Yamaha XSR900 GP 2024, Moge 3 Silinder Bergaya Motor Sport Era Tahun 80’an

Warungasep.net – Motor bergaya retro modern saat ini memang menjadi trend, bahkan saking banyaknya justru kini terasa jenuh karena konsepnya cenderung mirip dan itu-itu saja bentuknya. Tapi berbeda dengan Yamaha, mereka melakukan inovasi dengan menghadirkan motor retro modern, tapi bukan motor naked seperti motor jenis ini pada umumnya, melainkan motor retro tapi dengan konsep motor balap jadul. Dan inilah hasilnya, Yamaha XSR900 GP 2024. Moge 3 silinder bergaya motor sport era tahun 80’an.

Kalian bisa lihat, secara keseluruhan motor ini mirip dengan motor-motor sport fairing jadul jaman-jaman Filmnya Andi Lau. Desain serba kotak alias boxy, ramping dengan ciri khas body belakang yang juga ikutan mengkotak. Ditambah dengan kombinasi warna dan livery retro yang kental sehingga menguatkan aura racing jadulnya.

Untuk mendukung gaya balap jadul, motor ini dilengkapi beberapa aksesories diantaranya spion bar end yang menempel pada setang jepit clip on, lampunya dibuat compact dengan bentuk kotak yang kecil yang terpusat dibagian tengah body depan yang agak membulat dan juga single seater dengan body belakang kotak khas motor era tahun 80an. Buat pecinta motor jadul pastinya sekali pandang pasti langsung jatuh cinta nih, hehe…

Tapi tentunya motor ini bukan motor 2 tak seperti motor pada saat itu. Walaupun bertampang jadul yang terlihat dibagian luarnya, tapi dalemannya, motor ini seratus persen motor masa kini lengkap dengan fitur-fitur modern nan canggih.

Karena motor ini basicnya adalah motor naked retro yang memang sudah ada sebelumnya, apalagi kalau bukan Yamaha XSR900. Bisa dibilang, XSR900 GP ini adalah versi fairing dari XSR900 versi standar. Dan juga sebuah diversifikasi dari produk moge Yamaha di kelas 900cc diantaranya Yamaha MT-09, Yamaha Tracer 9 dan juga Yamaha Niken.

Sehingga untuk dapur pacunya identik dengan XSR900 yakni bermesin 889cc 3 silinder CP3 DOHC berpendingin cairan yang mampu mencapai tenaga puncak 119 Ps pada 10rb Rpm dan torsi 93 Nm pada 7000 rpm. Bobotnbya cukup ringan hanya 200 kg, lebih berat dari versi nakednya yang hanya 193kg saja. Kapasitas tangki juga kecil banget cuma 14 liter dan tinggi jok 835 mm yang dipadukan dengan suspensi depan Upside down dari KYB dan ukuran ban 120/70 dibagian depan dan 180/55 dibagian belakang dengan velg berukuran 17 inci.

Fiturnya juga gak main-main, walaupun bertampang jadul tapi sudah lengkap dan canggih. Lampunya sudah LED, begitu pun dengan lampu seinnya. Panel speedometernya sudah TFT berwarna yang bisa terkoneksi dengan smartphone. Punya 3 mode riding juga beragam control elektronik seperti Cruise control, wheelie control, cornering ABS, assist and sliper clutch hingga quick shifter.

Untuk harga Yamaha XSR900 GP MY 2024 ini belum diumumkan, kemungkinan akan dijual mulai tahun 2024 mendatang dengan dua pilihan warna diantaranya warna trico merah, putih kuning dan satu lagi warna hitam silver.

Oh ya, kosep seperti ini saat ini sepertinya masih sangat sedikit persaingannya. Jika dilihat dari bentuknya mungkin cocoknya motor ini akan jadi pesaing MV-Agusta dan juga Triumph .Nah, kira-kira XSR155 bakal ada versi GP-nya gak ya? cakep nih kalau ada, hehe…

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!