Yamaha EMF 2022, Skuter Listrik Futuristik Baru Di Taiwan, Harga Rp. 53 Jutaan !

Yamaha EMF 2022

Warungasep.net – Taiwan adalah negara yang paling terdepan soal sepeda motor listrik, begitu juga dengan pabrikan Yamaha yang hari ini merilis produk baru bernama Yamaha EMF 2022. Skuter listrik baru yang hadir dengan desain yang inovatif, unik, futuristik juga dengan fitur-fitur canggih yang seakan hadir dari masa depan. Penasaran? Yuk kita kupas tuntas soal desain, fitur, spesifikasi dan juga harganya.

Nama EMF sendiri memiliki arti Electro Motive Fighter, skutik ini dikembangkan dengan tiga konsep “Exciting”, “Radikal” dan “Superior”. Desain asli yang unik dari penampilan menunjukkan estetika struktural yang kuat dari kehidupan anorganik, memimpin tren inovasi pasar; dalam hal kontrol daya, ini memperkuat akselerasi instan yang efisien. Performa handling terbaik adalah cepat di garis lurus dan stabil di tikungan; pada saat yang sama, berbagai aksesori modifikasi yang sangat berbeda dikembangkan, sehingga konsumen dapat memadupadankan sesuai dengan preferensi pribadi mereka, membuat koleksi eksklusif, dan sepenuhnya mengekspresikan gaya mereka sendiri.

Kita bahas tentang desainnya, sekilas motor ini memiliki kemiripan konsep dengan Honda Zoomer-X di Thailand, yaitu desain boxy dengan body dengan yang punya shape serba kotak. Bedanya jika Zoomer pakai suspensi full upside down, sedangkan EMF ini pakai suspensi teleskopik biasa, namun dibalut dengan cover depan yang memanjang vertikal yang ditengahnya terdapat dua lampu utama yang saling bertumpuk. Desain unik ini menambah kesain futuristik dari skuter listrik kelas entry.

Sedangkan jika dilihat dari samping, terlihat jika skutik ini memiliki desain yang sederhana, tidak terlalu banyak lekukan, namun sepertinya menggunakan model rangka underbone sehingga area deknya tidak rata, dan area tersebut diposisikan sebagai bagasi tambahan. Sebagai pembeda dengan motor skutik bensin konvensional, kalian bisa lihat tidak adanya lubang knalpot di samping kanan, sehingga, jika dilihat dari sisi samping kanan akan terlihat polos dan minimalis.

Tak hanya bagian depan saja, Yamaha Taiwan memberikan inovasi desain body belakang berongga ala-ala motor Yamaha R series. Baik lampu depan, lampu rem, DRL hingga lampu seinnya semua sudah LED.

Tapi untuk membuatnya semakin menarik, Yamaha EMF ini memiliki keunggulan dan masih punya beberapa ciri khas skutik Taiwan, diantaranya, double rear suspension, ban gambot dengan ukuran velg 10 inch, dan yang menarik motor ini sudah dilengkapi swing arm alumunium dan juga rem cakram depan belakang dengan kaliper radial 4 piston. ajiib… kalah deh R25, hehe…

Fitur unggulan Yamaha EMF 2022 pun cukup lengkap, diantaranya sbb :

  • Panel speedometer full LCD digital
  • Bisa terkoneksi dengan smartphone lewat aplikasi Y-connect
  • Kartu aktifasi NFC
  • Rem UBS

Sangat menarik dan inovatif, karena skuter listrik Yamaha ini menggunakan kartu NFC sebagai pengganti remote. Ya walaupun fitur ini bukan yang pertama karena sebelumnya sudah diaplikasikan pada skuter listrik Suzuki.

Baca : “Suzuki” eReady Run, Motor Listrik Pakai Kartu Dari Taiwan

Lanjut ke bagian dapur pacu, Perlu kalian ketahui jika skuter listrik Yamaha ini menggunakan 2 buah baterai dari Gogoro, karena kedua perusahaan ini bekerjasama dalam hal pengisian baterai di stasiun khusus, sehingga di negara Taiwan, skuter listrik Yamaha ini bisa melakukan pengisian baterai secara plug n play di stasiun motor listrik Gogoro.

Yamaha EMF ini memiliki mesin listrik berpendingin cairan, tenaga puncak motor ini mencapai 7.6kW (10.3PS) / 3.000 rpm dan torsi puncak berada di angka 26 Nm pada putaran rendah 2500rpm sehingga mampu berakselerasi 0-50 km per jam hanya 3,5 detik saja. Memiliki bobot yang cukup ringan cuma 95 kg, tapi jika diisi 2 buah baterai meningkat hingga 114 kg, jika dilepas salah satu baterainya, area tersebut bisa dijadikan bagasi. Tinggi jok motor ini mencapai 785 mm dan ukuran ban 100/90 dibagian depan dan 130/90 dibagian belakang yang keduanya menggunakan ring velg 10 inch.

Terakhir, untuk harga Yamaha EMF versi 2022 ini dibanderol NT$99.800 selama periode diskon pre-order sampai 31 Maret, sedangkan harga normalnya berada dikisaran NT$102.800 atau jika dikonversikan kedalam rupiah sekitar Rp. 53jutaan. wow cukup mahal juga ya…

Dan Yamaha Taiwan menjual motor ini dalam 3 pilihan warna diantaranya warna hitam, biru dan hijau army yang unik, berikut foto studionya :

Yamaha EMF 2022 Dark Black
Yamaha EMF 2022 Silent Blue
Yamaha EMF 2022 Dark Green

Oh ya, selain EMF ini Yamaha Taiwan juga menjual motor listrik lainnya yang mungkin kalian baru ketahui, untuk itu yuk kita kenalan dengan Yamaha EC05.

Baca : Harga Motor Listrik Yamaha EC-05 di Taiwan, Cuma Rp 45jutaan!

4 Comments

  1. Mang apakah ini skutik listrik yang nanti jenisnya dibawa ke Indonesia juga kah? Yang mirip nmax nmax itu? Asa ngajendol di dek payun na.

  2. kecepatan maksimal dan jarak tempuhnya berapa ya? sebab motor listrik Ola asal India memiliki kecepatan maksimum 90km/jam dengan jarak tempuh 121 km sekali charge penuh dan harga yang relatif terjangkau.

1 Trackback / Pingback

  1. Banyak Yang Bilang Kaya Motor Custom, Estetik Banget Skutik Yamaha Ini Gan

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!