New CB dan CBR650R 2024, Si Ganteng Kalem Dengan Teknologi Kopling Elektronik

Warungasep.net – Di EICMA Miland 2023 kemarin ada 2 motor baru Honda yang belum saya bahas, New Honda CB650R 2024 dan versi fairingnya New Honda CBR650R 2024. Keduanya mendapat update yang signifikan baik dari segi tampilan desain, fitur dan teknologinya. Termasuk diantaranya fitur baru kopling elektronik yang merupakan patent Honda yang bernama E-Clutch.

New Honda CBR650R 2024

24YMHONDACBR650R

Pertama kita bahas New CBR650R versi 2024, Sektor desain sepertinya menjadi focus utama, berubah signifikan dibanding pendahulunya, CBR650R kini tampil lebih sederhana tapi masih mempertahankan karakter tajam dengan dual headlight khas CBR series juga dengan tambahan lubang air scoop dibawahnya untuk menambah estetika desain.

24YMHONDACBR650R

Fairing samping terlihat lebih ramping dan aerodinamis, serta perubahan desain bodi belakang yang lebih tajam dan menambah karakter sporti, sedangkan untuk bagian lainnya termasuk swing arm belakang model banana alumunium, frame model twin spar serta suspensi depan Showa SFF-BP dengan dual disc brake kaliper depan dudukan radial empat piston ganda, dan kombinasi ban dengan ukuran 120/70-ZR17 dan 180/55-ZR17 yang masih dipertahankan.

24YMHONDACB650R

CBR650R baru kini mendapat tambahan fitur baru, diantaranya panel meter full TFT warna yang bisa terkoneksi dengan smartphone lewat aplikasi Honda Roadsync yang bisa menampilkan navigasi, terdapat USB Charger, Switchgear kiri baru yang disederhanakan, mudah digunakan dan memiliki lampu latar untuk malam hari, Semua lampu sudah LED dan juga kunci dengan immobilizer.

24YMHONDACBR650R

Untuk sektor performa, Moge Honda ini sepertinya tidak terdapat perubahan masih mempertahankan mesin Mesin 649cc DOHC 16 klep yang mampu mencapai tenaga puncak sebesar 70kW dicapai @ 12.000rpm dengan torsi puncak @ 63Nm dihasilkan pada 9.500 rpm.

Honda E-Clutch

Tapi yang menarik, baik CB maupun CBR650R versi 2024 mendapat update fitur baru yang diberi nama E-clutch technologi, dimana fitur ini berguna untuk menghilangkan kebutuhan untuk menggunakan tuas kopling untuk melakukan perpindahan gigi ke atas atau ke bawah.

Pengendara hanya perlu mengoperasikan pedal perpindahan gigi untuk pergantian gigi yang sangat cepat dan konsisten, persis seperti menggunakan quickshifter namun berbeda dengan Dual Clutch Technology atau DCT yang mereka miliki sebelumnya. Selama pergantian gigi, ia menggunakan kombinasi harmonis antara pengoperasian ‘setengah kopling’ dan kontrol pengapian untuk menghilangkan guncangan perpindahan gigi untuk pengendaraan yang sangat mulus.

Honda CB650R 2024

24YMHONDACB650R

Sedangkan untuk versi nakednya, CB650R juga mendapatkan update pada fitur yakni layar TFT baru yang bisa terkoneksi smartphone, switchgear baru dengan lampu latar, serta penerapan sistem E-Clutch yang merupakan inovasi Honda.

Namun yang sangat disayangkan adalah perubahan desain yang dimana jika versi sebelumnya, CB 4 silinder ini tampil compact dan agresif dengan desain serba tajam yang sporti, kini untuk versi teranyar ini lebih kalem namun tetap ganteng.

24YMHONDACB650R

Masih mempertahankan konsep Neo Sport Cafe yang merupakan perpaduan desain retro dengan teknologi modern, tapi entah kenapa desain shroudnya jadi seperti enggak singkron dengan desain body-nya yang kekar, lampu depan yang bulat juga lebih pipih dan jika dilihat secara keseluruhan jadi enggap proporsional dan seakan maksa, walaupun memang desain bodi belakang jadi lebih baik dari versi sebelumnya.

Untuk spek mesinnya juga sama 649cc 4 silinder DOHC dengan tenaga 70 Kw dan torsi 63 Nm. Keduanya askn dijual di Eropa mulai tahun 2024 mendatang, dan di Asia tenggara baru diperkenalkan di negara Thailand, dan apakah tahun depan akan dijual di Indonesia? Kita tunggu

2 Comments

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!