KTM Duke 390 2024 Punya Wajah Baru, Lebih Berotot dan Kencang!

Warungasep.net – Setelah muncul spyshotsnya, akhirnya KTM Duke 390 2024 resmi dirilis di tanah Eropa lebih tepatnya di Austria yang menjadi negara asalnya. Duke baru hadir dengan wajah baru yang lebih agresif, masih memperetahankan konsep desain yang sama seperti sebelumnya, namun dengan banyak perubahan yang paling kelihatan adalah desain bodi yang lebih bulky berotot, shroud dan body belakang yang lebih tajam yang beda dari sebelumnya juga perubahan di sektor rangka dengan inovasi baru dan peningkatan performa.

Pertama kita bahas desainnya. Bisa dibilang Duke 390 ini beda banget dimana jika Duke versi sekarang dijual terkesan ramping dengan memperlihatkan rangka yang terbuka dari tengah ke belakang, sedangkan yang baru ini pihak KTM Austria melakukan invonasi dimana menggabungkan dua jenis rangka atau frame dimana dibagian tengah ke depan menggunakan frame jenis teralis baja yang saling silang sedangkan dari tengah ke belakang menggunakan model rangka yang terbuat dari alumunium diecast yang membentuk body belakang.

Perubahan lainnya juga terdapat pada triple clamp dan swing arm baru yang bentuknya melengkung, serta posisi dudukan suspensi belakang yang berada di samping kanan, perubahan juga ada pada tempat duduk, sehingga membuat ergonomi riding aksebilitas yang lebih tanpa mengesampingkan stabilitas pengendalian motor.

Motor baru tentunya harus upgrade baik segi fitur maupun performa mesin, dan itulah yang disajikan oleh KTM. Duke 390 versi 2024 ini pun kini hadir dengan mesin baru dengan peningkatan kubikasi mesin dari semula hanya 373cc menjadi 398,7cc tapi masih satu silinder DOHC berpendingin cairan dan sudah Euro5. Tenaganya pun meningkat dari 43,5 PS menjadi 44,9 PS bergitu juga torsinya menjadi 39 Nm. Knalpotnya pun berubah menjadi model underbelly, berbeda dengan versi sebelumnya yang menggunakan knalpot panjang. Untuk lebih lengkapnya lihat dibawah ini :

Spesifikasi KTM DUKE 390 2024

ENGINE
TORQUE : 39 Nm
TRANSMISSION : 6-speed
BATTERY CAPACITY : 8 Ah
COOLING : Liquid cooled
POWER IN KW : 33 kW
STARTER : Electric starter
STROKE : 64 mm
BORE : 89 mm
CLUTCH : PASC™ antihopping clutch, mechanically operated
DISPLACEMENT : 398.7 cm³
EMS : Bosch EMS with RBW
DESIGN : 1-cylinder, 4-stroke engine
LUBRICATION : Wet sump
CHASSIS
WEIGHT (WITHOUT FUEL) : 165 kg
FRONT BRAKE DISC DIAMETER : 320 mm
REAR BRAKE DISC DIAMETER : 240 mm
FRONT BRAKE : Four-piston radial fixed calliper, brake disc
REAR BRAKE : 2 piston floating caliper
CHAIN : 520 X-Ring
FRAME DESIGN : Steel trellis frame, powder coated
FRONT SUSPENSION : WP APEX 43
REAR SUSPENSION : WP APEX – Monoshock
SEAT HEIGHT : 820/800 mm
SUSPENSION TRAVEL (FRONT) : 150 mm
SUSPENSION TRAVEL (REAR) : 150 mm

Versi sebelumnya juga sudah paling lengkap, diantaranya Throttle by wire, panel meter TFT warna 5 inch, Shock depan WP APEX Open Cartridge diameter 43 mm dengan setelan 5-click pada rebound dan compression, begitu juga dengan shock belakang yang lebih canggih. Tak ketinggalan riding mode yang disempurnakan dengan tambahan Cornering ABS, Launch control dan Traction Control.

Untuk harganya tentu belum diumumkan, tapi untuk versi 2024 KTM Duke 390 ini dijual dalam 2 pilihan warna diantaranya warna biru Atlantic Blue dan Signature Electric Orange.

Hmmm, kapan ya masuk ke Indonesia? Pasti diatas 100jutaan nih, hehe…

2 Comments

    • KTM memang gak pernah gagal desain motor Duke, tapi selalu gagal dalam mendesain KTM RC, hehe.. itu pandangan subjektif saya hehe

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!