Jumlahnya Turun?! Honda Bikers Day Malang 2023 Hanya Dihadiri 24.877 Bikers

Warungasep.net – Sempat terhenti akibat pandemi, akhirnya ajang kumpul bikers Honda terbesar se-Indonesia kembali di gelar. Kali ini Honda Bikers Day (HBD) 2023 dilangsungkan di Lapangan Rampal, Malang, Jawa Timur, (28/10). Tercatat, jumlah peserta HBD Malang 2023 ini menyentuh 24.877 bikers. Angka tersebut turun jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Karena sebelumnya event tahunan yang merupakan event akbar ajang kumpul komunitas bikers Honda terbesar bukan hanya di Indonesia tapi di dunia ini lebih dari angka 25ribu bikers. Kita coba bandingkan dengan 3 event HBD pada saat sebelum pandemi.

Peserta acara HBD terbesar yang pernah digelar oleh AHM adalah saat event HBD Ambarawa 2019 lalu yang mencapai angka 27 ribu bikers, dan jika ditotal dengan jumlah peserta HBD Regional 3 pulau tembus 34.840 bikers.

Dan HBD tahun ini tentunya sama dengan tahun-tahun sebelumnya dimana sebelum acara puncak yang digelar di kota Malang, sebelumnya AHM menggelar HBD regional yang dilangsungkan di 3 pulau di Indonesia, diantaranya :

  1. HBD regional Sumatera (23/9) di PKOR Way Halim, Lampung pada 23 September 2023. Digawangi oleh PT Tunas Dwipa Matra sebagai main dealer sepeda motor Honda wilayah Lampung serta didukung oleh seluruh main dealer wilayah Sumatera lainnya, ajang tersebut berhasil menyatukan sekitar 5.000 bikers.
  2. HBD Regional Kalimantan berlokasi di Qubu Resort, Pontianak, Kalimantan Barat, pada 30 September, dengan dimeriahkan oleh lebih dari 2500 bikers dan dihelat oleh Astra Motor Kalimantan Barat, main dealer sepeda motor Honda wilayah Kalimantan Barat serta didukung oleh seluruh main dealer wilayah Kalimantan lainnya.
  3. HBD Regional di Sulawesi yang digelar oleh PT Daya Adicipta Wisesa, main dealer sepeda motor Honda wilayah Sulawesi Utara serta didukung oleh seluruh main dealer wilayah Sulawesi lainnya. Sekitar 2.000 bikers hadir di Lapangan Rindam XIII Merdeka, Tomohon, Sulawesi Utara pada 7 Oktober lalu.

Pada acara puncak, AHM bekerjasama dengan main dealer area Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur, PT Mitra Pinasthika Mulia serta dukungan main dealer lain di wilayah Jawa, Bali dan NTB, menjadi tuan rumah puluhan ribu bikers Honda dari seluruh Indonesia pada HBD 2023. Para bikers dari berbagai komunitas dan pecinta sepeda motor Honda mendaftarkan diri secara antusias sejak tanggal 12 Agustus 2023. Tercatat total bikers yang melaju dari berbagai daerah ke Malang, Jawa Timur untuk merayakan kebersamaan pada puncak HBD mencapai 24.877 bikers.

Jika dijumlahkan, maka total peserta dalam semua rangkaian acara Honda Bikers Day 2023 ini mencapai 34.377 bikers Honda yang berasal lebih dari 750 club dan komunitas Honda yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tapi tentunya yang terpenting dari event HBD ini bukanlah soal kwantitas jumlah peserta tapi lebih untuk mempersatukan ribuan komunitas untuk bisa berkumpul di suatu tempat agar bisa lebih terjalin silaturahmi dan persaudaraan.Apalagi setelah pandemi, event seperti ini sempat dilarang dan ditiadakan akibat kebihjakan dari pemerintah sehingga event HBD tahun 2023 ini menjadi ajang nostalgia dan temu kangen antar komunitas.

Bukan hanya itu, Honda Bikers Day yang pada tahun ini merupakan event ke-12 ini menjadi cerminan loyalitas dan kuatnya ikatan emosional pengguna setia sepeda motor Honda yang semakin besar dan tak lekang oleh waktu. Soliditas lintas generasi dan gender juga terlihat dari kekompakan keluarga bikers Honda yang turut hadir dan berpartisipasi selama acara. Aura kebersamaan penuh arti semakin menguat diiringi aktivitas pendongkrak nasionalisme yang dikemas dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda. Semangat tersebut ditunjukkan dengan kegiatan kontributif sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap masyarakat sekitar.

HBD yang digelar di Malang tahun ini mengusung tema ”Bersama Penuh Arti” yang memiliki makna mendalam, yakni saling menemani meraih mimpi sekaligus merasakan kesenangan berkendara bersama komunitas Honda yang tersebar di seluruh Indonesia. Setelah vakum tiga tahun karena pandemi, HBD 2023 menjadi momen kebersamaan melepas rindu dengan sahabat yang sudah lama tidak bertemu, ataupun memperluas hubungan dengan anggota baru lainnya. Kebersamaan ini juga membawa dampak positif untuk masyarakat terutama UMKM yang terlibat di acara maupun di sekitar acara, sehingga dapat turut berkontribusi meningkatkan perekonomian daerah penyelenggaraan acara.

General Manager Marketing Planning and Analysis PT Astra Honda Motor Andy Wijaya mengatakan gathering akbar Honda Bikers Day merupakan salah satu bentuk apresiasi kepada komunitas Honda serta perwujudan mimpi mereka yang merindukan kebersamaan, kekompakan, dan kuatnya persaudaraan puluhan ribu bikers pecinta sepeda motor Honda di Indonesia.

”Sejak tahun 2009, Honda Bikers Day menjadi ajang yang selalu dinanti para bikers pecinta sepeda motor Honda untuk bersatu menjalin persaudaraan dan kebersamaan. Jumlah bikers yang mengikuti HBD terus meningkat dari tahun ke tahun, menariknya selalu diiringi dengan aksi positif yang bermanfaat untuk masyarakat sekitar. Terima kasih untuk loyalitas, kepercayaan, dan ikatan silahturahmi kuat para bikers Honda,” ucap Andy.

Ciri khas kegiatan yang melibatkan bikers seperti HBD selalu ditandai dengan kegiatan positif sekaligus inspiratif. Bersamaan dengan HBD nasional di Malang, para bikers melakukan kegiatan sosial, berupa pemberian prasarana tenda kepada UMKM untuk mendukung usahanya di sekitar Lapangan Rampal. Selain itu, perwakilan komunitas Honda dari berbagai provinsi yang diinisiasi para Ketua Paguyuban komunitas Honda melakukan gerakan pelestarian peninggalan budaya, yakni membersihkan areal Candi Singosari dan penambahan jumlah tempat sampah.

Tak hanya berkumpul dan bersilaturahmi, bikers yang hadir di HBD nasional disuguhkan berbagai aktivitas seperti games seru yang semakin menguatkan kebersamaan para bikers Honda, antara lain berbagai games perorangan dan kelompok, pameran penjualan official merchandise, lapak bikers, pameran produk sepeda motor Honda, test ride sepeda motor Honda, pertunjukan musik, hingga kontes modifikasi. Semoga berguna…

 

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!