Upgrade Mesin! Yamaha Lexi LX 155 2024 Rilis di Indonesia, Nmax Versi Murah Nih?!

Warungasep.net – Seperti yang diprediksikan sebelumnya, ternyata benar… Di awal tahun ini Yamaha Indonesia rilis motor baru. Dan inilah Yamaha Lexi LX 155 2024 yang merupakan facelift daripada Lexi 125 yang upgrade mesin dengan kapasitas lebih besar yang tentunya menjadi lebih kencang, lebih nyaman, lebih canggih tapi dengan desain yang lebih simple, praktis dan juga banderol harga yang lebih murah. Biar enggak penasaran, yuk kita kupas lebih detail.

Pertama kita bahas desainnya terlebih dahulu, Secara keseluruhan desain Lexi LX155 ini memiliki garis desain dan juga konsep yang sama seperti Lexi lawas, skutik yang praktis dengan kenyamanan maximal. Maka tidak heran, Yamaha Indonesia memberikan tagline “Simple but Maxi” yang hadir untuk menjawab keinginan konsumen yang membutuhkan motor kelas premium dengan performa MAXimal serta karakter simpel dan praktis.

Tapi pihak Yamaha memberikan perubahan signifikan secara detail terutama di area wajah. Masih mengusung model sahep lampu single dengan 3 reflektor, dimana lampu utama berada di kedua sisi, sedangkan lampu jauh ada di bagian tengah. Dipermanis dengan lampu DRL yang jika menyala akan membentuk huruf “V”.

Lampu sein-nya terpisah di bagian atas, namun jika dilihat secara keseluruhan, wajah baru Lexi ini memang harus memiliki sudut pandang yang pas untuk bisa memahami bahas desain yang Yamaha tawarkan. Karena seperti biasa, produk Yamaha saat ini memiliki bentuk yang serba membulat, berbanding terbalik dengan Honda yang lebih menonjolkan sisi sporti dengan sudut tajam, Yamaha cenderung lebih ke arah elegan dan menawarkan desain yang berkelas khas skutik Maxi Yamaha.

Perubahan juga tampak pada bodi depan bagian samping, dimana lebih menyiku dan dimensinya berubah menjadi sedikit lebar. Sedangkan untuk bodi belakang sepertinya masih mempertahankan model Lexi sebelumnya dimana memiliki dek rata yang lebar dan luas sehingga lebih praktis dan nyaman karena memiliki jok yang lebih rendah, dengan tambahan spakbor belakang yang memiliki lampu penerang plat nomor.

Untuk membuatnya lebih segar dan memikat konsumen, Yamaha juga menawarkan beragam fitur modern pada skutik terbarunya ini. Diantaranya.

  • Stop & Start System yang berfungsi mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu saat motor sedang berhenti.
  • Selain itu terdapat Smart Motor Generator berfungsi membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan.
  • Untuk LEXi LX 155 Connected ABS lebih terasa istimewa karena memiliki sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System) untuk mengoptimalkan pengereman saat berkendara dan semakin nyaman dikendarai.
  • Pada bagian kaki-kaki, motor ini dilengkapi dengan Sub-Tank Suspension. untuk peredaman yang lebih optimal sehingga turut mendukung performa berkendara yang lebih nyaman di berbagai kondisi jalan.
  • Kenyamanan mengendarai LEXi LX 155 semakin bertambah karena memiliki ban lebar tubeless dengan ukuran ban depan 90/90 – 14”, ban belakang 100/90 – 14”.
  • Selain itu terdapat Handlebar Switch Control dengan desain baru, fitur ini berfungsi memudahkan untuk merubah informasi dan pengaturan pada speedometer dengan tombol pengatur ada di handle sebelah kiri.
  • Tak ketinggalan, untuk mendukung kelancaran komunikasi biker LEXi LX 155 disematkan electric power socket yang bermanfaat untuk mengisi daya gadget.
  • Semakin futuristik karena menggunakan full LCD speedometer dengan desain baru yang futuristik dan informatif.
  • Smart Key System yaitu sistem kunci canggih tanpa anak kunci (keyless) dilengkapi fitur Answer Back System yang memudahkan pengendara mencari posisi parkir motor.

Sama seperti series Maxi Yamaha lainnya, Lexi baru ini pun bisa terkoneksi dengan aplikasi Y-Connect*. Dengan menginstal aplikasi Y-Connect dan menghubungkan smartphone ke S-CCU motor, pengguna dapat menerima berbagai informasi bermanfaat. Diantaranya memperoleh informasi mengenai rekomendasi perawatan motor, konsumsi BBM, lokasi parkir terakhir, notifikasi malfungsi, notifikasi pesan dan telfon masuk yang tampil pada speedometer, ranking berkendara terkait jarak tempuh (mileage) dan konsumsi bensin (eco point), riding log atau histori perjalanan serta Revs Dashboard berpenampilan atraktif.

Dan yang menarik, Lexi versi 2024 ini mengusung mesin baru yang sepertinya sama dengan Nmax maupun Aerox, yakni dilengkapi dengan mesin Blue Core 155 cc generasi terbaru. Sentuhan pembaharuan tersebut dapat dilihat pada design camshaft, piston dan head serta jalur oli, sehingga menghasilkan performa lebih baik karena minim gesekan serta vibrasi. Mesin terbaru pada LEXi LX 155 menghasilkan tenaga maksimum sebesar 11.3 kW/8000 rpm dan torsi maksimum sebesar 14.2 Nm/6500 rpm. Selain itu, mesin LEXi LX 155 juga telah berteknologi VVA (Variable Valve Actuation), SOHC, 4 valve dan liquid cooled.

Terakhir, Yamaha menyediakan LEXi LX 155 dalam tiga varian yaitu LEXi LX 155 Connected ABS dengan warna Magma Black, sedangkan LEXi LX 155 S Version mempunyai tiga warna yakni Magma Black, Elixir Dark Silver dan Matte Red, serta LEXi LX 155 dengan warna Metallic Black, Matte Grey dan Metallic Red. Yamaha memasarkan LEXi LX 155 Connected ABS seharga Rp 29.900.000 OTR Jakarta, LEXi LX 155 S version Rp 26.850.000 OTR Jakarta, dan LEXi LX 155 Rp 25.350.000 OTR Jakarta.

Melihat hal ini kita bisa kesimpulkan, jika Lexi LX 155 ini tidak lagi menyasar Vario 125 sebagai lawan utamanya. Dengan mengupgrade kapasitas mesin dan fitur baru yang lebih canggih sepertinya produk terbaru Yamaha ini bisa dibilang head to head dengan produk Honda Vario 160 eSP+. Sepertinya menarik nih jika kita buat komparasi keduanya ya, hehe… Oke deh, next artikel akan saya bikin, ditunggu saja…

3 Comments

  1. Jadi siga motor naon nya payun na. Hehe
    Kaémutan SYM mang naha nya, sugan bisi panon abdi nuju tileng 😂
    Tapi sae lah rada sporti nu ieu mah

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!