Honda Tapas 2024, Skutik Retro Honda Yang Kurang Dikenal

Warungasep.net – Bicara skutik Honda, Orang Indonesia tentunya kenal dengan Honda Scoopy yang bahkan menjadi salah satu skutik terlaris di pasar domestik tanah air. Di Thailand sana, ada satu lagi skutik retro yang beru memulai debutnya yaitu Honda Giorno 125, di China ada Honda NS125LA, di Jepang ada Honda Giorno 50 dan di Amerika ada Honda Metropolitan. Lalu, apakah kalian kenal dengan skutik retro Honda Tapas 100? Seperti ini penampakannya.

Desain skutik ini cukup mempresentasikan skutik bergaya retro yang unik dan fashionable. Sama seperti skutik bergaya classic pada umumnya, skutik ini memiliki desain bodi yang membulat, spakbor bulat, termasuk spion dan bentuk panel speedo yang semuanya melingkar-lingkar.

Yang unik adalah desain lampunya yang berada di bodi depan. Berbeda dengan versi sebelumnya yang menggunakan single headlight, skutik pesaing Yamaha Jog dan Suzuki Lets ini kini menggunakan single headlamp projie yang terpusat dibagian tengah yang diapit dengan dua buah DRL LED berbentuk bulat. Sehingga jika dilihat dari depan, skutik ini tampak memiliki dua buah mata lampu. Sedangkan lampu sein berada di samping lampu utama kiri kanan yang membuat tampilannya semakin unik.

Walaupun bergaya jadul, tentunya skutik ini sudah syarat akan fitur-fitur modern, diantaranya lampu yang sudah serba LED termasuk lampu depan dan belakang, kemudian terdapat socket charger USB dibagian depan dan juga tak ketinggalan fitur smartkey atau keyless yang menjadi fitur standar.

Sayangnya, untuk panel meternya masih menggunakan model analog, termasuk dengan odometernya yang masih pakai model jadul, hehe… Walaupun begitu, Honda Tapas ini memiliki dimensi yang compact, dengan dek rata yang cukup lega dan bagasi dibawah jok yang muat helm.

Oh ya, untuk memperkuat kesan retronya, dibagian joknya memiliki tekstur bergelombang ala-ala motor cafe racer, juga diberi tambahan aksesories bagasi lipat dibagian depan dan belakangnya sebagai fitur standar.

Untuk spesifikasinya, Honda Tapas ini mengusung mesin 102cc 1 silinder berpendingin udara, dengan kompresi 9.5;1, motor ini memiliki power maksimum diangka 5,3 Kw atau setara 7,1 Hp pada putaran 7500 rpm dan torsi diangka 7,4 Nm pada 6000 rpm yang mampu mencapai top speedo 80 km per jam.

Dengan bobot yang sangat ringan hanya 99 kg, motor ini bisa diajak irit 2,3 liter untuk menempuh 100 km, tentunya lumayan aman diajak perjalan agak jauh karena memiliki kapasitas tangki 5,5 liter, Dan yang membuatnya tampak mungil, karena menggunakan ban dengan ukuran 10 inch.

Skutik ini memang kurang dikenal atau enggak populer karena pada dasarnya skutik retro Honda ini hanya dijual secara domenstik di negeri Tiongkok saja. Produsennya adalah Wuyang Honda yang merupakan salah satu ATPM brand Honda untuk negara tersebut.

Terakhir, harga Honda Tapas 2024 ini dibanderol dibanderol 8280 Yuan atau setara Rp. 18 jutaan, lebih murah dari Scoopy dong tentunya. Tapi harga tersebut masih dalam kondisi off the road sih biasanya, hehe… Skutik ini dijual dalam 3 pilihan warna, diantaranya warna merah putih, biru dan coklat.

Nah, kira-kira bagusan mana dengan Scoopy atau Giorno? Silakan share komentaranya…

 

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!