Fitur dan Spesifikasi Honda EM1 e: 2023, Cuma Bisa 45 Km Doang?!

Warungasep.net – AHM resmi merilis motor listrik pertama di Indonesia yang bisa dimiliki oleh konsumen. Namanya adalah Honda EM1 e: . Skuter listrik yang memang menjadi produk global proyek netralisasi karbon Honda yang sudah mulai dijual di seluruh dunia termasuk Eropa, Jepang dan kini hadir di tanah air. Pastinya kalian penasaran dengan skuter listrik ini, dengan banderol Rp 40-45 jutaan apa sih kelebihan motor ini kok bisa dibanderol semahal itu? Untuk itu yuk kita ulas sedikit saja, hehe…

Honda EM1 e: ini memberikan sensasi kenyamanan dalam mengendarai sepeda motor listrik menyerupai kendaraan konvensional baik digunakan sehari-hari untuk berkendara sendiri maupun berboncengan. Skuter listrik Honda ini pun memiliki desain modern-compact dan berkualitas tinggi, jadi jangan heran jika model yang dijual disini juga sama dengan yang ada di Eropa.

Menjadi kendaraan yang menyongsong masa depan, hehe… Tentunya skutik ini syarat dengan fitur modern. Didukung dengan baterai Honda Mobile Power Pack e: (MPP e:) yang dilengkapi dengan sistem Battery Safety-Lock, membuat baterai ini stabil di tempatnya, sehingga memberikan kemudahan dan keamanan bagi pengendara.

Tak hanya itu, Honda EM1 e: juga memiliki fitur unggulan lainnya, diantaranya :

Fitur Honda EM1 e:

1. Lampu serba LED

Honda EM1 e: telah dilengkapi dengan teknologi lampu LED di semua titik pencahayaan. Dalam mendukung mobilitas penggunaannya sehingga lampu utama, lampu sein lampu DRL hingga lampu rem semuanya pakai LED.

2. USB charger type A

Sepeda motor listrik berdesain modern – compact ini juga dilengkapi dengan Inner Rack dan USB charger type A. Sehingga kalian tidak perlu membeli adapter tambahan seperti motor lainnya, jadi tingga colok saja.

3. Panel meter full digital

Informasi penggunaan sepeda motor listrik ini telah didukung dengan digital panel meter yang dapat menunjukan kecepatan, jarak, jam, trip meter, pilihan mode daya (Standar dan hemat/ECON) serta indikator baterai. Lengkap!

4. Rem Conbi Brake System (CBS)

Pada sisi pengereman juga telah dilengkapi dengan cakram depan berukuran 190mm dan drum brake pada sisi belakang yang terkoneksi dengan Combi Brake System (CBS) untuk memperhalus pengereman.

5. Ban 12 inch

Sementara itu, ban depan berukuran 90/90 dengan velg 12 Inci dan ban belakang berukuran 100/90 dengan velg 10 Inci. Terlihat padat dan sporty seperti skutik konvensional.

Tak hanya itu, pada bagian ruang kaki semakin nyaman dengan desain pijakan yang datar dan luas. Sepeda motor listrik ini juga memiliki jok yang dapat digunakan secara pribadi maupun berboncengan dan memiliki tinggi dari permukaan tanah 135mm.

Bagaimana dengan mesinnya? Honda EM1 e: ini memiliki performa yang halus dan responsif layaknya sensasi menggunakan sepeda motor konvensional yang dihasilkan oleh motor penggerak dengan tenaga maksimal 1,7 kW. Dukungan baterai MPP e: yang dapat dilepas-pasang (detachable) turut memberikan kemudahan konsumen. Untuk lebih detailnya kalian bisa lihat dibawah ini :

Spesifikasi Honda EM1 e:

Tipe Motor In-Wheel Brushless Motor
Power Maksimal 1,7 kW/540 rpm
Tipe Baterai Lithium-ion
Voltase Baterai 50,26 V
Kapasitas Baterai 26,1 ah
Berat Baterai 10,3 kg
Waktu Pengisian Baterai (0-100%) 6 jam / (25-75%) 2,7 jam
Panjang x Lebar x Tinggi 1795 x 680 x 1080 mm
Jarak Sumbu Roda 1300 mm
Jarak Terendah ke Tanah 135 mm
Tinggi Tempat Duduk 740 mm
Berat Kosong 93 kg
Tipe Rangka Underbone
Ukuran Ban Depan 90/90 – 12 44J
Ukuran Ban Belakang 100/90 – 10 56J
Rem Depan Cakram Hidolik
Rem Belakang Tromol
Sistem Pengereman Combi Brake System
Tipe Suspensi Depan Teleskopik
Tipe Suspensi Belakang Suspensi Belakang Ganda
Kelistrikan 41,1 km (WMTC Mode)
Kecepatan Maksimal 45 km/h

Dalam melakukan pengisian daya baterai, konsumen dapat melakukan pengisian daya dengan Honda Power Pack Charger e: dengan waktu pengisian daya 2,7 jam (160 menit) untuk 25%-75% dan 6 jam untuk 0%-100% maupun konsumen dapat mengunjungi Honda Power Pack Exchanger e: untuk menukar baterai yang telah terisi penuh. Sebagai sarana pendukung mobilisasi area perkotaan, Honda EM1 e: mampu mencapai kecepatan maksimal 45 km/h dengan jarak maksimal 41,1 km.

Terbilang sedikit sih jaraknya ya, beda dengan Honda EM1 e: versi China yang bisa menempuh jarak 95 km dan bahkan bisa connecr smartphone (baca : Bikin Iri, Honda U-GO Versi 2023 di China Bisa Connect Smartphone ).

Terakhir, untuk harganya AHM menjual Honda EM1 e: yang sudah dilengkapi baterai MPP e: dipasarkan dengan harga sekitar Rp 40 juta – Rp 45 juta. Terbilang mahal, tapi tentunya dengan rincian jika satu unit Honda EM1 e: hanya dibanderol Rp 30 juta – Rp 33 juta saja tapi ditambah harga baterai MPP e: Rp 10 juta – Rp 12 juta sehingga jika ditotal tentunya akan berada di angka 40jutaan.

Dan ternyata Honda EM1 e: ini enggak dijual sembarangan karena hanya dijual dijual pada jaringan dealer sepeda motor Honda yang memiliki logo Honda e: shop. Honda EM1 e: mulai didistribusikan ke konsumen pada Desember 2023 dan dijual dalam 3 pilihan warna diantaranya warna Innovative White, Intelligent Matte Black dan Smart Red.

Jadi buat yang penasaran silakan kunjungi GIIAS 2023 atau langsung saja ke dealer Honda yang memiliki logo Honda e: shop ya…

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!