Pengalaman Pertama Ikutan Safety Riding Competition di SRC DAM Jawa Barat

Warungasep.net – Sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab kepada masyarakat terutama konsumen sepeda motor Honda di Jawa Barat, PT. Daya Adicipta Motora (DAM) terus mengkampanyeukan Keselamatan Berkendara atau Safety Riding. Salah satu bentuk nyata adalah dengan adanya Safety Riding Center (SRC) DAM yang berada di Bandung. Dan kemarin saya beserta sekitar 20 orang Blogger dan Vlogger diberi kesempatan untuk mendapatkan Pelatihan dan juga sekaligus mengikuti Kompetisi Safety Riding ditempat ini.

Jujur ini adalah kali pertamanya saya mengikuti event seperti ini.Jika untuk meliput kompetisinya sih sudah beberapa kali ya, salah satunya saat ajang Final Kompetisi Instruktur Safety Riding Honda 2018 Pekanbaru 2 tahun lalu. Tapi kali ini saya bukan sebagai pewarta melainkan sekaligus menjadi peserta. Tentunya banyak banget pelajaran dan pengalaman yang saya dapatkan tentang Safety Riding.

Ada sekitar 20-an peserta yang terdiri dari Blogger dan Vlogger di Jawa Barat, dari kalangan Blogger ada Mbah Muhsin Bonsaibiker, Alki Indoride, Mang Gilar Jalanberkharisma, Mbah Darmo Imotorium,mang Sodik Motorisblog, Uis Viwimoto, Andika Diego, Mang Arul Ndesoedisi, Apipotoblog dan saya sendiri. Dari kalangan Vlogger tentunya ada AJ Gum dan teh Jujumotovlog, ada juga Vlogger 2juta Subscriber Bobystunrider, dkk.

Pelatihan dimulai dengan training tentang Teori Safety Riding oleh Tammy Pratama, salah satu pembalap muda yang kini menjadi Instruktur Safety Riding-nya DAM. Disni banyak sekali ilmu dan beragam macam Teori yang kami dapatkan. Selanjutnya kita diajak untuk praktek langsung diatas trek yang mirip sirkuit atau yang diberi nama Course Safety Riding.

Nah perlu pemirsa ketahui jika di Safety Riding Center DAM Bandung ini fasilitasnya cukup lengkap, dibangung diatas lahan yang luas dan terdiri dari gedung Utama yang megah dan memiliki desain arsitektur yang modern. Course-nya sendiri juga tentunya sudah sesuai standar yang ditentukan pihak Honda Jepang. Dan fasilitas disini dibuka untuk umum dan gratis. Mungkin nanti saya akan bahas lebih lengkap artikelnya.

Praktek langsung diatas Course, pertama kita diajarkan prakter pengeram yang baik, kemudian praktek Slalom diatas course yang meliuk-liuk dan juga Narrow Plak yakni tekni keseimbangan. Dan kami disedikan beragam macam sepeda motor yang sudah dimodifikasi menggunakan crashbar sehingga lebih aman dikendarai. Ada sekitar 30 unit sepeda motor yang disediakan yang terdiri dari Honda CB150R, Honda PCX150, CRF150L dan juga Vario 150. Dan saat praktek dan kompetisi, motor yang kita pakai adalah Honda CB150R.

Menjelang siang hari, kompetisi pun dimulai. Jujur ini pengalaman pertama bagi saya ikutan kompetisi ini, dan ternyata yang lain juga sama karena memang event seperti ini baru digelar pertama kalinya di Jawa Barat, wajar karena fasilitasnya juga memang baru, hehe…

Untuk kompetisi terdiri dari 2 sesi, Pertama kita diuji di trek Slalom Course dan kedua diuji diatas papan sempit atau Narrow Plank, untuk melihat keseruannya pemirsa bisa lihat Vlognya dibawah ini :

Dan hasilnya berikut adalah 3 Blog/Vlogger dengan nilai terbaik :

  1. JUARA 1 BOBBY TRIA SANJAYA 1500 poin Mendapatkan hadiah Helm Nolan
  2. JUARA 2 RIZKY RADIANA 1271 poin mendapatkan Jaket Taichi
  3. JUARA 3 ALKI RAHMATULLAH 700 poin mendapatkan Tas Taichi

  • Juara Digital Activity Instagram : motorium mendapatkan SmartWatch MI Band

Seru banget, walaupun memang gak menang di kompetisi ini tapi setidaknya saya dan teman-teman Blogger dan Vlogger mendapatkan pelajaran dan ilmu juga pengalaman yang bermanfaat. Mungkin lain kali pemirsa juga bisa ikutan pelatihan seperti ini di Safety Riding Center Bandung. Karena kabarnya sepanjang tahun 2019, PT Daya Adicipta Motora telah memberikan edukasi kepada 36 ribu orang, mulai dari siswa-siswi sekolah SD/SMP/SMA, perusahaan, masyarakat umum dan juga komunitas pengguna sepeda motor.

General Manager Motorcycle Sales, Marketing, & Logistic DAM, Lerri Gunawan mengatakan dalam kesehariannya blogger dan vlogger banyak mengendarai sepeda motor sebagai teman dalam beraktivitas guna mendukung mobilitas yang tinggi. Pelatihan safety riding sangatlah penting, mulai dari memahami teknik dasar mengendalikan sepeda motor, mematuhi undang-undang lalu lintas dan etika dalam berkendara sehari-hari maupun ketika sedang touring dalam jarak jauh.

“Kami berharap teman-teman blogger dan vlogger dapat mempraktekkan ilmu yang telah diberikan oleh para tim instrukur kami, dalam kehidupan sehari-hari serta dapat menjadi contoh yang baik dalam berkendara untuk masyarakat,” ujar Lerri.

Baca yang unik lainya :

Kontak Warungasep.net :

Email : warungasep@gmail.com

Facebook : Warungasep.net

Twitter : @Warungasep

Instagram : Warungasepnet
Ditulis oleh Warungasep

1 Trackback / Pingback

  1. Safety Riding Center (SRC) DAM, Tempat Pelatihan Safety Riding Honda Pertama di Jawa Barat – WARUNGASEP ★★★☆☆

Komen Gratis !