TVS X Electric Rilis di India, Desain dan Fiturnya Bikin Motor Jepang Terlihat Jadul!

Warungasep.net – Setelah sukses dengan TVS i-Qube, mereka merilis motor listrik baru lagi yang diberi nama TVS X Electric, Memiliki nama yang simple, tapi justru menghadirkan sebuah maha karya yang memukau. TVS berhasil meracik sebuah electric skuter yang punya desain dan fitur yang “kurang ajar” banget, karena bisa bikin motor-motor listrik produk Jepang jadi terlihat kuno dan jadul. Penasaran? Yuk kita intip lebih detail…

Entah apa yang merasuki TVS, Brand India ini sepertinya melakukan reformasi besar-besaran di sektor desain line up produk terbarunya. Pertama kita bahas desainnya, jika biasanya produk motor-motor India ini memiliki bentuk desain yang serba bulat, bengkak dan enggak karuan, TVS X ini hadir mematahkan stigma tersebut dengan konsep desain yang sporty juga futuristik. Langkah revolusioner TVS ini berpotensi bisa menjadikan salah satu brand India menjadi trendsetter baru untuk motor-motor negeri Vrindapan kedepannya.

Bisa kalian lihat, model motor listrik baru TVS ini sangat beda dengan motor listrik kebanyakan. Bisa dibilang desainnya antimainstream dan radikal. Bayangkan saja, bentuknya seperti moge Italia dengan suspensi horizontal monoshock disebelah kanan, body belakang yang sporty dan area tengah yang mengekspose bagian sasis model twinspar yang bisa dibilang eksotik.

Yang menarik adalah desain headlamp yang unik. Terpusat dibagian tengah dengan proyektor LED bertumpuk secara vertikal. Ditambah lampu DRL dibagain bawah dan lampu sein yang membentuk mata yang terlihat futuristik. Melihat konsepnya skuter sport dengan ban 12 inch, motor ini mirip dengan konsep yang ditawarkan Kymco lewat Kymco F9, Felo FW-06 juga CFMoto Zeeho yang sudah ada di Indonesia.

Untuk fiturnya lebih gokil lagi, TVS membenamkan panel meter full TFT digital 10 inch. Jika dilihat, motor listrik ini seperti membawa televisi LED dibagian setang kemudi, gede banget! hehe… Tentunya dengan beragam fitur canggih seperti konektifitas smartphone TVS NavPro yang merupakan next generationnya SmartXonnect yang bisa menampilkan navigasi, panggilan telepon dan juga beragam entertainment yang lebih canggih.

Ditambah lagi terdapat 3 riding mode diantaranya Xtride, Xonic, dan Xtealth, pembaruan OTA juga memiliki fitur cruise control dan rem Antilock Braking System single channel. Selain itu TVS juga membenamkan fitur TVS Smart Xhield yang merupakan fitur keselamatan proaktif seperti peringatan tabrakan dan peringatan derek.

Untuk mesinnya, TVS X ini memiliki daya 11 kw atau setara skutik 150cc lengkap dengan ram air untuk sistem pendinginan, didukung baterai berkapasitas  4,44kWh yang bisa dibawa sejauh 104 km dalam sekali pengecasan. Oh ya, baterainya menggunakan model fixed ya bukan swap. Dan yang menarik motor ini mampu berakselerasi dari 0 hingga 40 meter hanya dengan 2,6 detik saja dan top speednya bisa mencapai 105 km per jam. Wah kalah nih Vario saya, hehe…

Pihak TVS India mengumumkan harga TVS X yang memiliki arti Xleton ini dibanderol INR 2,49,990 (Ex-showroom Bengaluru) atau jika dikonversikan kedalam rupiah sekitar Rp. 46 jutaan, tentunya dalam kondisi off the road ya.

Dan yang menarik karena TVS merupakan anggota AISI, tak menutup kemungkinan jika motor listrik ini juga akan hadir di Indonesia menyusul TVS i-Qube yang sudah duluan hadir disini, ayekkk….

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!