Bukan Lagi JDM, Honda NX400 2024 Juga Hadir di Tiongkok?!

Warungasep.net – Jepang memang punya market yang special dan ekslusif alias JDM atau Japan Domestic Market, beberapa produk yang dijual disana terkadang tidak dijual di negara lain. Seperti contoh ketika Honda memiliki produk global moge 500cc series, maka di negara tersebut memiliki kubikasi tersendiri yakni hanya 400cc. Walaupun secara spek memang yang lebih kecil, tapi untuk desain fitur dan lainnya dipastikan sama. Nah, di artikel ini saya akan membahas mengenai Honda NX400 2024, dimana motor kini statusnya bukan cuma sekedar JDM tapi juga dijual di negara lain, salah satunya di negara Tiongkok. Wah, jadi enggak ekslusif lagi dong? hehe….

Honda NX400 ini merupakan successor daripada Honda CB400X yang kini berubah nama. Sama seperti NX500 yang merupakan versi globalnya, bigbike Honda ini memiliki konsep motor sport adventure touring yang berubah desainnya. Yang paling kentara adalah perubahan pada sektor lampu depan yang menjadi lebih simple, minimalis namun masih mempertahankan karakter motor petualang yang kuat seperti winshield tinggi, shrod yang kekar dan juga kaki-kaki yang menggunakan ukuran ban asimertris dengan 19 inci dan belakang 17 inci.

Satu-satunya yang berubah dari model ini adalah tidak adanya duckfender yang menjadi ciri khas di model sebelumnya. menjadikan motor ini tampak seperti motor-motor bergaya balap rally sehingga memiliki aura yang berbeda.

24YM NX500

Sedangkan untuk fiturnya, motor ini masih mempertahankan keunggulan shock breaker depan upside down SFF-BP yang sangat mumpuni performa peredamannya dipadukan dengan double front disc brake dengan kaliper radial yang menjadi ciri moge sejati.

Selain lampu yang sudah serba LED, model ini juga dilengkapi fitur-fitur yang lebih advance diantaranya panel meter yang kini sudah pakai model TFT warna, perubahan juga terdapat dari model saklar pada setang kemudi sebelah kiri yang kini terdapat tombol navigasi untuk mengoperasikan panel meter menjadi lebih mudah dan praktis. Tentunya fitur HSCT atau traction control dan sistem rem ABS menjadi fitur prioritas pada moge ini sehingga menjadi lebih safety.

Untuk mesinnya sedikit berbeda dengan NX400 yang ada di Jepang, walaupun sama-sama memiliki kubikasi mesin 399cc DOHC inline twin 6 speed berpendingin cairan, tapi tenaga motor NX400 versi Tiongkok ternyata lebih kecil hanya 33 kw dan torsi 37 nm, sedangkan versi Jepang mencapai 34 kw atau setara 46 PS. Sedangkan untuk spesifikasi lainnya terbilang identik termasuk kapasitas tangki yang mencapai 16 liter dan bobot 194 kg. Yang beda cuma tinggi joknya saja dimana untuk versi Jepang lebih rendah hanya 785mm sedangkan untuk versi China sedikit lebih tinggi mencapai 802mm.

Terakhir, untuk banderol harga 35ribu Yuan atau setara Rp. 72jutaan dan 45ribu Yuan untuk versi full aksesories lengkap dengan engine guard dan side box, harga tersebut lebih murah dibanding NX400 versi Jepang yang dibanderol 891.000 Yen atau setara Rp. 87,2 jutaan. Wajar saja, karena pihak Honda China mendatangkan motor ini secara CKD, tapi tentunya untuk versi Indonesia akan lebih mahal, hehe… Itupun kalau AHM mau mendatangkan motor ini sebagai facelift daripada CB500X, kita tunggu saja…

Oh ya, selain NX400, Honda Tiongkok juga menjual diversifikasi model lainnya yakni CB400X dan juga CBR400R versi 2024.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!