Vespa Listrik “Ori” Resmi Rilis di Indonesia, Harganya 20 Kali Lipat “Vespa Listrik KW”

Warungasep.net – Butuh setidaknya 5 tahun untuk Piaggio Indonesia memboyong Vespa Listrik mereka ke Indonesia, karena kemarin mereka resmi merilis produk baru mereka yaitu Vespa Elettrica, skutik klasik legendaris yang siap menyongsong masa depan dengan teknologi dan kecanggihan modern guna memenuhi gaya hidup yang fungsional di masa kini. Tentu motor listrik asal Italia ini begitu sangat dinantikan, tapi sebelum pergi ke dealer Motoplex buat membelinya kalian harus ketahui dulu harganya.

Itu karena harga Vespa Elettrica ini dibandrol Rp. 198.000.000 on the road Jakarta. Bayangkan harga hampir atau bahkan dua kali lipat dari harga Vespa-vespaan listrik versi KW yang sudah tersebar luas bahkan laris manis di tanah air. Yaah, telat sih Piaggio rilisnya disini, hehe…

Walaupun memang sangat enggak ideal buat kaum mendang-mending(kayak saya hehe…) tapi tentunya brand image Vespa yang penuh ekslusifitas produk premium khas Italia dan menjadi ikon gaya hidup kekinian pastinya motor listrik Vespa ini akan selaris motor Vespa versi bensinnya.

Bicara soal desain, kalian bisa lihat bentuk bodi terbuat dari baja sesuai dengan tradisi Vespa yang ditegaskan oleh livery khusus dalam warna Azzurro Elettrico yang membentang sepanjang perimeter perisai motor. Kemudian, dekorasi ‘neck-tie’, tepi velg roda, nama ‘Elettrica’ dan trim jok dengan lapisan abu-abu futuristik pada bodi menambah kesan ikonik.

Vespa Elettrica dirancang untuk berkendara dalam kota dengan kecepatan maksimum sekitar 67 km/jam. Mobilitas ini didukung oleh optimalisasi pada sejumlah komponen, seperti Power Unit, Vehicle Management System, dan baterai. Optimalisasi tersebut memungkinkan Vespa Elettrica menjadi solusi mobilitas yang menawarkan performa kendaraan andal dalam berbagai situasi perjalanan di dalam kota.

Vespa Elettrica ditenagai oleh baterai lithium-ion yang modern, mirip dengan smartphone kelas atas. Daya jelajah Vespa Elettrica dapat menjangkau hingga 100 km dalam mode ECO, serta jarak maksimal 70 kilometer dalam mode POWER, berkat fitur Kinetic Energy Recovery System (KERS) yang membantu efisiensi pengisian daya.

Fitur ini juga memungkinkan mengisi ulang baterai selama fase perlambatan kecepatan saat berkendara. Selain itu, untuk mengisi daya secara optimal, pengguna cukup menarik kabel dari kompartemen di bawah jok, di mana biasanya terletak tutup bahan bakar, dan menyambungkannya ke stop kontak langsung. Konsumen juga bisa memasangkan kabel ke stasiun pengisi daya publik yang kini jumlahnya semakin bertambah di kota-kota besar. Waktu standar yang dibutuhkan untuk pengisian penuh adalah setidaknya 4 hingga 8 jam (dengan tegangan 220 V dan tergantung pada kondisi sekitar serta suhu baterai saat pengisian).

Sementara Power Unit di dalam Vespa Elettrica mampu memberikan daya sebesar 3,6 kW dan daya puncak 4 kW, dengan torsi sekitar 200 Nm. Tenaga sebesar itu bisa dirasakan saat berakselerasi, tergantung pada kebutuhan berkendara, berkat desain motor listriknya yang khas dan mengesankan.

Memanjakan penggunanya PT Piaggio Indonesia juga memberikan garansi baterai selama 3 tahun dan baterai Vespa Elettrica sepenuhnya bebas perawatan. Baterainya memberikan efisiensi yang sangat baik, yaitu hingga 1000 siklus pengisian penuh. Bahkan setelah itu, baterai masih mempertahankan 80% kapasitasnya dan tetap dapat digunakan dengan sempurna. Terletak di bawah kompartemen helm, battery pack ini tidak mengorbankan fungsionalitas kompartemen jok Vespa Elettrica. Untuk memberikan kenyamanan yang lebih lagi bagi pengguna, baterai Vespa Elettrica telah memenuhi sertifikasi IP65, menjadikannya tahan terhadap debu dan air tekanan rendah.

Walaupun bertampang klasik tapi Vespa Elettrica dirancang untuk mendukung gaya hidup masa kini yang saling terkoneksi. Tidak hanya senyap, ramah lingkungan, nyaman dan kuat tetapi juga saling terhubung secara digital. Vespa Elettrica kompatibel dengan sistem VESPA MIA yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan smartphone ke kendaraan melalui Bluetooth. Didukung pula dengan panel instrumen digital yang menggunakan layar TFT berwarna ukuran 4,3 inci.

Dengan teknologi yang disematkan ini, pengguna dapat dengan mudah mendapatkan informasi utama kendaraan seperti kecepatan, mode berkendara, jarak tempuh yang tersisa dalam km, serta tingkat pengisian baterai (%). Bahkan, dalam panel tersebut, pengguna dapat melihat informasi yang lebih luas termasuk waktu dan jarak tempuh, kualitas berkendara ramah lingkungan, serta kapasitas energi. Selain itu, dapat ditampilkan pula statistik pada 30 perjalanan terakhir, push notification tentang status pengisian baterai, jumlah siklus pengisian ulang yang dilakukan, dan masih banyak lainnya.

Sistem konektivitas tersebut dapat dengan mudah dikelola melalui joystick praktis yang terletak di blok kontrol pada setang kanan. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menjawab panggilan dan menggunakan perintah suara smartphone untuk melakukan panggilan atau memutar musik dari playlist pengguna sendiri.

Buat kalian yang penasaran dengan motor lisrik asli dari Vespa ini bisa dilihat langsung atau di beli di ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di BSD Tangerang besok. ciaoo…

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!