SYM DRG BT Gen-2, Wajah Sang Naga Berubah Radikal!

Warungasep.net – Salah satu motor baru yang menarik perhatian di ajang EICMA Milan adalah hadirnya facslift daripada SYM DRG BT Gen2 2024 yang ternyata mengalami perubahan signifikan dari segi desain, namun masih mempertahankan karakteristik yang terinspirasi dari hewan mitologi yakni Naga. Lantas, apakah mesinnya juga berubah?

Oh ya, FYI buat yang belum tahu, SanYang Motor atau SYM memang gemar memberikan nama produknya yang mengambil nama hewan buas dan hewan Mitologi, seperti contoh SYM MMBCU yang terinspirasi dari ular Mamba, CLBCU dari burung Colobri, dan DRG BT ini mengambil nama hewan Dragon alias Naga, dan kepanjangnnya adalah SYM Dragon Best Tech.

Sesuai namanya, DRG BT kini benar-benar mengambil konsep karakter hewan Naga, dari mulai desain tampilan depan yang berubah radikal, dari asalnya berada dual headlight terpisah dibagian atas, kini berpindah menjadi berada di bawah menggunakan dual projie fisheye yang memang menjadi trend motor  baru di negeri Taiwan.

Lampu DRL-nya berada di atas headlamp berbentuk tidak beraturan namun tetap simetris yang katanya menyerupai gigi seekor naga. Bahkan bagian stoplampnya pun memiliki tema yang sama yakni terinspirasi dari cakar naga… wuiih, ini sih benar-benar Motor Naga nih, hehe…

Di sektor body belakang sepertinya enggak banyak perubahan, terkecuali area bodi samping depan yang lebih aerodinamis, dan fairing samping memanjang vertikal serta perubahan ergonomi riding dimana DRG BT gen2 demikian media sana menyebutnya kini memiliki beragam macam posisi pijakan kaki, bisa dalam keadaan standar, dalam mode santai atau selonjoran yang lebih nyaman bisa juga dalam mode racing dengan kaki menekuk ke kebelakang.

Yang jelas, SYM DRG BT Gen2 ini masih menawarkan keunikan yang menjadi ciri khas skutik endemik Taiwan, seperti suspensi belakang horizontal monoshock, dek rata super luas, bodi belakang tanpa spakbor digantikanm mudguard ala moge, lubang tangki di depan dan stang telanjang dengan ergonomi yang sporti.

Sayangnya, pihak SYM belum mengungkap secara resmi apakah ada perubahan di sektor mesin. Sebagai tambahan info, DRG BT gen pertama atau yang masih dijual saat ini mengusung mesin 158cc 1 silinder berpendingin cairan, tenaganya sekitar 15,5ps / 8000rpm dan torsi 1,54kgm / 5500rpm . Motor ini juga memiliki bobot yang cukup ringan hanya 135 kg dan ukuran ban-nya mirip Nmax, yakni 120/70 untuk depan dan 130/70 untuk belakang dengan ring velg 13 inch.

Fiturnya pun sepertinya masih sama, mengandalkan sistem pengereman ABS, Traction Control, smartkey system brbentuk unik(segitiga), USB Charger namun sepertinya tidak memiliki konektifitas smartphone, karena panel speedometernya masih menggunakan model LCD cristal cair biasa namun semakin menarik dengan mode multi warna ala-ala TFT.

Dengan munculnya skutik sporti ala SYM ini di Eropa pertama jika motor ini akan dijual disana, ada kemungkinan tahun depan kemudian menyusul di negara asalnya yaitu Taiwan. Lantas apakah motor ini akan hadir di Indonesia? Saya sempat bertanya kepada petinggi PT, MForce selaku ATPM merk SYM di tanah air, dan berikut jawabannya.

Baca : Kapan SYM DRG BT Rilis di Indonesia ? Jawabannya “Wani Piro…?!”

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!