Honda NW F125 2024, Skutik Retro Canggih dengan Kunci NFC dan Speedo TFT Warna

Warungasep.net – Coba tebak, foto panel speedometer diatas milik motor apa? Pasti kalian enggak akan menyangka jika panel meter tersebut adalah milik produk Honda. Namanya adalah Honda NW F125 2024 yang baru rilis tanggal 18 Mei kemarin di negara Tiongkok. Penasaran seberapa canggihnya skutik retro Honda yang bisa dibilang saudara jauh Stylo 160 dan Giorno 125 ini? Yuk kita ubek-ubek lebih detail lagi…

Sebelumnya perlu kalian ketahui jika Honda NW F125 ini merupakan produk dari Wuyang Honda. Model ini berbeda dengan Honda NS125LA yang merupakan produk Sundiro Honda. Dualisme APM(Agen Pemegang Merk) tersebut membuat keduanya memiliki model skutik retro yang berbeda dengan keunggulan masing-masing.

Dibanding NS125LA, NW F125 ini jelas lebih unggul dari segala sisi, baik dari segi desain. Pihak Wuyang menyebut jika motor skutik ini mengadopsi perpaduan gaya skutik retro Italia dengan kearifan desain lokal China. Skutik ini pun memiliki tagline “Pejuang Hexagonal”, walaupun bisa kita lihat, shape motor ini lebih cenderung serba membulat atau rouded ketimbang segi enam, hehe…

Desainnya cukup sederhana, simple enggak banyak lekukan tapi memiliki aura retro yang kuat. Seperti motor skutik classic pada umumnya, NW F125 memiliki desain headlamp di batok stang kemudi, lampu sein yang minimal dengan lampu serba LED, ban dengan velg 12 inci dengan ukuran 90/90 dikeduanya. Bodi membulat yang menutup sebagian ban belakang dan salah satu ciri khas skutik retro, motor ini memiliki aksen eksterior berbentuk dasi dibagian bodi depan.

Bukan hanya dari segi desain, dari dapur pacunya pun pihak Wuyang menggunakan platform mesin baru. Berbeda dengan skutik Honda lainnya, NW F125 ini menggunakan mesin eSP 125cc baru ditandai dengan engine mounting yang berada diatas, membuat posisi mesin menggantung pada bagian frame untuk menjaga sepeda motor lebih stabil dan minim getaran.

Mengusung mesin 125cc eSP yang tentunya kini sudah dilengkapi fitur ACG starter dan Idling stop system, skutik ini memiliki tenaga maksimum diangka 7 Kw dan torsi 10 Nm, Skutik ini diklaim mampu diajak irit hingga 2,5 liter untuk menempuh jarak 100 km . Kapasitas tangki yang cukup besar hingga muat 5,7 liter, dan walaupun enggak pakai rangka eSAF tapi memiliki bobot yang ringan hanya 107 kg sehingga diklaim mampu mencapai top speed 90 km per jam.

Desain dan spek mesin tentunya memiliki nilai lebih, tapi kita belum membahas fitur dari skutik retro ini. Pihak Wuyang melakukan langkah inovatif dan revolusioner untuk produk terbaru mereka ini. Salah satu yang kita lihat adalah pada bagian panel speedometer yang menggunakan model TFT warna. Tentunya ini menjadi skutik Honda pertama yang menggunakan model panel meter seperti ini. Good Job Honda, ehhh Wuyang Honda! hehe…

Fitur konektifitas smartphone sudah tentu ada, sehingga bisa melakukan proyeksi layar untuk menampilkan peta navigasi dan beragam hal canggih lainnya. Tapi tidak berhenti sampai disitu, untuk versi tertinggi Honda NW F125 ini juga bisa terkoneksi dengan kamera aksi DJI Osmo Action 4 sehingga bisa merekam aksi baik foto dan video yang dipermudah dengan tombol khusus yang terintegrasi di bagian saklar di stang kemudi.

Coba kalian lihat saklarnya juga, ternyata berbeda dengan skutik Honda pada umumnya. Terlihat saklarnya memiliki bentuk dan komposisi yang berbeda, lebih banyak tombol dan memiliki warna latar berwarna biru. Terkesan lebih fituristik, dan pastinya bakal banyak yang mengira jika motor seperti model EV atau motor listrik.

Tak hanya itu, kecanggihan lainnya dari skutik ini adalah memiliki fitur Smartkey system yang bukan hanya pakai remote, tapi sudah menggunakan fitur NFC via smartphone. Langkah revolusioner tersebut hasil kerjasama Wuyang-Honda dengan aplikasi Wi-Box.

Pihak Wuyang menjual motor ini dengan beragam versi. Ada versi standar yang masih menggunakan rem Combi Brake System (CBS) ada juga versi teratas yang menggunakan rem Antilock Braking System (ABS), Bahkan untuk versi teratasnya lagi ada versi Pro yang dijual include akasesoris Top Box yang untuk membuka tutupnya cukup menekan tombol di saklar atau via aplikasi di smartphone. Wuuihhh, canggih juga ya…

Sedangkan untuk harganya, Honda NW F125 versi 2024 ini belum diumumkan harga resminya namun memiliki beragam varian dengan total 8 pilihan warna, salah satunya ada varian warna yang mirip Honda Stylo yakni warna hijau yang menjadi trend warna untuk model tahun 2024.

Nah, kira-kira fitur NFC dan saklar model baru ini bakal di terapin di semua skutik Honda kedepannya enggak ya? Kita tunggu saja…

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!