Lebih Murah Dari Forza, Suzuki Avenis 125 Rilis di Indonesia

Warungasep.net – Setahun pasca rilis Gixxer SF250, hari ini Suzuki Indonesia kembali merilis produk baru yakni Suzuki Avenis 125 versi 2023 di Indonesia. Ini membuktikan jika Suzuki tidak berhenti berinovasi dan terus berlanjut untuk menjual dan memenuhi kebutuhan produk baru untuk konsumen di tanah air. Pertanyaannya, berapa harga motor ini? apakah terjangkau? Ya… tentunya skutik baru Suzuki ini sangat murah, bahkan lebih murah, bahkan lebih murah dari Honda Forza.

Yaelah, Forza yang harganya tembus 90juta kok dijadikan perbandingan, hehe…. Yang penting kan sama-sama produk impor. Bedanya kalau Forza impor dari Thailand, sedangkan Aveniz ini dari negeri surganya StreetFood, India. Yupz, Suzuki Indonesia membanderol motor ini dengan harga Rp. 29.970.000.- untuk on the road Jakarta, naah, jadi buat kalian yang punya duit cash Rp30juta, masih ada kembalian tuh buat beli 3 liter Pertalite, hehe…

Apakah harga tersebut terbilang murah? Tergantung kalian itu mah ya, kalau suka ya pilihan ada ditangan kalian, Saya sih mau bahan tentang informasi mengenai motor ini, tentang desain, fitur dan spesifikasinya. apakah memiliki kesamaan dengan versi India atau Eropa?

Oke, pertama kita bahas soal desain. Baik yang dijual di India atau Eropa, desain skutik terbaru Suzuki ini sama ya, gak ada perbedaan. Body gambot yang dipadukan dengan ban kecil juga jarak sumbu yang pendek menjadi ciri khas skutik India. Ya mirip-mirip dengan skutik Taiwan/China, bedanya skutik India memang sedikit kurang proporsional dari segi lekukan body.

Sekilas shape lampu depannya mirip dengan Suzuki Nex II, terlihat dari terdapatnya desain eksterior lubang udara disamping kiri dan kanan, bedanya lampu seinnya berada di stang kemudi terpisah dengan headlight. Dan lampu depannya sudah LED dua tingkat yang dipermanis dengan DRL LED dibagian samping.

Tak hanya lampu depan, lampu remnya juga sudah LED. Banyak komentar yang bilang konsep desain tailight ini mirip dengan skutik TVS Ntorq 125 termasuk lampu seinnya yang terpisah,  bedanya jika Ntorq lampu remnya ditengah, naah Suzuki pakai model lampu rem ganda sehingga lebih terlihat futuristik. Bahkan, posisi lubang tangkinya juga berada di ekor, mirip dengan Ntorq.

Keunggulan lainnya, skutik baru Suzuki ini punya ruang yang cukup luas untuk muat helm dibawah jok, tambahan bagasi kecil di depan juga lebih baik karena sudah pakai penutup yang didalamnya terdapat USB socket charger. kunci kontaknya juga sudah pakai pengaman magnet, sayangnya kunci jok masih terpisah.

Sayangnya, Avenis versi Indonesia berbeda dengan versi India yang sudah bisa terkoneksi dengan smartphone lewat bluetooth. Bisa konek dengan aplikasi Suzuki Ride Connect App yang bisa menampilkan panggilan telepon hingga navigasi. Walaupun begitu, panel speedo Avenis masih terasa modern dengan tampilan full digital yang menampilkan beragam macam informasi berita terkini ehh maksudhnya informasi Eco drive indicator, Engine temperature, Battery voltage, Digital clock, Fuel gauge, Oil change indicator, Dual trip meter, Average fuel consumption dan juga Engine check indicator. Hmm, biasa saja sih ya, tapi layarnya yang besar membuat area dasbor skutik terasa lebih mewah dan sporty.

Tak hanya itu, Avenis versi Indonesia sudah dilengkapi rem ICBS atau Integrated Combined Braking System yang mengintegrasikan rem bagian depan dan belakang ketika digunakan sehingga memudahkan kontrol kendaraan saat mengerem dan dapat mengurangi jarak pengereman dalam kondisi tertentu. Kemudian ada juga Suzuki Easy Start System yang terintegrasi dan memudahkan saat menghidupkan mesin, Safety Shutter Key sebagai keamanan lubang kunci saat kondisi terparkir, Side stand engine cut-off switch yang membuat mesin non-aktif jika standar samping dibuka dan juga fitur yang gak dimiliki Vario 160 yakni Brake lock system yang memastikan kondisi ban terkunci dengan aman saat terparkir. mayan lah ya…

Ya memang jika bahas fitur, skutik Suzuki India ini memang lebih unggul. Kalo soal desain dan spek, masih kalah sih jika dibandingkan skutik Suzuki di negara lainnya. Suzuki Avenis 125 ini mengusung mesin 8,7 PS pada 6.750rpm dan 10Nm pada 5.500rpm yang disalurkan melalui system CVT. Motor ini memiliki bobot Yang cukup ringan cuma 106 kg, kapasitas tankinya kecil cuma 5,2 liter dan ukuran ban gede sebelah yaitu 90/90-12 icnh dibagian depan dan 100/90-10 inch dibagian belakang.

Terakhir, Suzuki Avenis 125 versi 2023 yang dijual di Indonesia terdapat 3 pilihan warna diantaranya Pearl Mirage White/Metallic Matte Fibroin Grey, Mettallic Matte Black/Glass Sparkle Black dan Metalic Matte Fibroin Grey/Metallic Lush Green.

Dan buat kalian yang penasaran, kalian bisa lihat lebih dekat dengan skutik ini di ajang pameran  Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat pekan depan, tepatnya pada 2-6 November 2022. semoga kepengen…

5 Comments

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!