Dikira Suzuki, Motor Listrik Yadea Rilis di Indonesia, Harga Termurah Rp. 21 Jutaan

Warungasep.net – Sebelum dimulainya IIMS 2023, sempat heboh di media social jika Suzuki akan meluncurkan motor listrik di Indonesia, itu karena terpangpang jelas nama Indomobil sebagai partisipan pameran otomotif terbesar di Indonesia ini. Hal tersebut memunculkan spekulasi di kalangan netizen jika akan ada motor baru Suzuki bermesin listrik. Benarkah?

Dan IIMS 2023 pun dimulai tanggal 16 Februari kemarin, kami para blogger dan juga banyak media menghadiri peluncurkan produk baru dari Indomobil. Tapi bukan Suzuki, melainkan brand baru produk otomotif di Indonesia yang bernama Yadea.

Lalu kenapa digosipkan Suzuki? Alasannya karena Indomobil merupakan induk perusahaan ATPM Suzuki di Indonesia, jadi ketika muncul nama Indomobil, maka selalu diidentikan dengan produk Suzuki, hehe…

Ada yang sudah kenal Yadea? Di Indonesia mungkin perusahaan ini baru melakukan debutnya dibawah bendera Indomobil, tapi di luar negeri merk ini cukup dikenal, bahkan menjadi merk sepeda motor dengan penjualan terbanyak di dunia (baca : Honda Masih Rajanya Penjualan Motor Global di Tahun 2022 ).

Hal tersebut diungkapkan oleh pihak Yadea pada peluncuran kemarin, jika selama tahun 2021 kemarin telah mencatatkan penjualan sebanyak 13,8 juta unit. Lalu apakah produk mereka akan sukses di Indonesia? Tentunya kita lihat saja nanti…

Tapi, dengan optimis Yadea menghadirkan 7 produk baru yang siap diboyong oleh konsumen di Indonesia, 3 diantaranya motor skuter listrik dan 4 lagi merupakan sepeda listrik. Tapi khsusu di artikel ini saya akan bahas 3 produk andalannya saja, diantaranya sbb :

1. Yadea T9

Tidak seperti motor listrik yang dijual di Indonesia yang kebanyakan produk jiplakan dengan desain yang menyerupai motor bensin alias kloningan, Yadia menghadirkan skuter listrik dengan desain yang unik dan berbeda dnegan skutik pada umumnya.

Seperti Yadea T9 ini misalnya, desainnya seperti skutik kelas entrylevel pada umumnya, cenderung gak terlalu kecil, namun compact dengan desain ekterior yang terlihat modern dan futuristik serta penggunaan ban 12 inch seperti skutik standar pada umumnya di tanah air.

Saat saya tanya harganya, Yadea T9 ini merupakan varian termurah dari 3 skuter listrik Yadea lainnya, banderolnya hanya Rp. 21,5 jutaan dan bisa dibeli secara kredit dengan dealer yang sudah tersebut di pulau Jawa.

Yadea T9 ini mengusung mesin listrik sebesar 2 kW menggunakan  Battery Graphene 72V 38Ah mampu melaju hingga 100 km saat kondisi baterai penuh, dengan kecepatan maksimal 60 km/jam. Fiturnya pun cukup lengkap sebut saja lampu LED, panel speedo digital, rem depan cakram, suspensi belakang ganda dll.

2. Yadea E8S Pro

Dengan desain Boxy alias serba kotak, Yadea E8s ini mengusung konsep motor yang futuristik dan juga unik. Fiturnya pun cukup lengkap dan modern, menggunakan mesin listrik bertenaga 2000W, Battery Graphene 72V 38Ah mampu melaju hingga 150 km saat baterai terisi penuh. Kecepatan maksimalnya 60 km/jam.

Harga Yadea E8s Pro ini dibanderol Rp. 23,9 jutaan, masih lebih murah dibanding Vario 125, hehe…

3. Yadea G6

FYI, Yadea G6 ini merupakan varian skuter listrik Yadea paling laris di pasar global, tak tanggung-tanggung skuter ini menyabet predikat desain skuter terbaik versi Reddot Design Award pada tahun 2020 lalu.

Sama seperti varian Yadea lainnya, G6 ini mengusung mesin listrik bertenaga 2000W dengan Battery Graphene 72V 38Ah yang mampu menempuh jarak hingga 100 km dan topspeed mencapai 70 km per jam,

Harga Yadea G6 ini menjadi varian termahal, tapi masih berada dibawah angka 30jutaan, lebih tepatnya hanya Rp. 29,3 jutaan.

Oh ya, selain 3 skuter listrik diatas, Yadea juga menjual 4 varian sepeda listrik, diantaranya :

  1. Yadea SPARTA. :  Rp 9.800.000.
  2. Yadea DingDing : 6.890.000
  3. Yadea Minio : Rp 10.500.000
  4. Yadea X-BULL : Rp 10.500.000

Beberapa sepeda listrik Yadea mengusung spesifikasi Battery Graphene 48W 23Ah, Motor listrik bertenaga 500W, Tyre 3.0-10/3-10, Brake front disc brake, rear drum brake. Maksimal kecepatan 25 km/jam, jarak tempuh 90 km. Lumayan juga ya…

Untuk mengetahui lebih banyak, bisa kalian lihat videonya dibawah ini :

Baca juga yang menarik lainya :

Ditulis oleh Warungasep.

1 Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak!