Wajah Baru Africa Twin 1100 2024, Tenaganya Lebih Jengat!

Africa Twin 2024

Warungasep.net – Bukan hanya motor matic di kelas entry level, Honda juga gemar merefresh tampilan moge salah satunya adalah Honda Africa Twin 1100 versi 2024 yang bukan hanya punya tampang baru dengan sentuhan desain yang lebih fresh tapi juga didukung dengan peningkatan performa yang lebih jengat serta penerapan fitur baru.

Honda CRF1100L AFRICA TWIN 2024

Perubahan yang paling kentara adalah pada bagian cover headlight yang lebih sporty juga body samping yang lebih menutup bagian subframe. Sedangkan untuk jantung pacunya masih mengusung konfigurasi mesin paralel twin 1084cc. Tenaga puncak tetap di angka 101 Hp, namun ada peningkatan torsi maksimum sebesar 7% menjadi 112Nm, pada 5.500rpm.

Rasio kompresi juga berubah dari 10,1:1 menjadi 10,5:1, yang bersamaan dengan perubahan pada valve timing, port intake, dan pengaturan ECU memungkinkan mesin menghasilkan performa lebih dari setiap langkah juga dengan knalpot baru yang menghasilkan nada menyenangkan pada RPM rendah dan nada bass yang lebih kuat seiring peningkatan putaran.

New Honda CRF110L Africa Twin versi standar kini mendapat tambahan fitur baru berupa suspensi electric atau yang mereka namai Showa Electronically Equipped Ride Adjustment (Showa EERA ™ ) yang tentunya memiliki keunggulan pengaturan suspensi yang khusus dikembangkan untuk sepeda motor tersebut.

Suspensi canggih ini menawarkan peredaman yang dioptimalkan di semua kondisi berkendara, serta kemampuan untuk mengubah preload pegas belakang saat bepergian melalui tampilan layar sentuh 6,5 inci. Tersedia dalam 5 mode – SOFT, MID, HARD, OFF-ROAD dan USER, fleksibilitas sistem berarti penyesuaian redaman dapat diprogram agar sesuai dengan preferensi pengendara hanya dengan satu sentuhan tombol,

Mempertahankan roda depan 21 inci yang berfokus pada performa off-road, CRF1100L Africa Twin kini dilengkapi ban tubeless Metzler Karoo Street sebagai perlengkapan standar, yang memungkinkan perbaikan tusukan dengan cepat saat berkendara tanpa perlu melepas roda. Saat pengendara ingin melakukan off-road sepenuhnya, ban Michelin Anakee Wild berpola blok juga disetujui untuk digunakan.

Untuk membuat berkendara jarak jauh lebih nyaman, dipasang pada fairing depan yang diperbarui dan dirancang secara agresif, layar baru yang lebih besar dan dapat disesuaikan 5 arah, menawarkan visibilitas ke depan maksimum atau peningkatan perlindungan angin tergantung pada pilihan pengendara.

Sedangkan pembaruan untuk CRF1100L Africa Twin Adventure Sports adalah pembaruan substansial pada bagian depan. Dipimpin oleh penambahan roda depan baru 19 inci, langkah suspensi dari Showa EERA ™ yang kini menjadi standar telah dikurangi sebesar 20 mm. Selain pemasangan ban depan yang lebih lebar, kombinasi ini juga memberikan cengkeraman dan umpan balik yang lebih baik kepada pengendara, terutama saat muatan penuh atau dua kali lebih tinggi, tanpa mengurangi performa off-road secara drastis. Perubahan pada bagian depan ini juga menurunkan pusat gravitasi CRF1100L Africa Twin Adventure Sports, sehingga berkontribusi pada peningkatan kemampuan manuver kecepatan rendah dan jangkauan darat.

Didesain untuk perjalanan jarak jauh, CRF1100L Africa Twin Adventure Sports telah mendesain ulang fairing depannya secara agresif untuk meningkatkan defleksi angin dan aerodinamis pada bodi bagian atas. Seperti saudaranya, ia memiliki layar 5 tingkat yang dapat disesuaikan ketinggiannya. Joknya baru dan menggunakan bantalan busa uretan yang lebih tebal +15 mm dengan kepadatan optimal untuk mengurangi kelelahan berkendara jarak jauh.

Untuk tahun 2024, Honda masih menjual 2 tipe moge petulang ini, diantaranya CRF1100L Africa Twin dan CRF1100L Africa Twin Adventure Sports. Kedua model akan tersedia dengan transmisi manual atau Dual Clutch (DCT).

Honda CRF1100L Afrika Twin 2024

Honda CRF1100L AFRICA TWIN 2024 Pearl Glare White dan Glint Wave Blue Metallic Tricolor
Honda CRF1100L AFRICA TWIN 2024 Matt Ballistic Black Metallic
Honda CRF1100L AFRICA TWIN 2024 Grand Prix Red

CRF1100L Africa Twin 2024 versi std tipe manual dan DCT akan tersedia dalam 3 pilihan warna diantaranya warna merah Grand Prix Red dan Matt Ballistic Black Metallic juga warna baru Pearl Glare White dan Glint Wave Blue Metallic Tricolor

Honda CRF1100L Afrika Twin Adventure Sport 2024

Honda CRF1100L AFRICA TWIN ADVENTURE SPORTS 2024 Matt Ballistic Black Metallic
Honda CRF1100L AFRICA TWIN ADVENTURE SPORTS 2024 Pearl Glare White Tricolour

Tersedia dalam transmisi manual dan DCT tapi hanya terdapat dua pilihan warna saja yakni Matt Ballistic Black Metallic dan Pearl Glare White Tricolour.

Untuk pasar Indonesia tentunya masih dijual dalam versi tahun 2022. Harganya pun tembus diatas Rp. 600jutaan. Buat yang belum tahu silakan simak infonya :

Baca : Harganya Rp. 600 Jutaan! Honda CRF 1100cc Africa Twin Versi 2022 Rilis di Indonesia

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!