Voge FR150 Formica Rossa, Bebek Super Pesaing MX-King di Negeri Jiran

Warungasep.net – Di pameran Malaysia Autoshow 2024 yang berlangsung di MAEPS Serdang, Malaysia. Telah lahir seekor bebek super pesaing Yamaha MX-King atau yang disana punya nama lain Yamaha Y15ZR dan Y16ZR, yang diberi nama Voge FR150 2024. Bebek super atau yang disana punya julukan kapcai ini memiliki keunggulan desain dan juga fitur yang modern, lantas bagaimana dengan spek mesinnya?

Buat kalian yang belum tahu, Voge merupakan brand asal China yang menjadi produk global. Anak perusahaan Loncin ini cukup dominan penjualannya di benua Eropa, bahkan beberapa line up produknya cukup kompetitif dengan brand Jepang maupun Eropa.

Baca : Mengintip Data Penjualan Voge di Eropa

Nah, bukan hanya di Eropa dan pasar domestik China. Lewat MForce Malaysia, brand ini juga melakukan ekspansi ke kawasan Asia Tenggara, salah satunya di Malaysia. Selain memasarkan sejumlah produk moge cruiser, mereka juga memproduksi dan menjual produk motor bebek atau kapcai yang memang persaingan pasarnya cukup menggiurkan di negeri Jiran.

Voge FR150 memiliki singkatan Formica Rossa yang berarti Semut Merah. Bisa diartikan, motor bebek ini kecil-kecil cabe rawit. Lantas, apakah segarang namanya? Ternyata bisa dibilang biasa saja. Bicara soal spek mesinnya, Voge FR150 ini mengusung mesin 149cc 1 silinder DOHC 4 klep berpendingin cairan, tenaga maksimumnya berada di kisaran angka 15.4hp pada kitiran 8,500rpm dan torsi maksimum 13.5Nm di 7,500rpm.

Angka tersebut tentunya lebih kecil dibandingkan power yang dimiliki Yamaha Y16ZR yang bisa mencapai 17,7 Hp atau Honda deh dengan RSX150-nya yang bisa tembus 15,8 Hp. Dan jangan bandingkan dengan bebek supernya pabrikan Taiwan, SYM karena bisa tembus hampir 20 Hp. Yaitu SYM VF3i.

Baca : SYM VF3i 2020 Facelift Jadi Bebek Super Terkencang!!! Power 19,7 Hp, Rem Sudah ABS

Jadi bisa disimpulkan secara performa tentunya tidak terlalu istimewa. Jadi apa dong kelebihan bebek super asal Tiongkok ini? Bicara fitur, Formica Rossa ini sudah pakai lampu serba LED, panel meter masih LCD digital namun terlihat lebih futuristik dengan aksen warna-warni. Kunci kontaknya sudah pakai remote alias keyless, USB charger, Assist sliper clutch dan rem ABS dual channel. Masih tanpa Upside down dan tanpa connected seperti pesaingnya Benelli R18i.

Sedangkan untuk desainnya, secara konsep memang terlihat sporti dan mogelook, desain side fairing juga bodi belakang dengan dengan lubang-lubang aerodinamis. Lampu depan konsepnya mirip Y16ZR yakni dua lampu utama di bagian tebeng depan dan satu lampu tambahan di batok stang kemudi. Shape lampunya dibuat mirip ala-ala Panigale dibagian bawahnya, dan Aprilia Tuareg di headlamp atas. Dan secara keseluruhan, motor ini seperti perpaduan MX-King aka Yamaha Sniper dengan Honda Winner-X, hehe…

Terakhir, harga yang ditawarkan untuk FR150 Formica Rossa ini pihak MForce menjualnya dengan harga 8,888 Ringgit atau jika dikonversikan setara Rp. 28jutaan. Wah, harganya sama-sama mahal sih, kirain lebih murah ya, hehe… Ya, tentunya motor bebek China ini sepertinya tidak cocok buat masuk Malaysia nih, kecuali mereka menjual produk skutik. Lho emangnya, Voga punya line up skutik? Ada dong, berikut diantaranya :

1 Comment

  1. Alus euy mang, siga kawinan RSX srg Exciter VVA. Teras Batok pengker na Siga F1ZR hehe, tapi mang ningal tina FB ceunah mesin na sami sareng Supra GTR, leres eta teh mang?

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!