Data Penjualan Motor Di India Tahun 2021, Hero Kalahkan Honda dan Suzuki !

Warungasep.net – Jika kita bahas data penjualan motor di negeri sendiri yang banyak kontroversi, saya mendingan bahas data penjualan di negeri orang, selain menambah wawasan juga mengetahui perkembangan otomotif di luar negeri, mana pabrikan motor yang paling laris, mana yang berkembang dan mana yang mengalami penurunan. Dan di artikel ini saya akan bahas tentang data penjualan sepeda motor di negara India. Dan tahukah kalian, berbeda dengan di negara kita, disana penjualan Honda justru kalah dengan pabrikan lokal, Hero Motocorp. Penasaran datanya? Yuk kita kupas abiss…

Saya bukan mengambil data AISI, melaikan data yang dilansir oleh situs Motorcycledata.com yang mengungkapkan jika selama tahun 2021 kemarin penjualan sepeda motor di Indonesia mengalami kenaikan dibanding tahun sebelumnya. Peningkatnya sedikit, cuma 3,4 persen dengan total angka penjualan mencapai 15 juta unit, tapi angka ini mengalami penurunan jika dibandingkan data sebelum Covid-19,penurunanya mencapai 37,4 persen.

Tapi perlu pemirsa ketahui jika perhitungan angka statistik tersebut berbeda dengan negara lainnya, karena di India, semua jenis kendaraan bermotor, mulai dari roda dua bermesin bensin maupun listrik baik itu bergenre sport, skuter dll juga motor roda 3 angkanya diakumulasikan, berbeda dengan di Indonesia misalnya yang hanya ada 3 kategori, yaitu motor bebek, sport dan skutik saja.

Yang menarik, jika di Indonesia pabrikan Honda yang mendominasi penjualan. Di India, penjualan Honda justru dikalahkan oleh pabrikan lokal, Hero Motocorp. Wajar saja, karena Hero sendiri dulunya merupakan bagian dari Honda yang kini terpecah menjadi perusahaan mandiri. Produk Hero sangat mendominasi, walaupun jika dilihat model dan speknya sendiri, bisa kita lihat rata-rata berada dibawah pabrikan lainnya, termasuk fiturnya. Ini membantah stigma desain atau spek adalah yang utama, karena Hero ternyata lebih laris ketimbang Honda yang punya desain yang spek yang lebih kompetitif.

Baca : HONDA CB200X 2021 Rilis Di India, Sport Adventure Seharga Rp. 28jutaan

Dalam setahun kemarin, penjualan produk motor Hero yang diantaranya adalah yang rilis kemarin yaitu Hero Xpulse  mencapai angka 4,8 juta unit. Angka ini turun 9,3 persen dibanding tahun sebelumnya, dan jika dibandingkan dengan penjualan tahun 2018 lalu yang merupakan puncak penjualan pabrikan ini, Hero mengalami penurunan hingga 3 juta unit.

Honda juga ternyata mengalami penurunan penjualan hingga 2 juta unit jika dibandingkan data sebelum pandemi Covid. Walaupun memang di tahun 2021 kemarin pabrikan berlogo sayap ini mengalami kenaikan hingga 10,4 persen dengan angka penjualan 3,7 juta unit, waah mirip dengan di Indonesia nih, hehe…

Bagaimana dengan Suzuki, Yamaha dan yang lainnya? Untuk lebih detailnya pemirsa bisa lihat data statistik penjualan sepeda motor di India selama tahun 2021 :

1. Hero Motocorp : 4,85 Juta unit
2. Honda : 3,7 Juta unit
3. TVS Motor : 2,15 Juta unit
4. Bajaj Auto : 1,8 Juta unit
5. Suzuki : 629.000 Unit
6. Royal Enfield : 542.000 unit
7. Yamaha : 511.000 unit

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

Be the first to comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!