TVS Apache RTR 310 2023, BMW G310S Yang “diacak-acak” Jadi Ganteng

Warungasep.net – Lagi dan lagi pabrikan asal India TVS motor kembali menggebrak pasar sepeda motor global. Kali ini mereka merilis TVS Apache RTR 310 2023. Motor bergenre street fighter yang merupakan versi naked dari sport fairing TVS Apache 310RR. Yang menarik, TVS menawarkan konsep desain yang tidak seperti motor India pada umumnya, dilengkapi fitur lengkap dan modern juga basic mesin BMW yang terjamin performanya sehingga motor ini berpotensi menjadi idola baru pada pecinta motor naked bukan cuma di pasar domestik India tapi juga pasar Global dan termasuk Indonesia.

Seperti yang kita tahu jika TVS melakukan kerjasama bisnis dengan perusahaan Jerman, BMW. Dimana mereka menjual masing-masing produk dengan basic platform mesin dan rangka yang sama. Jika BMW memiliki 3 varian diantaranya BMW G310GS untuk sport adventure , BMW G310RR untuk sport fairing dan BMW G310R untuk versi sport nakednya.

Nah, TVS sebelumnya hanya memiliki 1 varian saja yaitu TVS Apache 310RR hingga akhirnya tepat tanggal 6 September 2023 kemarin, versi nakednya TVS Apache RTR 310 melakukan debut perilisan perdananya di Thailand. Yang menarik berbeda dengan BMW G310R yang cenderung kalem, sodaranya dari pabrikan India ini seperti mengacak-acak tampilan RTR 310 ini menjadi lebih agresif bergaya streetfighter ala-ala moge Eropa.

Sekilas RTR 310 ini malah seperti gabungan desain beberapa moge. Secara keseluruhan mirip seperti Ducati Streetfighter V4 terutama bagian cover radiatornya, tapi bagian depannya memiliki desain headlamp yang lebih rendah ala-ala Yamaha MT-09 versi lawas yang keren itu. sasis model teralis ala-ala MV-Agusta, Subframenya menggunakan model alumunium ala KTM Duke 390 tapi tentunya TVS masih membawa cita rasa India yang khas seperti body belakang “bertanduk” jok super tebal dan sari guard dibagian roda belakang serta footpeg ala Supra Bapack, hehe..

Bukan hanya desain yang menjadi nilai jual lebih, TVS justru menawarkan fitur-fitur canggih yang sepertinya belum dimiliki pesaing di kelasnya. Sebut saja, Throttle by wire dengan throttle body 46mm sehingga memungkinkan memiliki 5 riding mode (Sport, Track, Supermoto, Urban dan Hujan rintik-rintik), Quick shifter dan bahkan Cruise Control ala moge touring. Bahkan untuk panel speedometernya sudah menggunakan panel meter full TFT warna yang bahkan bisa terkoneksi dengan smartphone lewat bluetooth.

Untuk performa mesinnya juga lebih kencang bahkan jika dibandingkan sodaranya BMW. Mengusung konfigurasi mesin terbalik yang unik 321cc 1 silinder DOHC berpendingin cairan, powernya diatas kertas mencapai 35,6 PS @ 9.700 RPM dan torsi maksimum 28,7 Nm @ 6.650 RPM. Lebih besar powernya jika dibanding BMW G310RR yang hanya 33 Hp saja.

Menurut pengetesan mereka, motor ini mampu mencapai topspeed 150km per jam memiliki akselerasi dari 0 – 100 km per jam hanya 7,1 detik saja. Motor ini memiliki bobot 169kg,  jok 800mm, kapasitas tangki 11 liter dan ukuran ban gambot 110/70-17 dibagian depan dan 150/60-17 inch dibagian belakang.

Terakhir, untuk harga Apavhe RTR 310 2023 ini pihak TVS India membanderolnya dengan harga 242.990 Rupee atau jika dikonversikan kedalam rupiah setara dengan Rp. 43,6 jutaan. Wow terbilang murah ya, tentunya harga disana masih dalam kondisi off the road. Dan dijual dalam 2 pilihan warna diantaranya warna kuning dan hitam strip merah.

Nah, kira-kira jika masuk ke Indonesia jadi berapa ya?

1 Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!