Bertenaga 17,8PS, PGO TIG 2023 Skutik 170cc Yang Lebih Kencang Dari CBR!

Warungasep.net – Taiwan memang gudangnya skutik keren. Tak hanya menyajikan produk skutik yang nyaman ditunggangi dan dilihat secara visual. Produk mereka juga memprioritaskan performa untuk memanjakan konsumen. Salah satunya adalah PGO TIG 2023, skuter bergaya sporty ini punya desain yang tak hanya menawan tapi juga bisa dibilang terkencang di kelasnya. penasaran? Yuk kita ulas lebih detail…

PGO mungkin kurang dikenal dibandingkan brand Taiwan lainnya seperti Kymco dan SYM. Tapi PGO dikenal dengan produk-produknya yang eksotis, salah satu varian yang cukup dikenal adalah PGO Tigra, pelopor skutik bersuspensi belakang monoshock yang tahun kemarin upgrade ke mesin 250cc.

Baca : PGO TIGRA 250 2022, Sport Skutik Taiwan Yang Upgrade Mesin dan Fitur

Nah, karena Tigra yang semula hanya 180cc berubah menjadi 250cc, maka line up produk skutik mid level mereka otomatis diisi oleh varian PGO Tigra 150. Dan karena model dan teknologinya sudah ketinggalan jaman, maka pihak PGO pun melakukan refreshment. Ternyata gak cuma ganti desain saja, PGO Tigra 150 juga melakukan upgrade besar-besar di sektor performa mesin dan fitur. Namanya pun berubah bukan lagi PGO Tigra 150, melainkan menjadi PGO TIG saja yang memiliki kepanjangan “Technology, Intelegent and Genius“.

Pertama kita bahas desainnya. Tigra 150 sebelumnya bergaya skutik pada umumnya. Boleh dibilang bentuknya mainstream banget. Tapi PGO TIG bentuknya berubah radikal. Tidak ada aura skutik Jepang ataupun skutik Taiwan pada umumnya, melainkan mengusung sport skutik Eropa. Banyak yang bilang jika desainnya mengadopsi model Italjet Dragster, terutama area depannya.

Yupz, lampu depan PGO TIG mengusung konsep dual headlight projie LED yang menyala sebelah jika hanya dihidupkan lampu dekat saja. Hmm,ala-ala moge ya. Kemudian lampu sein dan DRL-nya yang juga sudah LED terintegrasi di bagian samping bodydepan.

Yang menarik dibagian tengahnya terdapat grill yang cukup besar dengan tampilan kisi-kisi yang terlihat racing look. Usut punya usut, ternyata didalam grill tersebut adalah tempat dimana radiator pendingin mesin berada. Gileee, anti main stream banget nich!

Dari samping juga tak kalah sporty-nya, area body samping depan terdapat lubang honey comb yang merupakan letak reservoir radiator, dan dibawahnya merupakan lubang tanki bensin yang memang menjadi standar skutik Taiwan. Sayangnya, bagian body terlihat tidak selarah dengan body depan, body-nya cenderung simple dan biasa-biasa saja. Suspensi belakangnya pun tidak seperti Tigra 250 yang monoshock, melainkan menggunakan model dual shock belakang.

Lanjut ke bagian fitur, tak mau ketinggalan dengan lawan-lawannya. PGO TIG selain sudah menggunakan lampu yang semuanya LED, skutik ini juga sudah mengadopsi rem ABS dual channel dan juga Traction Control besutan Bosch Jerman. Tak hanya itu, model smartkey system-nya pun terbilang unik karena cara pengoperasiannya diputar seperti tuner radio, hehe… Bukan diputar seperti knob kompor gas.

Dan yang menarik, skutik ini sudah pakai panel speedometer full TFT warna yang sudah terkoneksi dengan aplikasi PGO app di Smartphone. Panel speedometernya pun bisa disesuaikan sudut kemiringannya sesuai keinginan perspektif pengendaranya. Tentunya, fitur lainnya seperti USB socket charger, rem cakram depan belakang, dek rata yang galonable, hehe… gantungan barang yang modern dan bagasi luas menjadi fitur yang standar.

Selanjutnya kita bahas mesin. Jangan kaget, jika mesin yang diusung PGO Tig ini memiliki kubikasi 170cc, tepatnya 169,5cc 1 silinder SOHC 4 klep yang mampu mencapai tenaga puncak 17,8ps pada putaran 8000rpm dan torsi 15,8 Nm pada 6500 rpm. Wuiih, powernya melebihi tenaga CBR150R yang hanya 17,1 PS saja, hehe…

Tak hanya itu, PGO TIG juga diklaim sudah melakukan improvement dibagian sasis sehingga lebih nyaman, stabil dan mampu diajak cornering hingga 45 derajat, ujarnya… Detail lainnya dari skutik ini, diantaranya bobot yang hanya 135 kg, kapasitas tangki 6,4 liter yang diklaim bisa dibawa irit sejauh 38,4 Km per liter dan tidak seperti skutik pada umumnya yang menggunakan velg 13 atau 14 inch, Tig 150 facelift ini hanya menggunakan kaki-kaki berukuran 110/70-12 inchi dibagian depan dan belakang 120/70-12 inchi.

Terakhir, PGO Tig versi 2023 ini belum dirilis secara resmi. Baru sebatas di tes oleh media lokal disana. Tapi bocorannya sih harga skutik ini bakalan dibanderol kurang dari 120.000 Yuan. Dan jika melihat web resmi PGO, skutik pesaing Kymco KRV180 ini dijual dalam 3 pilihan warna, diantaranya grey, putih dan matte blue.

Kira-kira jika masuk ke Indonesia, motor ini bisa jadi lawan Vario 160 dan Aerox 155 enggak ya? Silakan komentaranya…

Sumber foto : Jorsindo.com

6 Comments

  1. Asa rame jeung packweuh desain na hehe. Tapi emang sih da model kieu ayeuna mah nuju usum di taiwan hehe. Desain predator siga augur atawa mmbcu, Kabita euy mang.. Hehehe

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!