu sein yang sudah LED, kemudian perangkat pengereman juga mendapat improvement dengan tambahan varian rem Antilock Braking System. Dan yang paling kentara ada pada bagian knalpot yang tak lagi dibalut warna chrome, melainkan menjadi warna hitam.

Sehingga dengan begitu hilang aura mewah dan klasiknya, tapi dengan adanya tampilan stripe grafis dan juga warna-warna yang ngejreng justru motor ini lebih keluar aura sangar dan macho-nya dan lebih menyasar konsumen generasi muda yang suka sentuhan modern.

Untuk harganya, pihak Honda Amerika menjual motor ini dalam 2 tipe, antara lain tipe standar dibanderol $8,399 dan $8,699 untuk tipe ABS, keduanya memiliki 2 varian warna diantaranya warna grey yang mereka namai Deep Peral Grey dan warna jingga Orange Metallic.

Oh ya, tentunya motor ini tidak dijual di negara lain selain Amerika Utara, jadi jangankan ditanya apakah masuk ke Indonesia, di negara asalnya di Jepang sana, motor ini tidak dijual. Karena sebenarnya, Honda sudah punya motor cruiser bobber baru yang lebih modern, lebih canggih dan tentunya lebih efisien dalam segala hal yakni dengan hadirnya 4 varian Honda Rebel series.

Wahh, mosok ada 4 sih? Iya dong, 5 varian malahan, hehe… Buat yang belum tahu, berikut diantaranya :

  1. Honda Rebel 1100 : Honda CMX1100 2021, Rebel Bermesin Africa Twin
  2. Honda Rebel 500 Harganya Tembus 201 Jutaan, Honda Rebel 2023 Rilis di Indonesia… Merahnya Menggoda!
  3. Honda Rebel 300 Kenalan Sama Honda Rebel 300 aka CMX300, Cruiser 300cc 1 Silinder di Amerika
  4. Honda Rebel 250 Honda REBEL 250 S 2022, Cuma Dijual Di Jepang?
  5. Honda Rebel 150 Wah, Ada Honda Rebel 250cc 2 Silinder?
    tambahan : Inikah Honda Rebel 150cc ??? Harga Rp. 29jutaan…

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!