Kirain Skutik KTM, Ternyata SYM JET SL 125 Versi 2023

Warungasep.net – Masih ingat KTM RC390 versi lawas yang masih pakai dua projie headlight? Nah, ternyata konsep tersebut mirip dengan salah satu produk asal Taiwan SYM. Inilah SYM JET SL 125 versi 2023, selain memiliki tampang yang bengis, ya boleh dibilang mirip dengan moncongnya RC series KTM lawas, tapi juga punya performa yang lumayan. Padahal mesinnya cuma 125cc, tapi sudah liquid cooled alias pakai radiator dan juga dijejali beragam macam fitur modern.

Buat yang belum tahu, SYM JET SL 125 merupakan varian tambahan dari SYM JET series. Dimana skutik di segmen menawarkan performa juga karakter racing, sebut saja SYM JET SR 125. Keduanya pun memiliki beberapa kesamaan, sebut saja lampu DRL LED yang berada di stang, keduanya memiliki dua suspensi belakang, sama-sama dek rata dengan tangki didepan dan memiliki ban ukuran gambot dengan ukuran rim yang kecil yakni 12 inch dan yang unik adalah keduanya memiliki dual lampu projie LED fish eye, namun bedanya SYM JET SL lampunya ini lebih compact dan minimalis.

Oh ya, sebenarnya JET SL ini sama sekali enggak meniru KTM RC series, karena trend lampu fish eye seperti ini lebih dulu SYM hadirkan pada varian SYM CRUISYM 250i . Fitur unggulan lainnya skutik pesaing Suzuki GSR 125  ini punya panel speedo full digital yang dilengkapi tachometer, lalu sudah ada USB Socket charger, bagasi luas yang muat helm full face dan double dick brake depan belakang yang sudah ABS.

Dan untuk versi 2023, SYM JET SL 125 diberi tambahan fitur, diantaranya system pengereman Anti Lock Braking System (ABS) yang lebih ditingkatkan ke versi 10.3 besutan Bosch yang bisa memperpendek jarak pengereman lebih efisien dan efektif dan juga terdapat Traction Control… Hmmm, skutik 125cc sekarang canggih-canggih ya, hehe…

Satu lagi perbedaannya, jika JET SR masih pakai mesin berpendingin udara nah JET SL ini sudah upgrade mesin 125cc berpendingin cairan. Sehingga bisa head to head dengan Yamaha Cygnus Gryphus yang sama-sama pakai radiator di kelas 125cc.

Otomatis motor ini memiliki peningkatan performa dari 11 Ps menjadi 12,9 Ps. Untuk melihat detail speknya bisa lihat dibawah ini :

Spesifikasi SYM JET SL TCS MY 2023

Nama model
JET SL 125
Panjang, lebar dan tinggi (mm)
1815 x 710 x 1100
Jarak sumbu roda (mm)
1290
Perpindahan (CC)
124,6 CC
Tipe Mesin
Empat langkah, empat katup, berpendingin air
Ban (depan)
110 / 70-12
Ban (belakang)
120 / 70-12
Batasi berat (kg)
127.0 kg
Sistem rem depan
Rem cakram + ABS
Power
12,9ps
Sistem rem belakang
Rem cakram + ABS
Torsi
 11,57Nm
Bahan roda belakang
aluminium
Lampu depan
LEDx2
Lampu sein
LED
Lampu belakang & lampu rem
LED
Sinyal belok depan
12 V 16W ​​× 2
Lampu arah belakang
12 V 10W × 2
Dasbor
LCD + LED
Sakelar utama
Tujuh dalam satu kunci sentral
Perangkat anti-pencurian
Magnet anti pencurian
Jok terbuka
Kunci sentral terbuka

Terakhir, Pihak SYM Taiwan menjual motor ini dengan banderol harga 96,800 TWD atau setara Rp. 50jutaan dan dijual dalam 3 pilihan warna diantaranya warna smoked Tea Black, Polar White, dan Smoked Purple.

Kira-kira jika PT. MForce Indonesia masukin motor ini kesini bakal ada yang beli enggak ya?

2 Comments

  1. Useeehhh … harga di Taiwan aja udeh deketin Skutik X-Max, kalo masup dimarih mah warga +62 awto berfikir keras buat meminang skutik ini

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!