Valentino Rossi Pensiun!!! 26 Tahun Karir Dari Aprilia dan Berakhir di Yamaha…

Valentino Rossi Petronas 2021

Warungasep.net – Sudah tua sudah waktunya punya cucu, ini malah balapan bersama bocah-bocah… Itulah Valentino Rossi, pembalap Italia berusia 42 tahun ini sudah menjalani 26 tahun atau lebih dari separuh hidupnya balapan di kelas grand prix world champonship. Namun kemarin tanggal 5 Agustus 2021, 3 hari menjelang balapan GP Styria di Austria, pembalap berjuluk “The Doctor” ini resmi menyatakan pensiun.

Dalam konferensi pers yang digelar di Austria kemarin, Rossi mengungkapkan pernyataan dirinya yang mengejutkan. Ia merasa sedih karena setengah musim Motogp 2021 akan dihabiskan sebagai akhir karirnya di Motogp. Berikut pernyataannya :

” Aku memutuskan untuk pensiun di akhir musim 2021 jadi ini akan menjadi setengah musim terakhirku sebagai pebalap MotoGP. Ini adalah keputusan sulit. Ini momen yang menyedihkan, karena sulit untuk mengatakan dan sadar bahwa tahun depan aku tidak akan membalap lagi diatas motor,” Ungkap Rossi.

Lanjut, pembalap kelahiran Urbino 16 Februari 1979 ini menambahkan jika ia sebenarnya memliki kesempatan membalap bersama adiknya di timnya sendiri, namun ia lebih memutuskan untuk pensiun.

” Aku telah melakukan ini selama kurang lebih 30 tahun! Jadi tahun depan hidupku akan berubah. Tapi bagaimanapun ini adalah perjalanan luar biasa. Aku sangat menikmatinya. Ini adalah perjalanan yang sangat panjang. Benar-benar berkesan…. karena melewati 25-26 tahun dalam kejuaraan dunia….

Saya mendapat tawaran dari tim saya untuk tahun depan. Tetapi saya berpikir secara mendalam untuk melanjutkan karena saya suka balapan di tim saya. Kami memiliki tim Moto2 dan Moto3 kami, dengan banyak orang yang saya kenal sejak lama. Misalnya, saya memiliki beberapa mekanik yang bekerja dengan saya di kelas 250cc. Benar, akan sangat menarik untuk balapan dengan tim saya, tetapi pada akhirnya saya memutuskan untuk tidak melakukannya. Aneh jika saya harus mengganti motor [dari Yamaha ke Ducati]. Saya berpikir akan memiliki satu musim saja, mungkin risikonya lebih dari hal-hal baik. Jadi untuk [alasan] ini saya memutuskan [tidak membalap di Aramco].” tutupnya.

Nah, bicara soal Rossi walaupun sudah tua dan pembalap seangkatannya sudah banyak yang lebih dulu pensiun. Pembalap bernomor start #46 ini sudah melewati 26 musim dan sudah menorehkan prestasi 9 kali juara dunia, 115 kemenangan dan 235 podium sepanjang karirnya.

Rossi memulai debut balapannya di tahun 1996 di kelas GP125 bersama team Aprilia menggunakan Aprilia RS125 dan langsung juara dunia di tahun berikutnya, tahun 1998 Rossi naik ke kelas GP250 dan masih di Aprilia, hingga akhirnya pindah ke tim Honda di awal Milenium menggunakan motor 2 tak Honda NSR500 dan Juara Dunia di tahun kedua.

Di awal era Motogp motor 4 tak di tahun 2002, Rossi pun naik ke tim pabrikan Repsol Honda menggunakan motor RC211V dan 2 kali juara dunia, hingga akhirnya pindah ke team Yamaha di tahun 2004 hingga berada di puncak karirnya tahun 2009 sebagai juara dunia.

Sempat pindah team ke Ducati di tahun berikutnya, hanya bertahan 2 tahun dari 2010 dan 2011 hingga kembali lagi bersama Yamaha selama 8 tahun bersama team pabrikan dan tahun ini tahun 2021 menjadi akhir karirnya masih tetap bersama Yamaha, namun bersama team satelit Petronas SRT Yamaha.

Berikut ini adalah perjalanan karir Rossi dari tahun 1996 hingga tahun 2020 :

Sumber : Wikipedia

Sayangnya, dengan berakhirnya karir The Doctor, publik tanah air khususnya fans VR46 sepertinya tidak bisa melihat aksinya balapan di Mandalika musim depan, padahal Indonesia merupakan penonton juga fans terbesar di dunia. Tapi tenang, sekarang sudah banyak pembalap baru yang lebih hebat dari Rossi, sekarang eranya Quartararo, Marc Marquez dan juga para pembalap-pembalap Rookie yang pastinya akan lebih hebat dari Rossi, tapi tetap Rossi masih menjadi legenda dan menjadi salah satu Icon Motogp sekaligus Icon balap Motor di dunia…

Be the first to comment

Komen Gratis !