Rheza Danica Juara Asia! Hasil Race dan Klasemen Final ARRC 2023

Warungasep.net – pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) Herjun Atna Firdaus berhasil meraih podium kedua pada race 2 seri final ARRC 2023 kelas AP250 yang digelar di sirkuit Chang, Thailand, Minggu (3/12). Namun, walaupun hanya finish di urutan ke-8, pembalap AHRT lainnya yaitu Rheza Danica meriah poin tertinggi sehingga berhak meraih gelar Juara Asia kelas Asia Production (AP250) musim ini. Artinya, Rheza telah meraih dua kali gelar Juara Asia sepanjang karirnya di ajang balap ARRC.

Selain Rheza dan Herjun ada pembalap Indonesia lainnya yang berjaya di balapan paling bergengsi di Asia tersebut. Pertama di kelas Underbone 150 atau UB150, pembalap Indonesia Murobbil Vittoni berhasil meraih juara di race pertama pada hari Sabtu, sedangkan pada race kedua di hari Minggu, giliran Wawan Wello yang meraih podium ketiga.

Di kelas UB150, hadir juara Asia baru asal Malaysia Nazirul Izzat Bahhauddin yang menggantikan Wahyu Aji yang jadi juara Asia musim lalu, pada musim ini Wahyu Aji hanya menempati urutan ke 9 klasemen, dan Murobbil Vittoni jadi pembalap Indonesia yang meraih poin tertinggi ketiga musim ini.

Hasil Klasemen Underbone 150 (UB150) ARRC 2023

Di kelas AP250, Pembalap AHRT, Veda Ega berhasil meraih podium pertama pada race pertama disusul oleh Herjun menempati podium kedua pada race kedua. Dengan hasil ini, pebalap Astra Honda telah mengumpulkan 104 podium di ajang ARRC di semua kelas sejak 2014.

Gelar juara yang didapatkan semakin lengkap dengan catatan sejarah baru yang dipersembahkan para pebalap Astra Honda yang turun pada kelas AP250. CBR250RR produksi PT Astra Honda Motor (AHM) mengantarkan ketiga pebalap yakni Rheza, Herjun Atna Firdaus, dan Veda mampu menyapu bersih posisi tiga klasemen teratas pebalap di musim 2023 sejak seri kedua pada bulan Mei.

CBR250RR membantu membuat sejarah lainnya yang dicetak AHRT sebagai tim balap Indonesia yang berhasil meraih lima kali juara kelas AP250. AHRT mampu mendominasi peraihan juara tim pada tahun 2017, 2018, 2019, 2022 dan 2023 melalui pengelolaan tim balap yang professional dalam pengembangan setting mesin balap yang disesuaikan dengan karakter setiap pebalap dan pengelolaan kompetensi para pebalap Astra Honda. Lengkapnya dibawah ini :

Hasil Klasemen Asia Production 250cc (AP250) ARRC 2023

Lanjut ke kelas SS600, pembalap Indonesia banyak yang struggle di kelas ini. M. Adenanta, Gerry Salim, Fadilah Arbi, Galang Hendra dan juara Asia musim lalu Andi m. Fadli belum mampu meraih kemenangan. Pada race pertama (2/12), M. Adenanta Putra yang start dari posisi ke-10 mampu menyelesaikan balapan dengan finis di posisi ke-6. Sedangkan Fadillah Arbi Aditama sebagai pengganti Gerry Salim yang masih pemulihan cedera harus menyelesaikan balapan lebih awal. Ia terjatuh pada lap keenam saat sedang bersaing perebutan podium bersama rombongan terdepan.

Pada race kedua (3/12), Adenanta terjatuh saat sesi pemanasan. Ia tidak mampu menyelesaikan balapan akibat cedera. Arbi yang masih beradaptasi dengan CBR600RR dapat menyelesaikan balapan di posisi ke-9. Hingga seri terakhir, Adenanta yang mengikuti kelas SS600 di tahun pertamanya berhasil menempati peringkat ke-7 dengan poin 89. Pebalap asal Magetan ini berhasil memberikan prestasi terbaiknya melalui raihan podium ketiga pada seri Mandalika, Indonesia bulan Agustus lalu. Sedangkan Gerry menempati posisi 15 dengan poin 25 dari 5 race yang diikutinya, dan Arbi menempati posisi 14 dengan poin 28.

Hasil Klasemen Supersport 600cc (SS600) ARRC 2023

Sedangkan di kelas paling tinggi yaitu ASB1000, Andi Farid Izdihar yang akrab disapa Andi Gilang yang merupakan pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) dan saat ini berjuang dengan Honda Asia-Dream Racing juga memberikan prestasi membanggakan untuk Indonesia.

Start dari posisi pertama pada race pertama di seri pamungkas kelas Asia Superbike (ASB1000), Andi langsung mengukir prestasi tertinggi dengan mendapatkan podium pertama setelah berjuang keras hingga tikungan terakhir. Pada race kedua, pebalap yang akrab dipanggil Andi Gilang ini kembali menunjukkan performa yang sangat baik dalam bersaing dengan 2 pebalap lainnya, namun balapan sempat dihentikan akibat pebalap yang terjatuh pada lap kesebelas. Berdasarkan posisi terakhir menyentuh garis finis, Andi berhasil meraih podium kedua.

Pada musim perdananya di kelas ASB1000, Andi Gilang langsung berhasil menunjukkan performa handalnya dengan menyumbang 1 kali podium pertama dan 3 kali podium kedua dengan total raihan poin sebesar 178,5, sehingga mengantarkannya menduduki posisi ketiga klasemen dimana yang jadi juara Asia di kelas ini adalah pembalap asal Jerman, Markus Reiterberger yang mengendarai motor BMW M1000RR, berikut hasil lengkapnya.

Hasil Klasemen Asia Super Bike 1000cc (ASB1000) ARRC 2023

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!