Hasil dan Klasemen Arbi Aditama di Final Junior GP 2023

Warungasep.net – Ada satu talenta muda yang berkiprah di ajang balap Internasional. Ia adalah Fadilah Arbi Aditama, pembalap binaan PT. Astra Honda Motor (AHM) yang ikut bertarung di balapan FIM JuniorGP musim 2023. Dan tak terasa, Arbi sudah menuntaskan satu musim penuh di balapan perjenjangan kelas Moto3 untuk Region Eropa ini dengan hasil yang cukup memuaskan.

Arbi menorehkan hasil positif dengan berhasil meraih gelar juara pada race JuNiorGP seri Catalunya beberapa waktu lalu(Baca : Arbi dan Aldi Raih Juara di Ajang Balap Eropa JuniorGP dan R3 bLU cRU ) dan bahkan pembalap asuhan team AHRT (Astra Honda Racing Team) ini mengikuti kejuaraan dunia World Moto3 Mandalika 2023 ini sebagai wildcard. Arbi bahkan berhasil menuntaskan balapan dengan finish di posisi 17, lebih baik dari pembalap reguler yang sama-sama asuhan AHRT yaitu Mario Aji.

Nah, Junior GP sudah memasuki seri final yang dimana seri pamungkas ini di gelar di Circuit de Ricardo Tormo, Valencia karena angin yang sangat kencang, para pebalap akhirnya bisa beraksi hari ini, Sabtu (4/11/2023), untuk menjalani putaran terakhir persaingan FIM JuniorGP. Beberapa sesi sempat tertunda karena angin yang kencang, tetapi sesi latihan bebas dan kualifikasi bisa berjalan normal. Fadillah Arbi Aditama yang berada di urutan ke-10 pada sesi latihan, bisa langsung lolos ke kualifikasi kedua (Q2) dan akhirnya mengunci posisi start ke-18.

Pada Sabtu pagi, pebalap JuniorGP turun ke lintasan untuk mengecek kondisi dan bisa menjalani sesi latihan bebas sebelum sesi penentuan. Sejak pagi, Arbi sudah merasa nyaman dan bisa mencatat watu tercepat ke-8. Saat sesi latihan, pebalap Astra Honda tersebut punya kecepatan yang bagus, menjadi tercepat ke-10 dan berhak langsung ikut Q2.

Memasuki sesi sore, Arbi menunjukkan kecepatan yang bagus dan menempatkannya di posisi kelima pada awal sesi Q2. Namun, pebalap asal Purworejo, Jawa Tengah tersebut terjatuh saat sesi tersisa sembilan menit. Ketika kembali ke lintasan, Arbi hanya bisa menjadi yang tercepat ke-18.

Pada sesi balapan, di race pertama Arbi yang start di posisi ke-18 berhasil menuntaskan balapan dengan finish di posisi ke-13 yang artinya, Pembalap bernomor start #93 ini berhasil mendapat 3 poin. Sayangnya di race kedua, Arbi terjatuh dan gagal menambah poin.

Hinggga akhirnya, selama semusim penuh balapan di JuniorGP 2023 Arbi berhasil menempati uurtan ke-17 klasemen. Arbi mengoleksi sebanyak total 39 poin, dimana poin tertinggi pernah diraih Arbi saat GP Catalunya. Arbi bersaing dengan pembalap Thailand Tatchakorn Buasri untuk bisa naik ke Moto3, namun sayangnya Buasri yang berada dipoisis 11 klasemen yang berhasil menemani Ai Ogura di Honda Team Asia musim depan.

Hasil klasemen JuniorGP 2023

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!