Benelli Tornado 552R, Harusnya GSX Tuh Kayak Gini….!

Warungasep.net – Di ajang pameran Chongqing Motorcycle Expo 2023 di China sana, produsen asal Italia Benelli resmi merilis motor baru mereka yang diberi nama Benelli Tornado 552R 2023. Sport fairing baru bermesin 2 silinder yang siap meramaikan pasar Supersport 400-500cc yang saat ini mulai ramai dimana saat ini cukup banyak pesaing di kelas ini. Namun apa yang ditawarkan si Tornado ini biar bisa kompetitig? Yuk kita ulas lebih lengkap.

Tornado 552R ini menjadi varian Tornado series ke-empat yang hadir dalam kurun waktu 2 tahun terakhir, setelah sebelumnya mereka merilis Tornado 252R juga kembarannya Tornado 302R dan Tornado 402R beberapa bulan lalu.

Secara konsep desain tentunya sama satu lain, dimana keluarga Tornado series memiliki ciri khas lampu depan mono juga memiliki desain yang aerodinamis dan sporti. Lampu depannya mengusung model dual lampu projie LED bertumpuk vertikal.

Skilas memang memiliki kemiripan dengan varian motor sport Suzuki seperti Suzuki GSX-S1000 tapi sebenarnya model ini mengacu pada model legendari Benelli Tornadi yang memang sudah ada sejak tahun 90an dimana Superbike Tornado memiliki ciri khas model lampu depan mono alias satu lampu depan dengan bentuk vertikal. Nah, coba GSX-R150 Facelift lampunya kayak gini ya, hehe…

Bahkan sebenarnya, sebelum Tornadi 552R ini model lampu ini sudah digunakan pada motor konsep Benelli TNT 500 , Baca : Bermuka Belalang! Benelli TNT899 2022 Bermesin 3 Silinder Resmi Dirilis

Tak hanya bagian depannya yang memang memiliki ciri khas, bagian bodi sampingnya pun terlihat aerodinamis, body belakang yang minimalis juga rangka teralis yang kokoh, knalpot underbelli, ergonomi ridingnya juga lebih sporti karena menggunakan model clip on underyoke, tapi memiliki tinggi jok yang hanya 790mm yang sangat ramah bagi rider Asia, walaupun begitu pihak Benelli menawarkan opsi jok yang bisa disetting lebih dari 800mm untuk sensasi berkendara yang lebih menyenangkan.

Dariu segi fitur juga gak main-main, bukan hanya lampu yang serba LED, Benelli 552R sudah didukung panel meter TFT warna 5 inch yang bisa terkoneksi dengan smartphone, tentunya bisa menampilkan peta navigasi dan juga proyeksi layar, memiliki 2 mode daya, USB Charger dan sensor tekanan ban.

Didukung juga dengan perangkat dengan brand-brand ternama seperti suspensi depan Upside down dari Marzochi, kaliper rem radial dari Brembo, perangkat piringan cakram dari Sunstar, dan juga ban Pirelli berukuran 120/70 ZR17 dibagian depan dan belakang 160/60 ZR17. Semakin canggih karena sudah dilengkapi Traction control dan juga rem ABS dual channel.

Sedangkan untuk mesinnya, Benelli Tornado 552R 2024 ini mengusung mesin 549cc inline twin alias 2 silinder segaris yang mampu memuntahkan tenaga puncak diangka 45.0KW atau setara 60 Hp pada putaran 8500rpm dan  torsi puncak 55.0N·m/6000rpm. Motor ini diklaim mampu mencapai topspeed 192 km per jam.

Terakhir, pihak Benelli China membanderol motor ini dengan harga 32.800 Yuan atau jika dikonversikan kedalam rupiah setara dengan Rp. 67,2 jutaan, ya setara harga CBR250RR nih, hehe… Tapi tentunya harga disana masih dalam kondisi off the road.

Di pasar domestik China, motor memiliki beberapa pesaing dikelasnya, diantaranya.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!