Tampilan Baru Yamaha R7 2024 Warna Matte Grey Yang Menggoda

Warungasep.net – Amerika sepertinya menjadi prioritas utama untuk penjualan motor sport Yamaha, khususnya untuk model Yamaha R series dan juga MT series. Itu ditandai dengan rutinitas peluncuran debut perdana setiap model baru yang akan mereka luncurkan tahun depan, bahkan untuk tampilan warna pun disana seakan ekslusif karena dihadirkan dengan varian warna yang berbeda dibanding pasar negara lainnya. Salah satunya adalah Yamaha R7 versi 2024 yang dimana untuk tampilan warna barunya sudah mereka rilis duluan di pasar Amerika, seperti ini penampakannya.

Untuk model tahun 2024, Yamaha R7 di pasar Amerika mendapat 1 tambahan warna baru yaitu matte grey untuk menemani 2 varian warna yang memang sudah ada di versi sebelumnya yakni warna Racing blue dan Raven Black, dimana warna matte grey ini terlihat unik dengan perpaduan warna abu-abu doff di sekujur tubuhnya dipadukan dengan strip grafis gradasi warna cyan atau tosca dengan merah muda.

Kesan modern dan futuristiknya terasa, tentunya masih memancarkan tampilan yang sporti dan racy khas R seriesnya Yamaha. Sedangkan untuk desain, fitur maupun spesifiknyanya epertinya tidak ada yang berubah, wajar saja karena baru berumur 2 tahun, hehe…

Mengenai desainnya, Yamaha R7 ini mengusung konsep yang sama dengan keluarga R series lainnya. Identitas Yamaha R7 sama dibuat dengan kakaknya seperti Yamaha R1, dengan moncong depan bolong yang terinspirasi dari Yamaha YZR-M1, dua DRL LED yang membentuk mata disisi kanan kiri tapi posisi headlamp tidak berada dibawah, melainkan tersembunyi ditengah air scoop. Unik banget, alhasil desain R7 terlihat lebih tirus, lebih simetris, lebih eyecathing bahkan Yamaha Eropa menyebut motor ini punya desain yang atletis dan macho.

Tak hanya bagian depan, bagian body samping dan body belakang juga sama seperti Yamaha R series lainnya… Terlihat ramping dan aerodinamis. Dan bahkan, tak hanya mesin saja yang menggunakan basic Yamaha MT-07, tapi sampai rangkanya pun sama. Jadi jika Yamaha R1 atau R6 menggunakan frame model Deltabox, sedangkan R7, pakai rangka teralis. Tentunya untuk membuat cost productionnya lebih murah mungkin.

Biasanya motor bergenre sport bike hadir duluan dibanding versi nakednya, tapi berbeda dengan R7 yang ternyata hadir belakangan. Yamaha R series di segmen 700cc ini menggunakan basic mesin dan rangka daripada motor naked yang hadir lebih dulu yaitu Yamaha MT-07. Yang tentunya kita semua tahu jika motor ini menggunakan konfigurasi mesin 2 silinder.

Spesifikasi Yamaha R7 2023

Ya walaupun cuma 2 piston, Yamaha R7 ini memiliki spesifikasi mesin 689cc inline twin DOHC 8 klep berpendingin cairan yang sudah Euro-5, power puncak motor ini mencapai 73,4 Ps pada putaran 8750 Rpm dan motor ini menawarkan torsi melimpah diangka 67 Nm pada putaran rendah 6500 rpm. Lho, ternyata spek mesinnya gak beda jauh sama versi nakednya nih. Biar gak percaya cek aja :

Baca : Yamaha MT07 2021 Juga Ikutan Facelift, Headlampnya Mirip MT09

Bedanya jika MT-07 punya bobot 184 kg, naah R7 ini lebih berat yakni 188 kg, namun kapasitas tanki lebih kecil hanya 13 liter, tinggi jok lumayan tinggi yakni 835 mm, tentu untuk membuat ergonomi ridingnya lebih sporty ditambah dengan stang underyoke yang nunduk

Walaupun begitu, dari segi fitur. Pesaing Aprilia RS660 dan Suzuki GSX-8R ini jelas gak main-main. Fitur Yamaha R7 hampir semuanya baru, diantaranya sbb :

Fitur Yamaha R7

  • Lampu serba LED, termasuk lampu sein
  • Panel speedometer full digital
  • A&S clutch for increased controllability
  • Lightweight frame fine-tune for chassis rigidity
  • Adjustable link-type rear shock
  • Fully-adjustable inverted 41 mm front forks
  • Double disc brake
  • Radial-mount front brake calipers
  • Lightweight 10-spoke wheels
  • Optional Quick Shift System for seamless upshifts

Versi model tahun 2024 dari Yamaha R7 ini hadir dengan 3 pilihan warna baru dan secara eklusif hadir duluan di Amerika. 1 warna merupakan varian baru yang diberi Matte grey untuk menemani 2 pilihan warna lainnya yaitu biru dan hitam. Untuk harganya motor ini dibanderol $ 9,199 atau jika dikonversikan kedalam rupiah sekitar Rp. 135,2 jutaan.

Yamaha R7 2024 Matte Grey

Yamaha YZF-R7 2024 Team Yamaha Blue

Yamaha ZF-R7 2024 Raven Black

Nah, kira-kira warna matte grey seperti ini bakal diterapin ke R15 atau R25 enggak ya? Kayaknya menarik nih…

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!