Penjualan Sepeda Motor 2018 di Australia : Honda Kuasai 23,9 Persen, Ninja 400 Jadi Yang Terlaris

Honda CB125E Motor Paling Laris di Australia

Warungasep.net – Mengawali tahun 2019 ini saya akan ahas artikel yang tentunya sangat ditunggu-tunggu oleh pemirsa, apalagi kalo pembahasan tentang data penjualan sepeda motor. Sayangnya data ini bukan membahas tentang data penjualan sepeda motor di Indonesia, melainkan di negara tetangga yaitu di negara Australia. Yaah, penonton kecewa deh, hehe… Tapi gak apa-apa lah, siapa tahu banyak diantara pemirsa yang penasaran bagaimana pekembangan penjualan sepedamotor di negeri Kangguru tersebut, apakah disana juga Honda menguasai market share? Apakah Honda Beat disana terjual jutaan unit? Yuk, kita simak jawabannya dibawah ini…

Jika di Indonesia ada yang namana AISI, nah di Australia sana nama lembaga yang mengungkap data penjualan sepeda motor disana namanya FCAI. Jika di Indonesia hanya ada 5 pabrikan saja yang masuk lembaga, sedangkan anggota FCAI ini ada sekitar 20-an pabrikan dari mulai pabrikan Jepang, Eropa hingga pabrikan India, terkecuali pabrikan China.

Total penjualan sepeda motor Australia yang saya rangkum dari media MCNews Australia menyebutkan jika selama tahun 2018 kemarin, total penjualan sepeda motor di Australia mencapai angka 95.080 unit. Kecil banget, bahkan lebih kecil dibandingkan penjualan Yamaha di Indonesia setiap bulannya. Bahkan, angka tersebut Turun jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang mencapai 104.111 di tahun 2017 dan 114ribuan di tahun 2019, media tersebut menyebutkan jika penjualan tersebut paling rendah jika dihitung dari tahun 2009 yang lalu. wah, berbeda sekali dengan penjualan di negeri kita yang semakin meroket, hehe…

Jika pemirsa tanya, apakah Honda menguasai penjualan disana? Jawabannya ya, betul sekali.. Cuma bedanya jika dikita Honda bisa menguasai 3/4 total market share, disana Honda hanya kebagian 23,9 persen saja, alias seperempatnya saja. Tapi walupun begitu Honda masih jadi pemimpin market share di negeri Kangguru dengan penjualan sebanyak 22.735 unit selama setahun. wow, kecil banget, setara penjualan Nmax selama sebulan tuh pemirsa hehe..

Bagaimana dengan Yamaha? Ternyata tipis banget… Jika dikita penjualan pabrikan sayap dengan garputala itu bagaikan Langit dan Palung Mariana, disana penjualan Yamaha dengan Honda hanya selisih seribuan unit saja yakn hanya 21.145 unit dalam setahun atau menguasai sekitar 22,2 persen saja. wah tipis banget…

Sedangkan untuk pabrikan Jepang lainnya yaitu Kawasaki dalam tahun 2018 kearin terjual 9.376 unit atau menguasai 9,9% diikuti oleh Suzuki dengan 7.557 penjualan atau sekitar 7,9%. Disusul selanjutnya ada pabrikan KTM dan juga Harley Davidson. Penasaran bagaimana perbandingan datanya pemirsa bisa lihat dibawah ini (Data dibawah adalah perbandingan penurunan market share antar pabrikan sepeda motor di Asutralia selama tahun 2018 dan 2017 ) :

Bagaimana? Pasti terkejut bukan melihat datanya?
Ternyata memang berbeda sekali dengan penjualan sepeda motor di tanah air tuh pemirsa. Oh ya, selain membahas tentang data market share, media tersebut juga memberikan data sepedamotor terlaris di Australia selama tahun 2018 kemarin.

Dan sangat berbeda dengan di negara kita yang dimana motor skutik benar-benar mendominasi penjualan, di Asutalia justru motor sport lah yang paling banyak terjual. Salah satunya adalah Kawasaki Ninja 400. Kembaran Kawasaki Ninja 20 FI ini terjual sebanyak 1.089 unit selama tahun 2018, tapi masih kalah dengan produk naked bike murah dari Honda yaitu Honda CB125E yang menjadi motor paling laris di tahun 2019 di Australia yang mecapai 1.113 unit, diposisi ketiga ada Yamaha MT07 yang mencapa 1002 unit dan Harley Davidson’s XG500 Street sebanyak 944 unit. Lengkapnya dibawah ini :

10 Motor terlaris 2018 di Asutralia :

Lalu bagaimana dengan Honda Beat? Apakah disana gak ada motor sebelas juta umat ini? Ternyata penjualan skutik disana gak ada apa-apanya tuh pemirsa, skutik terlaris di Australia hanya ada Honda NSC110 alias Honda Spacy yang hanya terjual sebanyak 500-an unit dalam setahun, kemudian ada Suzuki Address. Semoga berguna..

Sumber : http://www.mcnews.com.au/australian-motorcycle-sales-figures-2018/
Baca yang aneh lainnya :

Kontak Warungasep.net :

  • Email : warungasep@gmail.com
  • Facebook : Warungasep.net
  • Twitter : @Warungasep
  • Instagram : Warungasepnet

    Ditulis oleh Warungasep

    Advertisements
    Advertisements

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.




This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.