Final Honda Dream Cup 2023 Digelar di Tasikmalaya

Warungasep.net – Sempat tertunda akibat pandemi, akhirnya gelaran balap OMR Honda Dream Cup (HDC) 2023 kembali di gelar. Ajang balap yang mewadahi yang mewadahi talenta pebalap muda sekaligus ruang aktualisasi pegiat balap di Tanah Air ini hadir semakin seru dan kompetitif dengan pilihan kelas terlengkap. Dalam kegiatan ini tentunya AHM bekerja sama dengan PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku Main Dealer Sepeda Motor dan Suku Cadang Honda di Jawa Barat sebagai tuan rumah.

HDC tahun ini digelar dalam 4 seri, seri pertama berlangsung di Surabaya, dilanjutkan seri kedua di Sulawesi, ketiga di Sumatera dan sirkuit Bukit Peusar Tasikmalaya ditunjuk sebagai tempat seri pamungkas balapan ini. Event ini digelar selama 2 hari dari mulai tanggal 25 – 26 November 2023.

Sirkuit Bukit Peusar yang merupakan sirkuit permanen Tasikmalaya ditunjuk untuk menggantikan sirkuit sebeleumnya yang biaanya digelar di sirkuit Brigif Cimahi. Salah satunya adalah untuk menjangkau antusiasi para penonton yang berada di daerah Priangan Timur yang tentunya menjadi salah satu dari sekian banyaknya konsumen sepeda motor Honda.

Seluruh pebalap di HDC Tasikmalaya berkompetisi diatas lintasan sepanjang 1.200 meter dengan lebar rata-rata 6-8 meter serta terdiri dari 5 tikungan ke kiri dan 8 tikungan ke kanan. Ini akan menjadi tempat pengembangan dan pengetesan ketangguhan sepeda motor Honda bagi para pebalap dan tim yang akan bertarung di seri terakhir HDC 2023.

Pada hari Sabtu disaat sesi kualifikasi HDC 2023, kegiatan dimulai dengan kegiatan HDC tour yang dilaksanakan di SMK Negeri 4 Tasikmalaya pada 25 November 2023 dimana dalam kegiatan ini para siswa SMA/SMK sederajat diajak sharing melalui Racing Technical Forum yang akan diisi oleh pebalap Gery Salim dan mekanik Astra Honda Racing Team (AHRT) untuk berbagi pengalaman yang mereka miliki dalam persaingan balap di Asia. Para peserta juga diberi edukasi terkait pentingnya Safety Riding dari para Instruktur Safety Riding DAM.

Dan pada hari Minggu pada pergelaran Final HDC Tasikmalaya, kegiatan diisi dengan aktifitas City Rolling yang dilakukan oleh Komunitas Honda Tasikmalaya (Khotak) dengan berkeliling kota Tasikmalaya yang bertujuan untuk menunjukan eksistensi komunitas sepeda motor Honda sekaligus mengajak warga masyarakat Kota Tasikmalaya untuk ikut memeriahkan event balap paling bergensi di Indonesia sekaligus. Kegiatan ini pun tak luput dari pentingnya keselamatan berkendara dengan memberikan contoh penggunaan safety gear saat berkendara.

Sebelum dimulainya balapan, HDC dibuka dengan acara seremonial yang diikuti oleh seluruh manajemen PT. DAM bersama sponsor. Chief Operating Officer DAM, Lerri Gunawan mengatakan, HDC merupakan ajang positif bagi para pecinta balap di Indonesia, khususnya para pebalap muda di Jawa Barat. HDC juga memberikan wadah bagi mereka untuk mengasah kemampuan dan mewujudkan mimpi mereka untuk menjadi pebalap profesional.

“Kami mengundang seluruh pecinta balap di Jawa Barat untuk dapat bergabung dan merayakan bersama-sama HDC di Tasikmalaya mengakomodasi hobi balap masyarakat. Kami harap HDC dapat melahirkan bakat-bakat talenta muda di daerah Jawa Barat untuk bisa berprestasi di level Nasional maupun Internasional,” ujar Lerri.

HDC melombakan 9 kelas utama yakni Sonic/GTR 150 Expert/novice (HDC 1), Sonic/GTR150 Rookie U-16 (HDC 2), Sonic/GTR150 Beginner U-12 (HDC 3), CBR Pemula (HDC 4),  Supermoto tune-up 180cc terbuka (HDC 6), Matic Standar s/d 130 Wanita (HDC 7), Matic tune up s/d 130 terbuka (HDC 9). Semakin menarik, ada juga kelas baru seperti Supermoto 150 standar pemula (HDC 5) dan juga Matic Standar s/d 130 Pemula (HDC 8) untuk semakin memfasilitasi bakat-bakat pebalap di Indonesia yang beragam.

Dan balapan HDC ini merupakan ajang pembibitan para pembalap berpretasi di Indonesia, seperti diantaranya Mario Aji, Fadilah Arbi Aditama hingga sang juara Asia musim ini yaitu Veda Ega merupakan para pembalap jebolan ajang balap OMR HDC sebelumnya.

Di seri Final HDC Tasikmalaya kini muncul nama-nama baru para talenta muda berbakat, seperti diantaranya Radeta Arya Khanafi yang menjadi juara di kelas HDC1, juara HDC2 ada Reykat Yusuf Fadilah, Bintang Pranata juara HDC3, Kiandra Ramadipa di kelas HDC4 dan yang tak kalah seru adalah aksi Chessy Melandri yang menjadi juara kelas Supermoto HDC6. Yang menarik para juara tersebut adalah hasil binaan PT. AHM di sekolah balap Astra Honda Racing Shool (AHRS) yang selalu konsisten melahirkan para pembalap muda berbakat di Indonesia.

Tak hanya menonton keseruan balap, saya bersama rekan Blogger kang Yadi dari Motoridweb juga para Vlogger Jabar seperti kang AjGum, Apih MotoTV dan vlogger jurig mang Epul Saepul Wae mengikuti beragam kegiatan lainnya yang disajikan untuk para pengunjung.

Seperti mengikuti game seru dengan banyak hadiah dan doorprize menarik, tesride produk terbaru Honda, mengunjungi exhibition para sponsor dan juga hiburan live musik dari Reregean, Hydro Koplo, dan Noin Bullet di panggung hiburan yang siap menemani pengunjung selama gelaran HDC.

Oh ya, yang berbeda di HDC tahun ini adalah para pecinta balap bisa melihat setiap seri balapan secara live di di seluruh kanal sosial media Astra Honda Racing Team seperti YouTube Astra Honda Racing Team, Instagram @astrahondaracingteam, dan juga Facebook page Astra Honda Racing Team. Jadi, sampai jumpa lagi di HDC tahun depan, sepertinya bakal lebih seru lagi…

2 Comments

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!