Hasil Motogp Catalunya 2023, Harinya Aprilia… Aleix Espargaro Double Winner!

Warungasep.net – Aleix Espargaro berhasil memenangkan Motogp Catalunya 2023. Aleix menyempurnakan kemenangan setelah menang di balapan sprint Sabtu kemarin dan di main race hari ini. Bahkan bisa dibilang GP Catalunya ini menjadi harinya Aprilia dimana mereka mencatatkan sejarah untuk pertama kalinya berhasil finish 1 dan 2 secara barengan karena Maverick Vinales berhasil finish kedua. Dan Martin menempati urutan ke-3. Namun balapan hari ini diwarnai insiden di awal lap dimana sempat dihentikan pasca insiden tabrakan yang juga membuat Pecco gagal finish pasca terjatuh dan terlindas kakinya.

Jalannya balapan, Lampu hijau menyala pembalap mulai mamcu motornya, Pecco langsung memimpin selepas start, namun di tikungan pertama terjadi insiden tabrakan yang melibatkan banyak pembalap, Dimulai ketika Enea yang menabrak rider Gresini Alex Marquez dan Di Gia juga Bezzecchi hingga terjadi tabrakan karambol. Tak sampai disitu, beberapa tikungan kemudian Pecco yang sedang memimpin terjatuh hi side hingga akhirnya balapan pun dihentikan dan bendera merah berkibar.

Dikabarkan Pecco sepertinya mengalami cedera serius karena terlihat ketika terjatuh, kaki Pecco terlindas motor KTMnya Brad Binder. Pecco dinyatakan baik-baik saja tapi dibawa menggunakan Ambulance ke luar lintasan.

Balapan pun dilanjutkan beberapa menit kemudian dengan hanya 23 lap saja. Jorge Martin memanfaatkan moment ketidakberadaan Pecco dengan langsung memimpin balapan. Namun beberapa tikungan kemudian Vinales berhasil merebut poisisi pertama. Memasuki lap kedua, Vinales memimpin diikuti Martin, Aleix, Oliveira, Zarco dan Miller. Marc Marquez yang start di P11 kini berada di P9.

Lap 3, Martin turun ke P3 setelah disalip Martin. Duo Aprilia terdepan. bahkan di lap4 Miguel Oliveria menyempurnakan 3 posisi terdepan ditempati Aprilia. Fabio Quartararo berhasil naik ke P8 ssetelah menyalip Marquez dan Di Gia. Binder DNF.

Beberapa lap kemudian balapan menjadi mode membosankan dimana tidak ada saling salip, hehe… Vinales makin ngacir didepan dan dibuntuti rekan setimnya, Aleix Espargaro. Dan barulah di lap ke-9, Marc Marquez mendapat perlawanan dari Augustu Fernandez hingga akhirnya sang juara dunia Motogp harus menyerahkan P11 kepada sang rookie dari team GASGAS.

Lap 10, Martin berhasil singkirkan Oliveira dari P3. Dan di lap 12, Maruqez makin kedodoran hingga turun ke P12 setelah disalip Bezzecchi. Quartararo malah yang naik, berhasil ambil alih P7 dari Miller. Sementara Vinales makin ngacir memimpin dengan gap 1,2 detik dari Aleix yang menempati urutan 2.

Tidak ada perubahan hingga lap ke-19, hingga akhirnya di lap ke-20 Aleix Espargaro berhasil singkirkan rekan setimnya dari posisi pertama. Aleix memimpin di 3 lap tersisa. Hingga akhirnya last lap, yang pasti Aleix kini enggak lupa satu lagi seperti musim lalu, hehe… Aleix pun berhasil menyentuh garis finish pertama, disusul Maverixk Vinales kedua dan Martin ke-3.

Hasil Race Motogp Catalunya 2023

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!