Mario Aji Dapat Wildcard, Akan Balapan Moto3 Misano dan Algarve 2021

Mario Suryo Aji ( pict Ajitejo )

Warungasep.net – Pembalap kebanggaan Indonesia, Mario SuryoAji akan menjalani 2 balapan di ajang wolrd championship Moto3 2021 yang akan digelar di sirkuit Misano Italia dan Algarve Portugal. Bedanya, kali ini Mario bukan mengikuti balapan CEV yang ia jalani sepanjang musim, atau juga pembalap penggati melainkan mendapatkan jatah wildcard di 2 balapan sekaligus di sisa musim balap 2021. Tentu ini merupakan kesempatan istimewa untuk pembalap muda Indonesia bersama tim Astra Honda Racing Team (AHRT) yang nantinya akan bertarung dengan Pedro Acosta CS juga rekan senegaranya yang balapan satu musim, Andi Gilang.

Buat pemirsa yang ingin nonton dan mendukung pembalap asal Magetan ini, adapun jadwal balapan Mario Aji akan berlangsung di 2 seri Moto3 2021, pertama pada gelaran MotoGP italia yang digelar di sirkuit Misano World Circuit Marco Simoncelli, Italia (24/10) dan yang kedua di sirkuit Algarve Internacional Circuit, Portimao, Portugal (7/11).

Balapan GP Moto3 dibawah naungan Honda Team Asia, pemuda asal Magetan, Jawa Timur ini mengaku gembira atas kesempatan emas yang ia dapatkan di ajang balap kelas dunia yang diimpikan banyak pebalap dari seluruh dunia.

“Perasaan saya campur aduk mendengar kesempatan langka ini. Selain terkejut, tentunya senang dan bangga dapat mengikuti balapan World Championship untuk pertama kalinya. Hal ini tentu menjadi motivasi besar untuk saya. Berbekal pengalaman balap di Misano dan Algarve pada FIM CEV, membuat saya semakin bersemangat. Saya akan melakukan yang terbaik untuk Indonesia dan orang-orang yang selalu mendukung saya,” ucap Mario.

Mario merupakan jebolan Astra Honda Racing School tahun 2016. Performa menjanjikan yang selalu ditampilkan oleh pemuda kelahiran Madiun ini, membuka jalan bagi dirinya dalam menapaki jenjang balap yang disusun oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Dimulai dengan mengikuti ajang Thailand Talent Cup pada tahun 2017, Mario pun mampu menunjukan aksi gemilang. Hal ini membuatnya menjadi bagian pebalap AHRT yang turun di ajang Asia talent Cup (ATC) dan Asia Road Racing Championship (ARRC) di kelas AP250 pada tahun 2018. Di ajang balap ATC, Mario mampu mengisi posisi 5 besar dan pada ajang ARRC AP250, Mario dapat menembus posisi 6 besar.

Kemampuan balap Mario pun terus berkembang. Pada tahun 2019, ia didapuk oleh AHRT untuk turun di ajang FIM CEV Moto3 Junior World Championship. Saat ini, perjalanan Mario Aji di FIM CEV pun telah memasuki tahun ketiga. Penampilan yang semakin impresif ditunjukkan oleh rider berusia 17 tahun ini. Finish di posisi keempat pada seri Estoril dan mengisi pole position di seri Catalunya merupakan raihan terbaik Mario di musim ini. Kini Mario memiliki kesempatan jalani debut di Grand Prix, bersaing di kejuaran dunia Moto3, bersamaan dengan idolanya Marc Marquez yang bertarung di kelas puncak MotoGP.

GM Marketing and Planning Analysis AHM Andy Wijaya mengatakan kesempatan yang didapatkan Mario untuk bersaing di sirkuit Misano dan Algarve pada ajang Grand Prix merupakan perwujudan target pembinaan balap berjenjang yang dilakukan AHM dalam mengantar pebalapnya bersaing hingga ajang balap level dunia.

“Penampilan Mario di ajang World GP tentu akan menjadi inspirasi para pebalap Indonesia lainnya untuk terus berjuang demi mengharumkan nama bangsa,” ujar Andy.

Sebelumnya, Dua pebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez dan Pol Espargaro, yang balapan di ajang balap dunia MotoGP sempat bertemu langsung dan memotivasi Mario menjelang balapan FIM CEV Moto3 Junior World Championship di Misano World Circuit Marco Simoncelli, Italia (17/9).  Marc dan Pol memberikan semangat pada pemuda asal Magetan, Jawa Timur ini agar tidak pantang menyerah dalam memperjuangkan mimpinya.

Saat ini, Mario masih menjalani sisa dua balapan FIM CEV Moto3 Junior World Championship tahun ini dengan menempati posisi ke-9 pada klasemen sementara. Peluang Mario untuk terus berjuang menembus posisi 5 besar klasemen FIM CEV Moto3 pun semakin terbuka.

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!