6 Generasi Honda CBR150R Yang Ada di Indonesia

Warungasep.net – Honda CBR150R punya sisi historis yang menjadikan motor ini cukup digemari dan sebagai simbol motor sport favorit. Dimulai dari awal Milenium, motor sport fairing dengan image kencang ini sudah menjadi motor impian para bikers, hingga akhirnya motor ini sukses di pasarkan di Indonesia. Motor ini sudah ada 6 generasi di Indonesia, untuk itu akan saya tampilkan generasi awal hingga yang terbaru dari Honda CBR150R.

1. Honda CBR150R Karburator (2002)

Hadir sebagai successor NSR150R, Honda CBR150R hadir dengan mesin 4 tak 150cc DOHC overbore yang saat itu masih berpengabut bahan bakar karburator. Diproduksi di Thailand, motor ini sempat masuk ke tanah air secara impor CBU, dan menjadikannya CBR150R pertama yang hadir di Indonesia.

CBR150R pertama ini hadir dengan desain yang ramping dengan ciri khas lampu double, rangka Twinspar yang orang sini bilang “Deltabox” dengan varian warna yang terinspirasi dari Moge CBR Fireblade. Sayang, bandrol harga yang mahal karena motor impor, motor sport pesaing Suzuki FXR150 dan Kawasaki Ninja 150RR ini hanya sebatas motor impian kebanyakan bikers di tanah air.

2. Honda CBR150R FI (2010)

Mengikuti trend perubahan di negara asalnya, CBR150R generasi kedua hadir dengan perubahan dimensi yang lebih lebar, memiliki behel belakang “tanduk wifi” dan desain headlamp yang kontroversial karena cuma pakai single headlamp mengikuti desain Moge touring Honda VFR1200.

Walaupun begitu, masih mempertahankan fitur frame “Deltabox” Twinspar ditambah tanki yang kekar, ban gambot tapak lebar dan juga knalpot model midship yang unik, begitu juga dengan mesinnya yang sudah pakai teknologi injeksi sehingga lebih irit.

3. Honda CBR150R K45A (2014)

Generasi CBR150R ini adalah CBR150R pertama yang diproduksi secara lokal oleh PT. Astra Honda Motor selaku ATPM Honda di Indonesia. Desainnya mengikuti kakaknya CBR250R menggunakan dual keen eyes. Wajahnya mirip dengan moge Honda CBR1000RR Fireblade, sehingga saat memulai debut pertamanya, motor ini langsung diminati konsumen.

Ditambah lagi dengan bandrol harga yang lebih murah, desain yang lebih oke, sehingga para bikers yang dulunya cuma memimpikan motor ini akhirnya bisa terwujud dan bisa lebih terjangkau untuk membelinya. Sayangnya, dari segi fitur walaupun masih mempertahankan fitur behel “tanduk”, motor ini kehilangan warisan rangka “Deltabox” yang digantikan dengan rangka Truss frame aka Teralis.

4. Honda CBR150R K45G (2016)

2 Tahun pasa kehadiran “CBR Lokal”, PT. AHM langusng merubah desain CBR150R generasi ke-4 dengan model yang serba baru, lebih sporty dengan desain serba tajam, terutama improvement desain body belakang yang racy. fitur yang lebih modern seperti lampu serba LED, panel speedometer full digital dan masih menggunakan rangka teralis.

Di sektor mesin adalah perubahan yang paling signifikan, merubah karakter mesin Overbore sejak awal, CBR150R generasi ini menggunakan mesin baru 150cc dengan karakter near square yang membuat mesinnya lebih responsif.

5. Honda CBR150R K45N (2018)

Desain Gen-5 CBR150R ini memang gak terlalu banyak berubah dari CBR150R K45G, tapi jika dilihat secara detail, jelas ada banyak perubahan, terutama di bagian facia depan, menggunakan windshiled smoke yang lebih tinggi dan jenong untuk meningkatkan aerodinamis, lalu perubahan desain pelek juga ditambah adjustable front suspension.

CBR150R ini juga menerapkan fitur canggih fitur rem Antilock Braking System (ABS) yang terintegrasi dengan ESS atau Emergency Stop Signal dan panel speedometer inverted baru .

6. Honda CBR150R K45R (2021)

Buat yang ingin tahu lebih lengkap tentang motor ini bisa baca di artikel :

Komen Gratis !